dee-nesia
mencari dan berbagi

Sejarah Perkembangan Sosiologi

Sejarah Perkembangan Sosiologi | Sebelum kita melihat sejarahnya, ada baiknya kita lihat dulu apa itu sosiologi. Secara umum, sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Kalau dari asal katanya, sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan atau teman. Sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. August Comte (1798-1857) adalah orang pertama yang memakai istilah ini dalam bukunya “Cours De Philosophie Positive.” Sumber: Wikipedia

Meskipun berdiri sebagai suatu disiplin ilmu mandiri kurang dari 200 tahunan, namun sebenarnya pemikiran tentang masyarakat dan kemasyarakatan sudah muncul sejak jamannya Plato. Mari kita runut sejarah perkembangan sosiologi sebagai berikut ini.

Sejarah Perkembangan Sosiologi

Jaman Keemasan Filsafat Yunani

Pada masa ini sosiologi dipandang sebagai bagian tentang kehidupan bersama secara filsafat. Pada masa itu Plato (429-347 SM) seorang filsuf terkenal dari Yunani, dalam pencariannya tentang makna negara dia berhasil merumuskan teori organis tentang masyarakat yang mencakup kehidupan sosial dan ekonomi. Plato menganggap bahwa institusi-institusi dalam masyarakat saling bergantung secara fungsional. Kalau ada satu institusi yang tidak jalan maka secara keseluruhan kehidupan masyarakat akan terganggu. Seperti halnya Plato, maka Aristoteles (384-322 SM) juga menganggap bahwa masyarakat adalah suatu organisme hidup (seperti pandangan kaum biologiwan) dengan basis kehidupannya adalah moral (yang baik). Pada masa ini kaum agamawan yang berkuasa sehingga kehidupan sosial lebih diwarnai oleh keputusan-keputusan kaum agamawan yang berkuasa.

Loading...