Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Jasa

Perkembangan suatu bisnis tidak bisa lepas dari peran pemasaran. Kegiatan pemasaran bukanlah sekedar menawarkan barang – yang kalau barangnya sudah laku, kemudian tidak ada apa-apa lagi.

Hal yang utama dalam pemasaran adalah menjalin dan membina hubungan yang baik dengan pelanggan. Kegiatan ini dilakukan secara kontinyu untuk ‘menjaga hati’ pelanggan supaya terus menggunakan produk atau jasa suatu bisnis.

Lalu bagaimana cara ‘menjaga hati’ pelanggan? Inilah strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis yang bergerak dalam bidang jasa.

4 Strategi Pemasaran Bisnis di Bidang Jasa

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Dalam bidang jasa, yang menjadi nilai utama dalam berbisnis adalah kualitas pelayanan yang diberikan. Pelayanan terbaik yang dirasakan oleh pelanggan saat pertama kali menggunakan jasa Anda akan membangun kesan.

Jika pelanggan merasa puas, mereka cenderung akan kembali. Mereka juga tidak akan ragu untuk merekomendasikannya kepada orang-orang terdekat mereka. Ini bisa menjadi media promosi ekstra yang tidak memerlukan biaya lebih.

Selain itu, senantiasa jagalah kualitas pelayanan. Terjaganya kualitas pelayanan yang bisnis Anda berikan juga akan menjaga kepercayaan pelanggan setia Anda. Hal ini menjadi salah satu nilai jual bisnis jasa untuk bisa terus kompetitif.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang sangat efektif. Banyak orang berhasil mendapatkan popularitas dengan aktif eksis di sosial media. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mempopulerkan bisnis jasa Anda.



Bangunlah brand awareness di Facebook, Twitter, Instagram, atau dengan aktif membuat konten video di Youtube. Manfaatkanlah sebaik-baiknya berbagai fitur yang ada di media sosial pilihan Anda.

Jangan lupa juga untuk terus memberikan feedback kepada pelanggan yang menghubungi Anda, entah via pesan pribadi maupun sekedar berkomentar di postingan Anda. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa senang karena merasa diperhatikan.

3. Mengikuti Komunitas

Baik itu komunitas online maupun offline, bergabunglah dalam komunitas apapun yang ada hubungannya dengan bisnis yang Anda punya. Aktiflah di dalamnya sehingga banyak orang mengenal bisnis Anda.

Misalnya Anda punya bisnis cuci mobil dan motor, maka ikutlah komunitas pecinta mobil, komunitas pebisnis yang serupa, dan lain sebagainya. Semakin aktif Anda dalam komunitas, semakin luas pula jaringan Anda untuk mengembangkan bisnis jasa Anda.

Misalnya komunitas yang Anda ikuti mengadakan event – yang tentunya diikuti oleh banyak orang yang sesuai dengan target marketing Anda. Maka ikutlah berkontribusi. Contohnya seperti dengan menyediakan kupon promo. Hal ini bisa menjadi salah satu media promosi yang efektif.

4. Membuat Toko Online

Semua bisnis besar dengan jangkauan yang luas memiliki toko online. Toko online-nya bisa berupa platform berbasis website ataupun yang berbasis aplikasi. Toko online

mampu membuka peluang berkembangnya bisnis karena dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang di berbagai wilayah.

Seperti contoh sebelumnya, misal Anda memiliki bisnis jasa pencucian mobil dan motor – pada website bisnis Anda, letakkan semua informasi yang perlu diketahui pelanggan, mulai dari paket cuci, estimasi biaya, jenis produk pembersih yang digunakan, dan lain-lain.

Selain itu, Anda bisa juga menggunakan marketplace yang tersedia untuk menjual jasa. Salah satu contohnya adalah Tokona. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda dengan mudah dan gratis.

Itulah 4 strategi pemasaran bisnis pada bidang jasa yang bisa Anda aplikasikan. Kuncinya adalah menyediakan layanan jasa yang prima, bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, dan menggunakan media promosi yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.