Supaya Bisa Main Game Berat di Laptop, Pakai GameFire!

17
319
5
(1)

Pakai GameFire, supaya bisa main game berat di laptop spesifikasi rendah. | Tidak bisa disangkal bahwa spesifikasi laptop menentukan kemampuannya, juga sangat menentukan harganya. Nah, kalau anda sudah terlanjur membeli laptop dengan harga dan spesifikasi terbatas, kemudian tertarik untuk mencoba memainkan game yang berat di laptop anda itu, bagaimana?

Apa bisa memaksa laptop murah untuk main game berat? Jawabannya klise sebenarnya, terkadang bisa.

Game tertentu mensyaratkan minimum system requirements yang gila-gila’an, kalau dituruti, sepertinya tidak ada laptop yang dibuat khusus game sekalipun yang sanggup memenuhi spesifikasi game berat terbaru yang setiap versi terbarunya mintanya juga berlipat-lipat.

Ya, tidak salah juga sih, kan demi tampilan dan kinerja terbaik, supaya para gamers bisa benar-benar menikmati game itu.

Masalahnya, kebanyakan pengguna laptop, yang hanya kadang-kadang saja main game berat, atau yang dananya cekak sehingga hanya mampu beli gaming laptop kelas paling bawah. Gimana dunk? Kira-kira ada aplikasi untuk membuat laptop biasa bisa diajak main game berat tidak ya?

Ada kog, namanya Game Fire. Dari seminggu ini pakai, lumayan juga menambah kecepatan dan mengurangi lag ketika game membutuhkan fps agak tinggi.

Cara Kerja Game Fire

Supaya bisa main game berat di laptop, pakai Game Fire!!!

Sebenarnya apa yang dilakukan Game Fire ini juga bisa kita lakukan sendiri.

Tapi jelas ribet.

Nah, Game Fire akan mematikan program dan Windows Services yang dianggap tidak perlu. Tujuannya membuat semua resource – sumber daya – yang dimiliki PC atau laptop kamu seluas mungkin dipakai untuk memainkan game kamu.

Meskipun laptop kamu punya spesifikasi mumpuni untuk main game, namun pemakaian Game Fire tetap memberi keuntungan berupa kecepatan lebih. Meskpun tidak terlalu signifikan juga sih.

Cara menggunakan Game Fire Untuk Mempercepat Laptop Main Game

  1. Download Game Fire Versi Terbaru.
  2. Install di laptop atau PC kamu.
  3. Nah, seperti pada aplikasi gratisan lainnya, si Game Fire ini juga membawa aplikasi lain, seperti iklan begitu, pastikan saja kamu tidak mencentang opsi untuk menginstall aplikasi lain-lain itu. Cukup Game Fire-nya saja. Klik Finish untuk mengakhiri proses instalasi Game Fire.
  4. Biasanya, Game Fire sudah akan mengenali game terinstall di laptop kamu.
  5. Untuk mudahnya, coba klik pilihan Switch to Gaming Mode di bagian bawah itu. Untuk pertama kali, kamu akan diminta menentukan profile. Klik saja pilihan untuk mematikan service atau alat yang muncul, aman kog. Toh nanti ketika kamu kembalikan ke mode normal, semua akan dikembalikan ke settingan normal.
  6. Jendela System Settings Report akan ditampilkan setiap kali kamu menyalakan dan mematikan Gaming Profile. System Settings Report merupakan laporan yang terdiri dari jumlah service dan aplikasi yang dihentikan.
  7. Coba explore berbagai pilihan yang ada. Lihat saja pada tab General, Live Gaming Mode, dan My Games, lalu tentukan opsi yang kamu inginkan hanya dengan memberi tanda centang. Untuk jelasnya, baca, coba pahami, mudah kog, kan bahasa Inggrisnya ndak njelimet juga.
  8. Mainkan game kamu dengan lebih baik….

baca juga: Cara Mudah Melihat Apakah Laptop Kita Sanggup Memainkan Game 3D Berat

Catatan:
Kecuali laptop anda memang dibuat untuk main game, macam Alienware, sebaiknya berbaik hatilah kepada laptop anda untuk tidak memaksanya memainkan game berat dalam waktu lama. Mengapa?

Bukan soal bisa atau tidak bisa, tapi panas yang muncul bisa membuat umur laptop anda berkurang banyak. Kan?

Kalau pakai cooling pad cukup tidak? Cukup untuk sebentar. Tapi setahu saya, kalau game-nya bagus, 3 jam – 4 jam memainkannya itu sebentar loh…. Tidak terasa. Kalau belum badan melemas, mata tidak cepat mengenali objek, ya belum mau berhenti. Wkwkwk…. Jadi ya…, coba beli PC saja kalau mau main game berat. Hehe….

Seberapa bermanfaat artikel ini bagi kamu?

Klik bintangnya ya....

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Wadew... maaf ya kalau artikel ini kurang bermanfaat buat kamu

Kalau ada yang perlu diperbaiki

17 KOMENTAR

  1. Wah, kali ini pelajarannya amat berat, yaitu main game berat. Tutorialnya sangat ampuh. Ya, karena pendekatannya dari segi teknologi. Saya senang membacanya karena dapat ilmu yang benar-benar jossss. Terima kasih.

    • Biasanya bisa mas Nabil. Tapi saran dee-nesia sih, mending jangan terlalu dipaksa. Kasihan laptopnya. Mending upgrade RAM saja. Itupun kalau perangkat lain mendukung, semisal kartu grafis dan lain-lain juga bagus, barulah mas bisa pastikan game akan berjalan dengan relatif bagus.

      Kalau ndak, semisal spesifikasi cukup untuk game yang kita mau, tapi ternyata driver belum diupdate, ada banyak registry yang bermasalah, terjadi fragmentasi di hard disk, ya sedikit banyak akan berpengaruh terhadap performa laptop ketika kita paksa main game yang berat.

      Pernah dengar cerita ada yang pernah main game tertentu dengan baik di laptop terus setelah beberapa waktu jadi tidak bisa di load game-nya? hNah, contoh kasusnya seperti itu mas. Jadi RAM bukan satu-satunya alasan laptop kamu bisa dipakai main game berat atau ndak. Aplikasi semacam ini juga cuman membantu. Kadang bisa kadang juga tidak sama sekali.

      Intinya, kalau mau main game ‘beneran’ belilah laptop yang memang untuk main game. Kalau ada uang coba beli Asus seri ROG, Acer seri Raptor, HP seri Omen, Dell versi Alienware, atau MSI seri Dominator. Yang lokal ada Xenom.

      Harga? Haha, minimal 11an juta.

      atau silahkan baca Tips Membeli Laptop Gaming Murah Tapi Bagus.

  2. Mas saya bermain game menggunakan laptop dan jaringan internetnya menggunakan wifi tpi bila bermain game itu sering lag kira kira apa ya yg kurang mohon bantuannya

    • wah…, penyebabnya bisa macam-macam mas Hadi. Bisa karena spesifikasi laptop-nya memang kurang, registry yang kacau, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background, bisa juga karena hard disk sudah mengalami fragmentasi parah, atau bisa juga karena internetnya lagi lelet (buat game yang internet based).
      Saran saya sih, pertama pastikan OS-nya dalam kondisi baik, upgrade RAM, atau paling jelas, beli laptop baru yang memang untuk game. Hehe….

  3. Saya pake laptop lenov g400, buat main rf online (mmorpg) spek laptop sih dirasa udh pas tp di dalem game terasa berat ya. Ada solusi?

    • g400 yang mana mas Rama? Ada banyak loh versinya.
      Intinya cuman pastikan tidak banyak resource laptop yang terpakai aplikasi lain selain game-nya mas.
      Kalau itu game online, berarti juga harus disiapkan koneksi internet yang taruhlah kurang cepat, tapi harus stabil. Gitu…. Moga membantu…

  4. Mas mau tanya , laptop lenovo g41-35 main game pes 2016 biar lancar tanpa putus” gmn ? Apakah up Ram saja / yg lain solusinya dong ?

    • Sudah coba pakai gamefire ini?

      Intinya sih cuman
      1. minimalkan aplikasi yang berjalan di background
      2. pastikan struktur data di hard disk dalam kondisi efisien (defrag, bersihkan registry)
      3. dan set pengaturan grafis-nya di setting yang sesuai.

      Itu saja sih….

      Kalau tetap nge-lag, ya ganti game, atau ganti laptop, hehe….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.