Windows 9: Apa Yang Baru?

Penasaran dengan Windows 9? Ok, apa saja yang baru atau setidaknya akan menjadi fitur utama dari OS Microsoft yang kabarnya sih akan dirilis tahun depan. Setelah susah payah mengembangkan Windows 8 yang mencoba menyatukan lingkungan kerja mobile dengan desktop dan ternyata reaksi pengguna beragam, dan secara umum kurang menyukainya, Microsoft membuat Windows 9 dengan dasar konsep yang berbeda. Sudah ada banyak bocoran tampilan Windows 9 di internet, juga beberapa rumor, serta kabar resmi dari Microsoft sendiri. Ok, coba sekarang kita sisihkan pikiran kita dari suka tidak suka terhadap Windows 8, dan bersiap dengan apa yang mungkin ditawarkan Windows 9 nanti.

Sejauh ini, kita baru mendapat 3 hal besar yang akan dibawa Windows 9. Menurut saya sih, itu sebagai respon atas seretnya adopsi Windows 8, karena sebagian pengguna masih enggan meninggalkan Windows 7. Cerita Windows 8 ini mirip dengan yang dialami Windows Vista. Menurut beberapa sumber malah lebih buruk. Meskipun sebenarnya sekarang, tampaknya Windows 8 mulai diterima dan kebanyakan pengguna mulai nyaman dengan Metro UI.

Ok, apa saja ketiga hal yang akan dibawa Windows 9 itu?

1. Interface Windows 9 akan beradaptasi dengan device yang anda pakai.

Harus diakui, Windows 8 itu OS yang sangat stabil, jarang banget mengalami crash, dan punya banyak sekali fitur bagus. Tapi itu semua terasa begitu tidak berguna ketika anda masuk dan ketemu dengan Start Screen, atau Microsoft menyebutnya Modern UI. Banyak pengguna, sejak masih developer preview, merasa tidak nyaman dengan UI ini. Masukan dari banyak pihak juga mengatakan hal yang sama, Metro/Modern UI sebaiknya dibuang saja. Tapi Microsoft berkeras kukuh meneruskannya, dan begitulah, Windows 8 jadi seret penjualannya. Dibalik itu semua, meski saya juga termasuk pihak yang tidak suka dengan Metro UI, tapi harus diakui, keputusan Microsoft untuk menyatukan lingkungan dektop dengan mobile dengan antar muka seperti itu, lumayan bagus. Dan memang beresiko. Beberapa orang mengatakan, bahwa Microsoft arogan dengan memaksa orang jadi harus beli laptop dengan layar sentuh supaya bisa menikmatinya. Emmm…, tidak juga, pakai mouse dan tombol short-cut juga enak kog, mungkin begitu kata anda.

Dengan Windows 9 nanti, akan langsung menawarkan dua lingkungan kerja berbeda. Dia akan berubah dan menyesuaikan interfacenya sesuai dengan perangkat yang anda gunakan. Dengan kode nama “Threshold”, OS terbaru Microsoft ini akan mendeteksi apakah sistem anda memiliki keyboard dan mouse, jika ya, maka anda akan ditawari lingkungan kerja desktop. Jika tidak, maka dia akan berasumsi anda menggunakan perangkat berlayar sentuh, sehingga dia akan me-load platform mobile.

Ini akan menjadi jalan tengah terbaik yang ditawarkan untuk memperbaiki UI sebelumnya. Sepertinya juga akan lebih mudah diterima pengguna umum dibanding Windows 8.

2: Tombol Start Menu akan kembali

Sudah! Tidak perlu berjingkrak-jingkrak begitu, haha…. Kalau sekarang, rasanya tombol Start Menu ini sudah tidak terlalu penting lagi. Begitu kita terbiasa dengan Metro UI, rasanya semakin jarang saja kita harus menyeret pointer mouse atau jari ke pojok kiri bawah itu. Hehe…

Ini memang kabar gembira buat mereka yang masih merindukan tombol yang paling sering di klik pengguna Windows ini. Pasti anda akan berkata “Akhirnya Microsoft sadar juga dengan kesalahan terbesarnya.” hehe…. Ok, coba lihat screen shoot di bawah ini dech. Amati apa yang berbeda dengan Start Menu Windows 7. Ow, iya, karena ini bukan screen shot versi final, mungkin nanti akan ada yang berubah.

Start Menu Windows 9

Loading...

Pertanyaannya, jika misal kita sudah putuskan memakai lingkungan desktop, apakah berarti nanti kita tidak bisa memakai aplikasi mobile?

Ternyata tidak begitu. Keduanya masih bisa dinikmati, tapi berada dalam window, bukan sepenuhnya mengisi layar seperti pada Windows 8. Masih berasa fusion antara lingkungan desktop dan mobile-nya, cuman sekarang Windows 9 tidak pura-pura bodoh menganggap anda memakai tablet, padahal di dekstop, haha….

3: Mungkin akan tersedia gratis untuk pengguna Windows 8.1 Update 2

Ada kabar, bahwa Windows 9 akan tersedia gratis untuk pengguna Windows 8.1 Update 2. Kemungkinannya nanti akan berupa free upgrade. Hmmm…. Ini rumor loh. Jangan terlalu percaya dulu sampai ada pengumuman resmi dari Microsoft.

Terus kapan Windows 9 akan dirilis?

Windows 8.1 Update 2 akan dirilis pada bulan Agustus. Dari kebiasaan Microsoft selama ini, maka kemungkinan tercepatnya Windows 9 akan dirilis pada akhir 2014. Perkiraan lain menyebut sekitar April 2015. TechRadar memperkirakan Windows 9 akan hadir lebih cepat dari September 2015.

Tidak masalah akan seperti apa Windows 9 nantinya. Yang paling penting sekarang, kira-kira, apakah menurut anda Windows 9 itu layak ditunggu, ataukah mungkin anda berpikir untuk lompat ke OS lain seperti Mac OSX atau ke Linux sepenuhnya? Sampai sekarang saja saya hanya install Windows 8 di VirtualBox. Sementara untuk OS utama masih Windows 7 yang dual boot dengan Ubuntu. Oportunis banget ya… Hehe…. sumber: http://www.maketecheasier.com/

(Visited 6 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....