Tips Bagi Para Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Ada begitu banyak lowongan pekerjaan saat ini yang memberikan peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian. Jenis pekerjaan yang ditawarkan pun bermacam-macam sehingga mudah untuk menentukan posisi mana yang sesuai dengan diri Anda. Berbeda dengan jaman dahulu, Anda tidak perlu mencari daftar lowongan pekerjaan di koran karena saat ini sudah banyak tautan dan aplikasi khusus untuk melamar pekerjaan.

Namun, dengan semua kemudahan itu, kita tetap harus menunggu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Hal itu tentu saja diukur dari kemampuan kita saat wawancara dan CV yang kita berikan saat melamar pekerjaan. Lalu, bagaimana dengan para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman di dalam dunia kerja?

Perburuan pekerjaan setelah universitas dapat membingungkan dan sekaligus membuat stres bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman yang cukup sebagai profesional di dunia kerja. Jika Anda seorang lulusan baru yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, jangan terlalu khawatir!

Tips Bagi Para Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama
sumber foto: rattanakun – canva.com

Simak tips berikut ini untuk mendapat pekerjaan pertama bagi para fresh graduate.

1. Menentukan Passion

Poin penting dalam memulai karir adalah passion. Anda tidak bisa langsung menerima atau mendaftar pekerjaan hanya karena terlihat mudah, passion sangat penting untuk apa yang akan Anda kerjakan. Selain itu, passion dalam dunia kerja juga penting untuk membuat Anda lebih menikmati saat bekerja.

Jika saat ini Anda masih belum tahu apa passion yang dimiliki, cobalah untuk mencoba hobi baru atau bertemu dengan jaringan relasi yang lebih luas. Selain itu, ada banyak tes di internet yang bisa Anda ambil untuk melihat kecenderungan passion dan hobi yang disukai. Tes-tes tersebut sangat berguna jika belum mengetahui apa yang Anda sukai.

2. Motivasi

Hal terpenting lainnya dalam mendapatkan pekerjaan adalah motivasi. Beri peringkat faktor-faktor yang memotivasi kinerja Anda seperti status, gaji, dan lain-lain. Tentukan apa yang paling memotivasi Anda dan arahkan pencarian pekerjaan ke arah itu.

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mengetahui prioritas sehingga Anda dapat menilai kecocokan dalam pekerjaan. Selain itu, motivasi juga dapat membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan membuat Anda memiliki cita-cita dan impian baru. Bekerja bukanlah suatu hal yang ringan, maka dari itu motivasi akan membuatnya terasa ringan dan Anda akan bekerja keras untuk itu.

3. Jangan Minder

Dapat dimengerti bahwa pendatang baru tidak memiliki pengalaman kerja yang diinginkan oleh pemberi kerja. Itu menjelaskan istilah “fresh” dalam “fresh graduate.” Atasan Anda tidak mengharapkan Anda memiliki pengalaman bertahun-tahun. Jadi jangan khawatir akan ‘tidak memadai’ jika dibandingkan dengan pelamar lain, yang mungkin memiliki pengalaman di industri tersebut. Fokuskan terhadap nilai jual unik yang ada pada diri Anda dan bermanfaat untuk perusahaan.

Sebutkan sesuatu yang menarik tentang diri Anda, seperti peran kepemimpinan atau partisipasi dalam program pertukaran luar negeri atau organisasi. Pengalaman-pengalaman ini berbicara banyak tentang skill yang Anda miliki. Selain itu, tonjolkanlah kemampuan berbicara Anda saat sedang diwawancara agar terlihat lebih natural dan percaya diri. Saat perkenalan diri, coba ungkap hal-hal lain tentang diri Anda yang tidak ditulis di CV. Hilangkan rasa minder dan Anda akan mendapatkan pekerjaannya.

4. Ketahui di Mana Anda Melamar

Sebelum wawancara, lakukan riset tentang industri yang Anda lamar. Baca tentang peristiwa penting dan dampaknya terhadap industri. Cari tahu seperti apa industri itu sebelumnya dan ke mana arahnya. Tujuan Anda adalah untuk mengesankan orang yang mewawancarai dengan pengetahuan Anda. Pelajari juga tentang job desk yang diberikan karena tidak jarang perusahaan akan menanyai sedalam apa Anda tahu tentang pekerjaan tersebut.

Selain itu, lengkapi diri Anda dengan pengetahuan menyeluruh tentang industri yang ingin dituju, dan menguasai jargon industri dengan baik. Itu akan membuat pemberi kerja melihat Anda sebagai seseorang dengan kualitas dan memiliki pemahaman yang bagus terlepas pada fakta bahwa Anda adalah seorang fresh graduate.

5. Perbarui CV

Dalam dunia pekerjaan, CV adalah hal paling utama saat orang akan melamar kerja. CV digunakan sebagai alat agar pihak perusahaan dapat melihat apakah Anda cocok atau tidak untuk pekerjaan tersebut. Untuk itu, ini adalah langkah awal paling krusial dalam mencari pekerjaan. CV yang tidak diperbarui dan terkesan asal-asalan tentu tidak akan menyulitkan dalam tahap seleksi.

Untuk itu, perbaruilah CV Anda dan isi sesuai dengan pengalaman-pengalaman yang relevan agar sesuai dengan apa yang tertulis dalam keterangan pekerjaan. Selain itu, aturlah agar CV Anda terlihat profesional dan berisi informasi-informasi yang penting. Anda juga bisa membuatnya dengan laptop atau HP Android untuk membuat CV dengan mudah di aplikasi atau situs gratis. Jika bingung membuatnya, Ada banyak contoh CV untuk melamar kerja di internet yang bisa dijadikan panduan.

Sebagai fresh graduate, akan ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum memasuki dunia kerja. Sebaiknya, Anda harus belajar hal-hal baru dan mencari koneksi sebanyak-banyaknya agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat. Mencari pekerjaan bukanlah tentang siapa yang paling cepat, tapi di mana kita bisa mendapat kerja di tempat yang bisa membuat diri berkembang dan nyaman. Semoga bermanfaat!

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.