Strategi Tingkatkan Engagement Lewat Polling Media Sosial

Meningkatkan Engagement di Media Sosial melalui Polling | Peningkatan engagement berperan penting dalam mendongkrak popularitas dan angka penjualan bisnis online Anda. Hal ini berlaku bagi beragam jenis bisnis online yang beredar saat ini. Mulai dari toko online baju anak, baju dewasa, produk fashion lainnya, produk makanan, bahkan jasa. Berikut akan dibahas seperti apa cara meningkatkan engagement lewat strategi polling yang ada di media sosial.

Pentingnya Engagement Rate

Di dalam dunia digital marketing, engagement rate ini ternyata memegang peran yang sangat penting. Tidak hanya sibuk memikirkan konsep toko, strategi promosi, namun pelaku usaha juga harus menyusun strategi agar engagement rate meningkat. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari engagement rate bagi berlangsungnya sebuah bisnis:

  1. Memberikan Data Aktivitas Audiens

Engagement rate akan membantu pelaku usaha dalam memahami data aktivitas audiens atau followers yang terlibat. Setiap kali mengunggah suatu konten, maka nilai likes bukanlah acuan bagi Anda. Sebaiknya lebih perhatikan engagement rate. Poin ini akan mengungkapkan kebutuhan audiens sehingga Anda tahu produk seperti apa yang diinginkan dan tren seperti apa yang tengah berlaku di masyarakat saat ini.

  1. Melihat Performa Kompetitor

Data engagement rate ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk belajar dari kompetitor. Lewat informasi engagement rate, Anda jadi tahu sejauh apa performa yang ditunjukkan oleh kompetitor. Seperti apa cara kerja kompetitor dan apa saja hal positif yang bisa Anda contoh agar engagement tersebut bisa meningkat.

  1. Jadi Target dan Bahan Evaluasi

Engagement rate juga bisa berperan sebagai target sekaligus bahan evaluasi bagi bisnis Anda. Jika Anda ingin bisnis terus berkembang maka harus ada acuan yang dijadikan target. Engagement rate ini bisa dijadikan sebagai target sekaligus bahan evaluasi. Jika nilai engagement masih rendah maka lakukan beragam cara agar bisa meningkat dari waktu ke waktu.

Jelas bahwa dalam sebuah bisnis Anda harus memperhatikan kondisi konsumen dengan cermat. Tidak hanya terbatas pada pengelolaan media sosial maupun pembuatan website yang berkualitas. Percuma saja Anda menggunakan layanan hosting murah Indonesia terpercaya dan mengelola website dengan baik jika tidak berusaha untuk mendapat nilai engagement yang tinggi.

Pembuatan Polling

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar nilai engagement Anda meningkat pesat. Tak hanya lewat pengelolaan konten, Anda juga bisa membuat polling sebagai salah satu upaya meningkatkan engagement. Berikut akan dibahas beberapa tips pembuatan polling yang efektif di media sosial agar engagement rate Anda meningkat.

  1. Pilih Media yang Tepat

Saat ini ada banyak pilihan media sosial yang mendukung adanya fitur polling. Sebelum membuat polling maka tentukan dulu tempat dimana Anda akan membuat polling tersebut. Pilih jenis media yang tepat agar target peningkatan engagement bisa tercapai. Sebaiknya pilihan media ini ditentukan berdasarkan jenis media sosial yang lebih aktif Anda gunakan.

Baca juga: 5 Tips Cara Membuat Caption Instagram Yang Bagus

Misalnya, Anda memiliki toko online dan lebih aktif menggunakan media sosial Instagram. Maka buatlah polling lewat media sosial tersebut. Lain halnya jika Anda memiliki layanan jasa desain dan lebih sering menggunakan media sosial Twitter. Maka buatlah polling di media sosial Twitter. Pilih media sosial yang paling efektif bagi Anda dan sesuai dengan target konsumen yang sudah ditentukan.



  1. Awali dengan Riset

Jangan asal membuat polling! Jika ingin membuat polling untuk meningkatkan engagement maka lakukanlah riset terlebih dahulu. Cari tahu apa yang saat ini sedang tren di masyarakat. Misalnya, saat ini tren drama Korea sedang meningkat dan kebetulan target followers Anda memang anak muda yang berpotensi menyukai hal tersebut. Maka Anda bisa membuat polling yang bertemakan topik ini di media sosial.

  1. Buat Kuis Ringan

Sajikan polling dalam bentuk kuis ringan sehingga menarik minat publik untuk ikut serta dalam polling. Tak perlu yang sulit, Anda bisa memberikan pertanyaan simpel misalnya dengan mengunggah foto aktris lalu menanyakan siapa namanya. Lemparkan pertanyaan simpel yang menggugah rasa penasaran followers dan membuat mereka ingin ikut menjawab pertanyaan lewat polling yang tersedia.

  1. Berikan Pilihan Menarik

Ada banyak topik polling yang sebenarnya bisa Anda angkat dan menarik perhatian followers. Salah satunya adalah polling yang menunjukkan pilihan. Anda bisa mengajak followers untuk mengikuti polling dengan menawarkan dua pilihan yang berat. Misalnya, pilih es doger atau es campur? Bisa juga dengan mengunggah dua minuman pas dan dingin lalu sertai dengan pertanyaan pilih yang mana?

  1. Sertai dengan Giveaway

Agar semakin banyak engagement yang Anda dapatkan, maka cobalah untuk membuat polling yang disertai hadiah atau giveaway. Anda bisa membuat program giveaway lalu mengajak followers mengisi polling sebagai syarat untuk menang giveaway tersebut. Cara ini sudah terbukti selalu efektif untuk meningkatkan engagement dalam waktu singkat.

  1. Sertakan Gambar Produk

Jangan melewatkan kesempatan polling ini begitu saja tanpa menyelipkan strategi promosi apapun. Jika Anda membuat sebuah polling maka berusahalah untuk menyertakan gambar produk. Misalnya, Anda memberi pertanyaan dan jawaban polling dengan background produk yang Anda jual. Langkah ini juga terbukti efektif untuk dicoba.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Jualan di Instagram Yang Efektif dan Closing Lebih Cepat

Anda juga bisa membuat pertanyaan polling yang melibatkan produk Anda. Misalnya, Anda memiliki bisnis toko online  maka buatlah polling baju anak polos atau motif? Lalu tampilkan produk baju polos dan motif yang Anda jual. Ini akan sangat efektif untuk membantu konsumen melihat produk Anda dan secara otomatis mereka akan tertarik untuk melihat lebih lanjut.

  1. Langsung Bagikan Link

Selain menampilkan foto produk, tak ada salahnya untuk langsung membagikan link. Ini menjadi salah satu strategi yang bisa sangat membantu konsumen untuk langsung masuk ke website Anda. Pembagian link seperti ini jelas akan sangat efektif meningkatkan traffic. Semakin tinggi engagement lewat polling maka semakin besar pula peluang traffic website meningkat.

Baca juga: Cara Melihat Foto Instagram Yang di Private Tanpa Harus Follow

Strategi penyertaan link ini bisa dilengkapi dengan call to action. Anda bisa menambahkan kalimat seperti ‘See More’ atau ‘Cek di Sini’ atau ‘Swipe Up’. Permudah konsumen untuk berkunjung ke website Anda dengan langsung mengarahkan ke link hanya dengan sekali swipe.

  1. Lakukan Berkala

Pembuatan polling jangan hanya dilakukan satu waktu saja. Anda sebaiknya membuat jadwal berkala untuk menghadirkan konten polling ini. Sajikan polling yang jenisnya bervariasi agar tidak terasa membosankan di mata followers. Buat jadwal yang tepat sehingga tidak terasa terlalu sering juga. Intinya, strategi polling ini tidak hanya berfokus pada kontennya tetapi juga pada waktu pelaksanaan.

Baca juga: Konsistensi: Ternyata Penting Untuk Optimasi SEO Blog Anda!

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai strategi peningkatan engagement lewat polling di media sosial. Pastikan bahwa media sosial dan website bisnis Anda dikelola sebaik mungkin. Gunakan layanan hosting murah yang akan membantu memperlancar akses website. Sajikan konten-konten yang menarik dan berkualitas agar tidak terasa membosankan bagi para audiens.


Today's Best Deals!!!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.