Tips Membeli HP Baru Biar Tidak Kena Tipu

Apa yang harus dilakukan supaya tidak tertipu ketika membeli HP baru? Ya, harus diakui, tidak semua orang punya keingintahuan yang besar meskipun dia akan mengeluarkan sejumlah besar uang untuk membeli suatu barang. Terlalu banyak kasus dimana pembeli tidak mengerti benar dengan HP yang akan dibelinya sehingga dengan mudah penjaga konter menggiring mereka untuk membeli HP lain yang lebih mahal. Kita tidak bisa begitu saja menyalahkan penjaga konter, karena jika dia bisa menjual barang dengan nilai transaksi lebih besar, maka komisi yang akan dia terima akan lebih besar juga. Jadi bagaimana? Ya kita sebagai pembeli yang harus hati-hati.

Tips Membeli HP Baru Biar Tidak Kena Tipu

Loading...
Apa yang harus kita lakukan sebelum membeli smartphone baru?

Tips Membeli HP Baru Biar Tidak Kena Tipu

  1. Berdasarkan anggaran yang kamu punya, mulailah hunting smartphone. Tidak perlu ke toko, cukup dengan browsing di internet. Supaya efektif, langsung saja pergi toko-toko online itu, macam Lazada, Bhinneka, Tokopedia, atau yang lain. Tapi inget, sekarang kamu masih dalam tahap mencari, belum memutuskan untuk membeli. Pilihlah beberapa kandidat smartphone yang ‘mungkin’ layak kamu beli nantinya. Dasarnya? Dari harga dulu.
  2. Ok, sekarang sudah ada beberapa pilihan smartphone. Ini waktunya kamu perdalam ‘pengetahuan’ kamu tentang smartphone yang kamu incar itu. Cari tahu lebih dalam tentang mereka. Kembali lagi, sumbernya dari internet. Jangan cuman melihat ulasan yang disediakan di halaman toko online itu.
    1. Coba baca-baca di blog atau situs-situs yang jelas reputasinya. Macam Harga HP Android ini. wkwkwk….
    2. Cari tahu di Info Komputer, Chips, siapa tahu mereka sudah membuat review smartphone itu.
    3. Sumber lain adalah dari forum-forum yang khusus membahas smartphone tipe itu. Silahkan ubek-ubek kaskus atau group smartphone tersebut di Facebook.
  3. Usahakan tidak memilih smartphone dengan merk yang tidak jelas. Bukan berarti mereka tidak bagus. Tapi karena produk mereka itu rata-rata masih sangat cost effective gitu. Kecuali untuk produk yang bersertifikat khusus, seperti seri Android One yang di Indonesia Google menggandeng produsen lokal. Brand besar, biasanya juga didukung oleh jaringan service center yang luas dengan layanan after sales yang lumayan. Produk dari merk besar biasanya juga lebih banyak suku cadang dan aksesorisnya.
  4. Ok, sekarang, kamu sedikit banyak sudah ngeh dengan smartphone yang akan kamu beli. Spesifikasinya kamu sudah hapal, kelebihan dan kekurangannya kamu sudah mahfum. Sekarang waktunya kamu amati fluktuasi harganya. Ini akan jadi dasar bagi kamu nanti ketika akan negosiasi harga dengan penjualnya.
  5. Bandingkan baik-baik beberapa pilihan smartphone yang sudah ada di list kamu. Jika masih ragu, mintalah bantuan ke teman atau orang yang menurutmu ngerti.
  6. Waktunya membeli
    1. Jika beli di toko offline
      1. Pergilah ke toko smartphone langganan anda. Jika mungkin yang ada fasilitas keanggotaan, karena biasanya ada diskon khusus buat member.
      2. Jika barang tidak ada, jangan memaksa beli yang lain diluar daftar yang sudah anda buat. Mending mencarinya di toko yang lain. Jangan tergoda dengan tawaran penjaga konternya.
      3. Sok tahu-lah. Jika penjaga konternya melihat anda sebagai pengguna yang cerdas, dia akan hati-hati dan tidak akan aneh-aneh. Kalau anda terlihat mandah saja, ya bisa jadi habislah anda.
      4. Coba tawarlah harganya.
      5. Jangan lupa tanyakan layanan purna jualnya, garansinya, cara klaim garansi jika nanti bermasalah, dan sebagainya.
      6. Pastikan barang anda masih dalam dus bersegel. Biarkan penjualnya yang membuka segel dan memeriksa keadaan barangnya. Jika kamu melihat ada yang tidak beres, minta penjual untuk memeriksa. Biasanya mereka akan mencarikan barang lain dari tipe yang sama.
    2. Jika beli dari toko online
      1. Belilah dari toko online yang terpercaya.
      2. Perhatikan reputasi toko atau perorangan.
      3. Jangan kepincut dengan diskon besar atau bonus tidak jelas.
      4. Bersiaplah menerima barang yang ‘berbeda’. Yang sering terjadi adalah warnanya tidak sama dengan yang anda pesan.
  7. Begitu smartphone kamu terima. Gunakan secara maksimal sampai mentok. Jadi kalau ada masalah kamu bisa klaim garansinya.

Pilihan Smartphone Terbaik Murah Saat Ini

Bagaimana? Ada pertanyaan? haha…. Saya doakan kamu mendapat smartphone impian kamu dengan harga terbaik.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....