Xiaomi Redmi 2 vs Lenovo A6000: Pilih Mana?

Bagus mana antara Xiaomi Redmi 2 vs Lenovo A6000? Pasti pada bingung ya? Sama, saya juga bingung mau pilih yang mana. Habis harga keduanya cuman terpaut seratus ribuan sih. Kalau dari sisi spesifikasi, rasa-rasanya akan sangat sukar menganggap yang satu lebih unggul dari yang lain. Karena spesifikasi Xiaomi Redmi 2 dan Lenovo A6000 memang setara. Hmmm… Mana yang lebih baik ya? Ayo kita coba bandingkan kedua smartphone murah tapi spesifikasinya bagus ini. Karena saya tidak jualan, jadi jangan dianggap ini promosi ya… Cuman pingin berbagi pendapat saja.

Processor

Karena keduanya memakai processor yang sama, Snapdragon 410, jadinya ya gitu deh… Kita tidak bisa membandingkannya dari sisi ini. Mending kita lihat seperti apa sih kinerja Snapdragon 410 itu. Dari halaman Wikipedia, ini yang saya dapatkan tentang Snapdragon 410:

The Snapdragon 410 system on a chip was announced on 9 December 2013, it is Qualcomm’s first 64-bit mobile system on a chip. It also has Multimode 4G LTE, Bluetooth, Wi-Fi, NFC, GPS, GLONASS and BeiDou capabilities, and contains the Adreno 306 GPU. It is capable of supporting a 1080p screen and a 13 Megapixel camera.

Wah, ternyata lumayan juga tuh. Dukungan terhadap jaringan 4G LTE dan NFC itu saja sudah membuat Android yang memakainya punya nilai lebih. Belum lagi Adreno 306 di GPU-nya yang sanggup menangani sampai resolusi WUXGA alias 1920×1200 pixel, kita jadi tenang untuk main game kelas lumayan berat nih.Xiaomi Redmi 2 vs Lenovo A6000

Loading...

Layar

Ini agak beda, Redmi 2 memilih memakai layar 4,7 inchi bertipe IPS dengan perlindungan Dragontrail, sementara Lenovo A6000 memakai layar yang lebih besar, 5 inchi. Soal kerapatan pikselnya, Redmi 2 menang, karena layarnya lebih kecil. Mereka berdua sama-sama memakai resolusi HD 1280 x 720 pixel. Kalau disandingkan rasanya kita akan sulit menilai mana yang lebih bagus layarnya.

RAM dan internal memory

Yang ini juga sama saja. Mereka sama-sama mengusung RAM sebesar 1 GB dengan internal memory 8 GB. Yang saya tidak tahu adalah berapa banyak sisanya yang bisa kita pakai. Kabar-kabar-nya sih antar muka MIUI itu lebih besar, jadi mungkin – sekali lagi mungkin, nanti sisa user space-nya akan lebih banyak punya Lenovo A6000. Tapi saya kira tidak akan besar-besar banget bedanya. Masih bisa dianggap setara. Toh kita masih bisa menambahkan memory eksternal.

Dukungan terhadap jaringan 4G LTE

Di sisi ini yang kayaknya si Xiaomi Redmi 2 menang telak. Karena kedua slot kartunya bisa dipakai untuk jaringan 4G LTE, sementara Lenovo A6000 hanya mengijinkan satu slot untuk 4G LTE, dan slot satunya hanya sebatas 2G. Jika saya keliru mohon koreksinya ya….

Kamera

Hmmm…, ini juga sama. Cuman dari sisi promosi, sepertinya Redmi 2 lebih kuat. Sekarang juga sudah agak susah cari Lenovo A6000 itu.

Xiaomi Redmi 2 Lenovo A6000
Prosesor Snapdragon 410 Snapdragon 410
Layar 4,7 inci HD 5 inci HD
Memori RAM 1 GB/ Internal 8 GB RAM 1 GB/ Internal 8 GB
Baterai 2200 mAh 2300 mAh
SIM Dual SIM 4G/4G Dual SIM 4G/2G
Kamera 8 MP/2 MP 8 MP/2 MP
Harga Rp 1,6 juta Rp 1,5 juta

Untuk review lengkapnya silahkan baca:

Ke depan kemungkinannya akan lumayan susah juga cari keduanya jika mereka tetap memakai metode flash sale begini. Hmmm…. Saya pilih Xiaomi Redmi 2. Mengapa? Karena saat ini masih mungkin beli, dan terutama karena dukungan 4G LTE dari kedua kartunya itu. Soal lain-lain sepertinya mereka sama saja. Penyebab lainnya adalah karena layarnya lebih kecil, jadi tangan saya masih nyaman memegangnya. Kalau 5 inchi itu terlalu besar buat tangan dan mata saya. Hehe… Bagaimana dengan anda?

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....