Tips Aman Bertransaksi Online

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Masih ragu-ragu membeli barang lewat internet? Baca tips aman bertransaksi online berikut ini. Dengan semakin berkembang dan dikenalnya internet, jumlah orang yang melakukan transaksi jual beli melalui internet semakin besar juga. Dengan semakin besarnya jumlah ini, maka semakin menggiurkan juga kesempitan yang bisa dimanfaatkan orang untuk mengambil keuntungan. Kalau caranya fair itu tidak masalah. Namun jika caranya curang tentu sangat berbahaya bagi pengguna internet. Apalagi buat pemula, bisa-bisa malah membuat mereka kapok dan antipati terhadap internet.
Sebelum anda melakukan transaksi online, baik menjual barang/jasa, atau membeli barang/jasa lewat internet, ada baiknya baca dulu tips berikut ini. Aman, mudah, murah, dan cepat, itulah yang kita bersama inginkan.
  1. Pastikan anda logout dari semua akun yang punya jika meninggalkan laptop atau PC. Terutama jika anda mengakses akun anda itu melalui laptop atau PC yang dipakai bersama-sama, atau di warnet. JANGAN PERNAH! Hehe….
  2. Jangan pernah mengijinkan browser menyimpan username dan password semua akun anda. Ini juga fasilitas dari browser. Memang bagus, namun berbahaya kalau kita tidak hati-hati. Tentu anda tidak mau repot-repot musti membersihkan cache browser setiap kali mematikan browser.
  3. Pastikan laptop anda bebas dari virus.
  4. Pastikan untuk mengupdate antivirus anda paling tidak seminggu sekali. Sebaik apapun antivirus anda, jika anda jarang atau tidak pernah mengupdate-nya, akan sama sekali percuma. Mengingat dalam seminggu saja, bisa ada banyak sekali virus baru atau varian baru dari virus yang sudah ada.
  5. Waspadai email yang meminta identifikasi diri. Ini bukan modus baru untuk mendapatkan akun kita. Meski begitu, tetap saja ada korban dari modus ini. Sama dengan sms spam yang masih marak sampai sekarang.
  6. Waspadai situs yang meminta anda memasukkan data diri. Sama dengan nomor 5. Hanya bedanya, ini dilakukan melalui situs atau blog.
  7. Sebelum melakukan transaksi, kunjungi forum-forum yang sekiranya berkaitan dengan layanan yang berkaitan. Halaman faq yang disediakan oleh layanan tertentu, biasanya tidak lepas dari screening pemilik. Jadi yang muncul disitu juga yang baik-baik saja. Maka, lebih baik carilah informasi mengenai produk barang atau jasa di forum-forum saja.
  8. Bertanyalah pada orang yang anda percaya. Selain di forum-forum, ada baiknya anda juga bertanya pada orang-orang di sekitar anda. Asal tidak terjebak dengan yang malah jadi makelar ya…, hehe….
  9. Gunakan browser versi terbaru. Ini memang tidak wajib, tapi ada baiknya jika browser anda adalah versi terbaru. Pilih Firefox, Opera, atau Chrome? Terserah anda sih. Kalau saya sih, ndak pernah pakai Internet Explorer kecuali ketika belum ada browser lain yang terinstall. Browser versi terbaru biasanya dirilis dengan fitur security update terbaru juga.
  10. Jangan sembarangan memberikan nomor atau username akun anda. Terkadang memang kita harus menuliskan nomor telepon, email, dan data pribadi. Ketika kita mendaftar di suatu layanan on-line, ini memang tidak bisa dihindarkan. Nah, langkah awalnya adalah pastikan anda membuka situs yang benar. Karena, ada orang-orang pintar di luar sana yang bisa meniru situs resmi suatu layanan, menunggu orang sign-in atau sign-up, kemudian baru mengarahkan ke situs aslinya. Caranya, kalau memungkinkan gunakan https:// dari pada http://
  11. Berdoalah.

Itu tadi tips supaya transaksi online anda aman dan meminimalkan kemungkinan anda menjadi korban. Satu hal yang saya tahu pasti, semua orang berupaya supaya usaha yang dilakukannya bisa berjalan aman dan awet. Maka soal reputasi harus dijaga dengan baik. Silahkan lihat teman-teman yang jualan di Kaskus, rata-rata mereka adalah orang-orang yang berusaha keras menjaga reputasinya. Begitu satu kali mereka mencederai kepercayaan satu saja dari pelanggannya, dan pelanggan ini mengungkapkan di forum, maka habislah dia. Kan?

Loading...