dee-nesia
mencari dan berbagi

Windows 9: Apa Yang Baru?

Penasaran dengan Windows 9? Ok, apa saja yang baru atau setidaknya akan menjadi fitur utama dari OS Microsoft yang kabarnya sih akan dirilis tahun depan. Setelah susah payah mengembangkan Windows 8 yang mencoba menyatukan lingkungan kerja mobile dengan desktop dan ternyata reaksi pengguna beragam, dan secara umum kurang menyukainya, Microsoft membuat Windows 9 dengan dasar konsep yang berbeda. Sudah ada banyak bocoran tampilan Windows 9 di internet, juga beberapa rumor, serta kabar resmi dari Microsoft sendiri. Ok, coba sekarang kita sisihkan pikiran kita dari suka tidak suka terhadap Windows 8, dan bersiap dengan apa yang mungkin ditawarkan Windows 9 nanti.

Sejauh ini, kita baru mendapat 3 hal besar yang akan dibawa Windows 9. Menurut saya sih, itu sebagai respon atas seretnya adopsi Windows 8, karena sebagian pengguna masih enggan meninggalkan Windows 7. Cerita Windows 8 ini mirip dengan yang dialami Windows Vista. Menurut beberapa sumber malah lebih buruk. Meskipun sebenarnya sekarang, tampaknya Windows 8 mulai diterima dan kebanyakan pengguna mulai nyaman dengan Metro UI.

Ok, apa saja ketiga hal yang akan dibawa Windows 9 itu?

1. Interface Windows 9 akan beradaptasi dengan device yang anda pakai.

Harus diakui, Windows 8 itu OS yang sangat stabil, jarang banget mengalami crash, dan punya banyak sekali fitur bagus. Tapi itu semua terasa begitu tidak berguna ketika anda masuk dan ketemu dengan Start Screen, atau Microsoft menyebutnya Modern UI. Banyak pengguna, sejak masih developer preview, merasa tidak nyaman dengan UI ini. Masukan dari banyak pihak juga mengatakan hal yang sama, Metro/Modern UI sebaiknya dibuang saja. Tapi Microsoft berkeras kukuh meneruskannya, dan begitulah, Windows 8 jadi seret penjualannya. Dibalik itu semua, meski saya juga termasuk pihak yang tidak suka dengan Metro UI, tapi harus diakui, keputusan Microsoft untuk menyatukan lingkungan dektop dengan mobile dengan antar muka seperti itu, lumayan bagus. Dan memang beresiko. Beberapa orang mengatakan, bahwa Microsoft arogan dengan memaksa orang jadi harus beli laptop dengan layar sentuh supaya bisa menikmatinya. Emmm…, tidak juga, pakai mouse dan tombol short-cut juga enak kog, mungkin begitu kata anda.

Loading...