Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Voodoo Itu Apa Sih? Agama Atau Sihir?

Voodoo itu apa sih? Agama atau sihir? Kita sering melihat Voodoo sebagai sihir gelap dalam film, tetapi itu sebenarnya salah. Voodoo bukanlah sihir yang digunakan untuk mengontrol orang dengan boneka seperti yang kebanyakan film tunjukkan. Bahkan kebanyakan orang yang mempraktikkan voodoo tidak pernah melihat “boneka voodoo” seperti yang ada dalam film. Orang-orang yang mempraktikkan voodoo bukanlah dukun, ahli sihir, maupun okultis, tetapi mereka disebut sebagai voodooist.

Vodun/voodoo yang berarti spirit atau roh dalam bahasa fon dan ewe, adalah kepercayaan animisme yang dipraktikkan oleh suku ewe, fon, mina, togo yang berasal dari Afrika Barat. Kepercayaan ini berasal dari Afrika Barat dan tersebar ke dunia oleh para budak yang dibawa keluar dari Afrika Barat pada masa kolonisasi prancis, dan Voodoo berevolusi terus menerus selama itu berlalu. Mereka percaya bahwa dewa dan roh berada dalam semua benda, dengan cara pandang animisme yang sama dengan shinto.

Voodoo

Voodoo menyebar ke Haiti pada abad ke-17 dari para budak dari berbagai suku yang datang dari Afrika Barat. Suku-suku itu mempunyai satu kepercayaan utama, memuja roh nenek moyang; menggunakan nyanyian, drum dan tarian dalam ritual religius; dan kepercayaan bahwa para pemeluknya dirasuki oleh roh kekal. Setelah tinggal di Haiti, para budak membuat agama baru yang didasari kepercayaan mereka bersama. Karena pada masa itu Haiti terisolasi, kepercayaan Vodun berkembang dan beberapa elemen Kristiani masuk kedalamnya.

Karena Voodoo tidak memiliki sesuatu seperti kitab atau otoritas dunia seperti Paus. Kepercayaan Voodoo berpusat pada masyarakatnya dan didukung pengalaman individu, pemberdayaan dan tanggung jawab pemeluknya, karena itu jugalah Voodoo di setiap bagian dari dunia berbeda satu dengan yang lain, karena kepercayaan Voodoo memeluk dan mencangkup dari pengalaman manusia. Kepercayaan Voodoo yang paling terkenal adalah Voodoo Haiti.


Pada masa lalu, zombie juga termasuk salah satu legenda Voodoo. Ceritanya telah diwariskan tentang teknik untuk menjebak roh manusia untuk membuat budak abadi yang dapat bergerak. “Zombi” juga adalah nama lain untuk dewa ular voodoo Damballah Wedo dari Niger-Kongo. Kata itu sama dengan kata Kongo nzambi yang berarti dewa. ditulis oleh: Jangkrikah

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 800 kali, hari ini 1 kali)
Loading...