dee-nesia
mencari dan berbagi

WiFi dengan Pengamanan WPA-WPA2, Apa masih bisa dibobol?

WEP sudah lewat masanya. Untuk mengamankan koneksi jaringan WiFi, perusahaan dan perorangan menggunakan pengamanan WPA-WPA2. Pertanyaannya: WiFi dengan Pengamanan WPA-WPA2, Apa masih bisa dibobol?

Berikut ini penjelasan singkat mengenai keduanya dan kemungkinan cara membobolnya.

Wi-Fi Protected Access (WPA)

Sebagai gantinya, WiFi Alliance merilis WPA yang memberi tingkat pengamanan lebih bagi pengguna WiFi. Resminya mulai digunakan pada 2003. Konfigurasi paling umum WPA adalah WPA-PSK (Pre-Shared Key). WPA menggunakan enkripsi 256-bit.

Peningkatan penting yang terlihat adalah message integrity checks (untuk menentukan jika ada penyusup yang menangkap atau menyisipkan paket data pada koneksi antara access point dengan client dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP ini bertugas untuk memeriksa setiap paket data. Metode ini jauh lebih aman dibandingkan dengan fixed key yang dipakai dalam WEP. Advanced Encryption Standard kemudian menyempurnakannya.

Loading...

Meskipun begitu, WPA masih punya kelemahan, karena dia mewarisi kelemahan WEP. TKIP, sebagai komponen inti dari WPA, dibuat supaya bisa diganti melalui rutin upgrade firmware, terutama ketika terpasang pada perangkat router denga