Tanda HP Anda Sedang Disadap?

Apa tanda HP sedang disadap? Meski sebenarnya aman, ada saja orang yang mencari cara menyadap HP. Masalahnya, menyadap HP itu memang bisa dilakukan. Meskipun caranya rumit dan melibatkan banyak sekali perintah. Mirip dengan yang biasa kita lihat di film-film itu. Menyadap HP itu bisa. Teknologi memang bermata dua, bisa bermanfaat sekaligus membahayakan. Tergantung siapa yang pegang. Nah, sebagai pengguna, kita tetap harus berhati-hati terhadap kemungkinan HP kita disadap. Untuk apa sih sampai HP kita disadap?

Tidak perlu menunggu sampai anda jadi orang terkenal atau penting seperti presiden SBY untuk berhati-hati. Penyadapan bisa saja dilakukan secara acak atau tertarget.

Apa yang bisa dilakukan penyadap terhadap HP korban penyadapan?

Tidak semua aksi penyadapan berhasil masuk mendapatkan semua informasi dari ponsel korban. Tergantung dari kecanggihan si penyadap, perangkat penyadapan, dan aplikasi yang digunakannya. Tapi biasanya, jika penyadap bisa mendapat akses penuh terhadap ponsel korban, bisa dianggap dia bisa melakukan apapun yang kita bisa bayangkan.

Biasanya, penyadapan terkait dengan menyadap komunikasi suara, sms, dan email. Karena itulah data utama yang biasanya diperlukan penyadap. Dengan kemungkinan mengakses file di dalamnya, maka praktis, penyusup tersebut bisa menjadi anda yang kedua, mengendalikan apapun yang ada di dalamnya.

Berapa banyak dari kita yang menyimpan file-file pekerjaan yang sifatnya rahasia di dalam ponsel? Banyak kan? Hnah!

Apa tanda HP sedang disadap?

Semua penyadap dan aplikasi yang digunakannya dirancang untuk bisa bekerja tanpa diketahui. Bisa saja dia menyaru menjadi aplikasi lain yang normal, berjalan di background jadi tidak terlihat di daftar aplikasi, kalau sudah seperti itu, kira-kira ada tidak tanda ponsel anda sudah di sadap? Yang perlu diingat, bahwa penyadapan ponsel bisa terjadi pada ponsel dengan OS apapun, tidak peduli anda pakai BB, iOS, Android atau yang lain.

Baterai Cepat Habis

Baterai habis itu wajar jika sedang digunakan. Nah, untuk mengecheknya, amati saja di pagi hari, setelah anda tinggalkan ponsel untuk tidur, jika setelah tidak digunakan dalam waktu lama ponsel anda terasa hangat atau panas dibagian baterainya, dan tenaganya banyak yang hilang, maka ada kemungkinan ponsel anda sedang disadap. Kog bisa?

Semua aplikasi itu pada dasarnya menggunakan tenaga listrik dari baterai anda. Jadi penyadap itu tetap memonitor aktivitas ponsel anda bahkan jika sedang tidak anda pakai. Itu sebabnya baterai anda panas dan berkurang tenaganya ketika anda tidak memakainya. Mirip dengan kerja beberapa virus dan malware. Otomatis, anda jadi lebih sering mengisi baterai.

Delay Saat Mematikan Handphone

Ada ciri lainnya, yaitu waktu yang lebih lama dari biasanya ketika ponsel dimatikan dan dinyalakan. Tapi, jika ini terjadi, jangan langsung curiga dulu. Bisa saja, karena ada terlalu banyak aplikasi yang langsung diaktifkan ketika startup. Jika anda sudah bersih-bersih startup dan ternyata masih seperti itu, baru anda perlu curiga.

Aktivitas ponsel yang aneh

Ketika Anda menyalakan handphone Anda, apakah Anda pernah menemukan bahwa handphone Anda menyala, tidak aktif, atau menginstal sebuah program secara tiba-tiba? Aktivitas yang ganjil seperti ini  juga bisa menjadi tAnda bahwa handphone Anda sedang dikendalikan oleh orang lain.

Suara yang Bising Ketika Anda Melakukan Panggilan

Ketika Anda sedang melakukan panggilan, dan Anda mendengar suara di latar belakang yang aneh, biasanya terdengar menggema, statis atau suara ‘klik’, maka Anda bisa menduga bahwa handphone Anda sedang disadap. Biasanya suara orang yang sedang Anda hubungi akan terdengar seperti berada di dalam terowongan dan menggema, dan itu merupakan tanda bahwa anda sedang disadap.

Distorsi

Distorsi atau lebih tepatnya interferensi dengan perangkat elektronik lain ketika kita sedang menelepon dan mengirim/menerima sms. Biasanya komunikasi data tidak sebesar telepon dan sms interferensinya. Nah, jika ternyata terjadi interferensi ketika HP anda tidak ada aktivitas apapun, mungkin ponsel anda disadap.

Harus sekhawatir apa?

Sebenarnya kemungkinan kita disadap itu kecil. Kecuali anda selebritis, pejabat publik, atau pemilik perusahaan besar, satu lagi, jika ada yang curiga anda tidak jujur, haha…. Penyadapan itu aktivitas ilegal. Dan yang legal membutuhkan legalisasi yang tidak mudah. KPK saja tidak semudah yang kita bayangkan untuk bisa menyadap, terutama dari sisi regulasi. Kalau alat dan perangkat mereka bisa. Tapi aturan dan orang-orang DPR yang over itu bikin rumit.

Untuk saat ini, sebenarnya kita harus lebih khawatir dengan aplikasi malware dan virus dari pada penyadapan. Banyak sekali aplikasi yang menyaru sebagai aplikasi Android baik-baik padahal sebenarnya dia malware atau virus.

(Visited 1,167 times, 7 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....