Tips Memilih Modem WiFi 4G

Koneksi internet yang cepat dan lancar sangat diperlukan oleh banyak orang, apalagi jika Anda seorang mahasiswa, pelajar, freelance atau siapapun yang membutuhkan koneksi ke dunia maya. Saat ini ada banyak penyedia layanan selular seperti Telkomsel, Indosat dan XL yang sudah mendukung jaringan 4G. Walaupun saat ini sudah banyak provider internet fiber tetapi biaya bulanannya bagi sebagian orang belum terjangkau, apalagi untuk orang yang mobilitasnya tinggi dan jarang berada di rumah. Maka menggunakan koneksi internet mobile masih menjadi pilihan banyak orang.

Hampir semua smartphone keluaran terbaru sudah mendukung koneksi 4G dan mempunyai fitur yang bernama wifi hotspot. Dengan fitur ini kita bisa menjadikan smartphone sebagai sumber wifi yang bisa diakses oleh perangkat lain seperti komputer atau laptop. Tetapi ada kelemahan dari cara seperti ini, ponsel akan cepat panas dan baterai cepat habis. Solusinya adalah dengan menggunakan perangkat yang bernama Modem WiFi. Perangkat ini biasanya berukuran ringkas dan ringan. Cara kerjanya serupa dengan fitur wifi hotspot yang ada di ponsel.

Kelebihan dari menggunakan modem wifi adalah perangkat ini memang didesain untuk hotspot, jadi baterainya tidak cepat habis seperti ponsel yang digunakan sebagai hotspot. Berikut ini tips untuk memilih modem wifi yang sesuai kebutuhan kamu.

4 Tips Memilih Modem WiFi 4G

1. Tes Kecepatan Provider Internet

Sebelum membeli modem wifi yang kamu inginkan, uji terlebih dahulu kecepatan dan kestabilan koneksi internet di daerah kamu akan menggunakan modem wifi. Lakukan tes dengan aplikasi speedtest misalnya. Jika ternyata sinyalnya kuat dan internetnya cepat, maka saat menggunakan modem wifi nanti seharusnya tidak ada kendala. Cobalah layanan internet dari operator lain untuk menemukan mana yang terbaik koneksi internetnya.

2. Dukungan Jaringan

Pastikan juga di daerah kamu sudah mendukung 4G, supaya perangkat mifi yang akan kamu beli nanti bisa maksimal penggunaannya. Jika ternyata belum mendukung 4G sebenarnya tidak masalah jika tetap ingin membeli ​modem wifi 4G​, karena sebagian besar modem wifi 4G juga mendukung koneksi internet 3G. Untuk amannya, pilih modem wifi yang mendukung semua jaringan baik 3G atau 4G.

Tips Memilih Modem WiFi 4G


3. Pilih Bundling atau Unlocked

Untuk menarik pelanggan, banyak operator selular menawarkan paket modem wifi dengan harga murah. Padahal perangkat yang digunakan kalau diteliti sama dengan yang dijual bebas. Harga jualnya menjadi murah karena operator tersebut mengunci modem wifi tersebut hanya bisa menggunakan kartu SIM milik mereka. Sehingga mau tidak mau konsumen harus membeli paket data dari operator tersebut jika ingin tetap menggunakan perangkatnya. Sedangkan mifi unlocked artinya perangkat tersebut tidak terkunci oleh operator manapun alias bisa menggunakan kartu SIM apa saja selama jaringannya sesuai.

4. Fitur Wajib Ini Harus Ada

Modem wifi 4G hadir dengan banyak merk, fitur dan harga. Berikut ini adalah fitur yang wajib ada di modem wifi 4G, apapun merknya.

Yang pertama pastikan ada fitur setting 4G ONLY: Fitur ini wajib ada karena biasanya operator menjual paket data dengan kuota 4G yang lebih besar daripada jaringan lainnya seperti 3G. Dengan setting 4G ONLY maka modem akan “dipaksa” hanya melakukan koneksi internet di jaringan 4G dengan begini kuota 4G yang kamu beli bisa digunakan secara maksimal.

Yang kedua tidak kalah penting adalah fitur SMS. Karena kartu SIM yang akan digunakan harus berada di dalam modem wifi, tentu merepotkan jika harus mengeluarkan kartunya terlebih dahulu hanya untuk mengecek SMS yang masuk ke nomor tersebut. Pastikan modem wifi yang akan kamu beli sudah mendukung fiturSMS ini, biasanya bisa diakses melalui browser atau aplikasi khusus dari produsen modem wifi tersebut.

Yang ketiga adalah fitur USSD. Mirip seperti mengirimkan kode tertentu melalui ponsel untuk mengecek sisa pulsa, sisa kuota atau cek nomor perdana jika kamu lupa.

Loading...

Nah itulah 4 tips memilih modem wifi yang kamu gunakan saat ingin membeli modem wifi 4G.

Tips Memilih Modem WiFi 4G
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 89 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.