Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Situs Download Foto Untuk Posting Blog Yang Gratis dan Legal

Dimana download foto gratis dan legal sebagai bahan ilustrasi postingan blog yang gratis tapi legal? Memang sih, isi posting itu lebih penting dibanding gambar ilustrasinya. Tapi sebagus apapun posting blog kita, jika tidak ada foto atau gambar yang mendukung tentu jadi terasa hambar.

Keberadaan foto pada posting juga sangat membantu memperbesar kemungkinan orang akan mengujungi posting terkait karena tertarik dengan foto tersebut. Misalnya ketika anda melakukan auto sharing sebuah posting ke Facebook. Orang lebih suka melihat foto daripada membaca kalimat yang panjang.

Apa yang selama ini anda lakukan jika membutuhkan foto untuk memberi ilustrasi posting blog anda?

Saya sih biasanya langsung saja mencari via Google Image Search, kalau nemu, dibuka, copy, paste ke Paint, crop atau resize, copy lagi, baru di paste ke halaman posting di WLW. Jika gambar itu tidak terlalu umum, maksudnya jarang yang pakai, atau saya ambil dari situs yang besar, maka saya cantumkan sumbernya, jika tidak, atau kelupaan, ya tidak ada credit fotonya. Agak takut dengan TOS-nya Google tentang hak cipta sih… hehe….

foto ini gratis dan legal

Loading...
Foto diatas saya ambil dari unsplash.com. Bagus banget koleksinya dan semua gratis. Hadew….

Bagaimana dengan anda?

Ok, foto ilustrasi yang sesuai dengan posting itu penting banget. Lalu dimana kita bisa mendapatkannya dengan gratis tapi legal tidak melanggar hak cipta?

Amit Agarwal, seorang blogger kawakan dari India yang banyak sekali postingannya saya tulis ulang, telah bersusah-susah menyediakan daftar situs penyedia foto bagus yang gratis alias bisa kita gunakan. Beberapa bisa langsung kita pakai, ada pula yang mengharuskan mencantumkan kredit, tapi semuanya gratis kog. Hehe….

Sebenarnya sah-sah saja kita mencari file image di Google Image Search. Asalkan foto yang kita ambil itu berada dalam public domain atau berlisensi Creative Commons license. Itu legal. Masalahnya, algoritma pencarian image si mBah akan mendahulukan foto-foto stock dari situs-situs premium fotografi dan situs penyedia foto berbayar, sedangkan yang gratis kalah posisi. Jadi, cobalah kunjungi situs-situs dibawah ini jika Google Image Search tidak dapat membantu anda.

Situs Download Foto Gratis dan Legal

1. unsplash.com (Unsplash) – Ini adalah situs favorit saya untuk men-download foto-foto resolusi tinggi. Cobalah berlangganan newsletter-nya dan anda akan mendapatkan 10 foto dalam inbox Anda setiap 10 hari. Semua gambar berada di bawah lisensi CC0 berarti mereka berada dalam domain publik dan Anda bebas untuk menggunakannya dalam cara apapun yang anda suka.

2. google.com (LIFE) – Situs Google host menyimpan jutaan foto-foto sejarah dari perpustakaan LIFE. Anda dapat menambahkan sumber: life untuk setiap query dalam pencarian gambar Google untuk menemukan gambar-gambar dan mereka bebas untuk penggunaan pribadi, tapi tidak untuk keperluan komersial.

3. flickr.com (The British Library) – Perpustakaan nasional Inggris telah mengunggah lebih dari satu juta foto vintage dan scan gambar ke Flickr yang sekarang berada di public domain.

4. picjubmo.com (Picjumbo) – Di sini anda akan menemukan foto berkualitas tinggi untuk penggunaan pribadi dan komersial. Anda hanya perlu menambahkan atribusi yang tepat.

5. pixabay.com (Pixabay) – Semua gambar pada Pixabay tersedia di bawah lisensi CC0 dan dengan demikian dapat digunakan di mana saja. Seperti Flickr, ada pilihan untuk menelusuri foto-foto model kamera juga.

6. publicdomainarchive.com (Public Domain Archive) – Ini adalah penyimpanan online yang mengesankan dari domain publik yang rapi terorganisir dalam kategori. Ini berisi foto berkualitas tinggi, Meskipun untuk saat ini koleksinya masih terbatas.

7. commons.wikimedia.org (Wikimedia Commons) – Situs ini menyimpan lebih dari 21 juta gambar di bawah beberapa jenis lisensi bebas atau dalam domain publik. Gambar-gambar tersebut diatur dalam kategori atau anda dapat menemukan gambar melalui kata kunci pencarian.

8. superfamous.com (Super Famous) – sumber daya yang besar untuk menemukan gambar high- res untuk website Anda dan proyek desain lainnya. Gambar dilisensikan dengan lisensi Creative Commons dan membutuhkan atribusi.

9. nos.twnsnd.co (New Old Stock) – Disini anda akan menemukan koleksi foto vintage dari arsip publik yang dikuratori dan bebas dari pembatasan hak cipta. Jika anda mencoba untuk membuat feed twitter seperti @HistoricalPics, ini mungkin menjadi sumber yang baik untuk gambar.

10. freeimages.com (Stock Exchange) – Ini adalah salah satu repositori gambar gratis dan grafis terbesar yang dapat Anda gunakan untuk hampir semua tujuan. Namun anda perlu sign-in untuk men-download gambar. Situs, yang sebelumnya di-host di domain schx.hu ini sekarang merupakan bagian dari Getty Images.

11. morguefile.com (Morgue File) – Situs ini menyimpan lebih dari 300.000 gambar gratis dan anda bebas untuk menggunakannya dalam kedua proyek pribadi dan komersial bahkan tanpa atribusi. Galeri gambar memiliki built-in alat potong dan anda dapat hotlink gambar dari situs web anda.

12. gettyimages.com (Getty Images) – Jika anda mencari gambar profesional untuk website anda tanpa biaya lisensi yang mahal, Getty memiliki sesuatu untuk anda. Anda dapat menanamkan gambar dari Getty Images secara gratis di website Anda meskipun mungkin akan ada iklannya.

13. pdpics.com (Public Domain Photos) – Website berisi ribuan gambar bebas royalti yang dapat digunakan di proyek pribadi dan komersial tetapi dengan atribusi.

14. imcreator.com (IM Free) – Sebuah koleksi foto berkualitas tinggi yang luar biasa pada semua bidang yang gratis untuk penggunaan komersial. Gambar-gambar sebagian besar bersumber dari Flickr dan membutuhkan atribusi.

15. photopin.com (Photo Pin) – Flickr adalah salah satu repositori terbesar dari foto-foto di web dan Photo Pin membantu anda dengan mudah menemukan foto di Flickr yang tersedia di bawah lisensi Creative Commons. Anda mendapatkan kode embed juga sehingga Anda tidak perlu meng-host gambar di server Anda sendiri.

Bagaimana? Sudah lebih mudah mencari dan download foto gratis dan legal sebagai bahan penjelas posting blog kamu kan? Sebagai wujud terima kasih saya karena sudah boleh download foto gratis dan legal itu, biasanya saya tetap memberi kredit foto bagi situs penyedianya. Kan sudah bisa download gratis, jadi terima kasih sedikit-lah. Hehe….

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....