Realme C12 Harga 1 Jutaan, Baterai 6000mAh, Kuat Buat Gaming?

Untuk ukuran sekarang, spesifikasi Realme C12 dengan harga 1 jutaan saja terbilang sangat mumpuni. Belum lagi ketika Anda ulik dalemannya, ada banyak sekali fitur dan kelebihan Realme C12 yang dengan mudah membuat smartphone Android sekelasnya terlihat ‘meragukan.’

Pada kelas harganya di rentang 1 – 2 jutaan,  Realme C12 lumayan terlihat menonjol. Beberapa fitur yang dibawanya bahkan tidak bisa kita temukan dibawa para pesaingnya. Bahkan jika dibandingkan dengan smartphone Android pada rentang harga diatasnya.

Coba kita lihat lebih rinci beberapa fitur dan kelebihan utama Realme C12 ini.

Kelebihan dan fitur utama Realme C12

  • baterai 6000mAh
  • kamera mumpuni dan lengkap
  • performa bagus untuk gaming dan multitasking
  • desain bagus dan ergonomis
  • layar 20:9

Mari kita ulas lebih dalam lagi setiap kelebihan dan fitur Realme C12 tadi.

Baterai 6000 mAh.

Kapasitas baterai Realme C12 yang sampai 6000 mAh menjadikannya sebagai salah satu HP Android dengan kapasitas paling besar untuk harga kurang dari 2 jutaan.

Dengan kapasitas sebesar ini, baterai Realme C12 sanggup bertahan selama 57 hari siaga – alias tidak digunakan untuk apa-apa. Hlah? Untuk apa? Bukan. Ituloh, ada kalanya kita tidak bisa menggunakan HP dalam waktu relatif lama kan?

Seperti misalnya kita sedang berada di tempat yang sinyal-nya susah banget alias hampir mustahil untuk menerima dan melakukan telepon. Yang artinya sinyal internet juga tidak ada. Misal ketika kita camping ke gunung, atau mengunjungi seseorang yang rumahnya di pelosok banget.

Otomatis smartphone kita hanya bisa kita gunakan untuk mengambil foto dan merekam video kan? Alias lebih banyak diamnya.

Di tempat yang sinyalnya susah, maka juga berkemungkinan kita akan susah menemukan colokan listrik untuk mengisi baterai smartphone kan?

hNah, di saat-saat seperti inilah, baterai Realme C12 ini akan sangat berguna. Di saat teman-teman Anda kebingungan kehabisan baterai HP, Anda masih bisa merasa tenang.

Untuk penggunaan normal, Realme berani klaim baterai C12 ini bisa digunakan untuk menelepon sampai 46 jam, 60 jam mendengarkan musik via Spotify, 28 jam untuk memutar video di Youtube, 27 jam akses Google Maps, dan 9 jam main MLBB.

Sepertinya Realme C12 ini bisa menjadi HP Android murah terbaik untuk ojol karena sanggup bertahan sampai 27 jam ketika Google Maps aktif.

Tetapi tentu saja, semua itu berjalan dalam kondisi standar. Konsumsi baterai smartphone sangat dipengaruhi suhu, penerimaan sinyal seluler, dan juga jumlah aplikasi yang berjalan di background.

Tetapi tetap saja, bisa dipastikan Anda akan kesulitan menghabiskan baterai jumbo Realme C12 ini.

Anda juga bisa berbagi kapasitas baterainya dengan HP Android lain. Maksudnya, Realme C12 ini punya fitur reverse charging – yang memberinya fungsi tambahan yang pasti disyukuri teman-teman Anda yang smartphone-nya boros baterai – yaitu sebagai power bank darurat.

Jika itu masih Anda rasa kurang, maka fitur Super Power Saving Mode Realme C12 suatu saat akan menjadi penyelamat Anda.

Fitur ini bisa membuatnya bisa bertahan sampai selama 107 menit untuk aplikasi WhatsApp, ketika sisa kapasitas baterainya tinggal 5%.

Sebenarnya tidak hanya bisa untuk WA sih…..

Ketika mode super power saving ini diaktifkan, maka di layar depannya akan tersedia enam aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Dengan begitu, mode siaganya bisa bertahan sampai 2,9 hari – dengan hanya berbekal baterai 5% itu.

Sayangnya, dengan baterai 6000mAh ini, Realme hanya menyediakan charger bawaan sebesar 10W saja – alias 5V 2A.

Tentu saja jadi lumayan lama untuk proses chargingnya. Sekitar 3 jam pengisian dari 10% sampai ke 100%.

Tapi ndak papa-lah…, toh baterainya awet pakai banget, hehe….

Kalau Anda tidak sabaran, bisa dipertimbangkan untuk membeli charger dengan daya yang lebih besar.

Kamera mumpuni dan lengkap

Meskipun harga Realme C12 ini cuman 1 jutaan, tetapi sisi fotografinya tidak ditinggalkan. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga kamera di punggungnya.

Kamera utama berkapasitas 13 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera kedua adalah kamera makro berkapasitas 2 MP saja dengan bukaan f/2.4. Dan ketiga, ada kamera hitam putih 2 MP dengan bukaan f/2.2.

Spesifikasi kamera utama Realme C12

Kamera utama Realme C12 ini memiliki sensor 13 megapiksel, dengan bukaan lensa f/2.2 yang teorinya sih bakalan kurang tangguh digunakan pada kondisi kurang cahaya, tetapi Realme menyertakan fitur Super Nightscape.

Fitur ini rupanya cukup tangguh mengembalikan detail ketika melakukan pemotretan dalam kondisi remang-remang. dee-nesia tidak tahu pasti bagaimana algoritam Super Nightscape Realme C12 ini. Tapi kemungkinan besar menggunakan teknik yang tidak jauh berbeda dengan cara Google Camera.

Fokusnya juga lumayan presisi dan cepat berkat fitur PDAF. Untuk foto jarak jauh, 4x digital zoom-nya lumayan membantu dengan hasil yang tidak jelek-jelek banget. Namanya juga kamera smartphone – digital zoom pula, jadi ya gitu…

Jika mungkin, dekatilah objek Anda. Tidak perlu memaksa melakukan zooming, kecuali untuk menangkap presentasi guru atau dosen Anda dari tempat duduk. Kan tidak sopan kalau Anda bolak-balik berdiri ketika sedang ikut seminar atau workshop…, hehe….

Bagi Anda yang gemar foto dengan HP, kamera Realme C12 ini juga dibekali dengan banyak fitur tambahan loh….

Yang pasti ada fitur beauty supaya Anda terlihat lebih cantik atau ganteng, banyak sekali filter bawaan, HDR untuk memperbaiki foto backlight, bisa untuk foto panorama, foto portrait bokeh ala-ala juga lumayan rapi hasilnya, bisa untuk membuat video time lapse, bisa bikin video slo-mo 120fps, dan seperti yang sudah diulas sebelumnya, Super NightScape untuk foto di tempat remang.

Mode expert-nya juga memberi keleluasaan pengaturan bagi Anda yang lebih serius ingin memanfaatkan kamera 13 megapikselnya. Yang pasti, Anda bisa mengubah nilai iso, shutter speed, dan wb.

Untuk urusan video, kamera Realme C12 ini bisa merekam sampai resolusi Full HD 1080p pada 30 fps.

Dan jangan lupa, selain kamera utama 13 megapikselnya, masih ada kamera makro dan kamera B/W.

Kamera makro Realme C12 ini memang cuman punya sensor 2 megapiksel saja. Tetapi kemampuan fokus jarak dekatnya layak diacungi jempol.

Anda bisa mencobanya, baik hanya untuk sekadar memuaskan ingin tahu seperti apa sih hasil jepretan kamera makro Realme C12 ini, atau yang lebih serius, benar-benar ingin membuat foto makro yang bagus. Ini bisa menjadi salah satu sarana untuk mengasah kreativitas Anda.

Segera coba saja untuk memotret benda-benda kecil di sekitar Anda. Pada jarak fokus 4 cm, Anda bisa melihat dunia dengan sudut yang berbeda.

Lalu apa gunanya kamera hitam putihnya?

Kamera dengan sensor monokrom alias hitam putih bisa sangat membantu mendapatkan foto yang lebih detail, tegas, dengan kontras yang baik. Jadi, kamera hitam putihnya ini membantu kamera utama untuk mendapatkan foto yang lebih jernih, tegas, sembari menjaga detailnya.

Kamera depan Realme C12 bagus ga’ sih untuk selfie?

Kamera depannya sih standar banget. Hanya berkapasitas sensor 5 megapiksel saja.

Meskipun sensornya relatif kecil untuk ukuran jaman sekarang, tetapi masih sangat bisa untuk menghasilkan foto selfie yang cantik berkat fitur AI selfie camera-nya.

Kamera depan C12 ini juga bisa menggunakan fitur beauty, filter, HDR, panoramic, portrait dan timelapse.

Yang jelas, Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mempercantik foto selfie Anda.

Untungnya, kamera depannya ini menggunakan bukaan lensa sedikit lebih besar, yaitu f/2.0, sehingga mampu menangkap cahaya lebih banyak. Sedikit lebih bagus ketika Anda terpaksa melakukan selfie di tempat yang agak kurang cahaya. Tapi jangan maksa juga ya….

Mode Super NightScape hanya hadir untuk kamera belakang saja.

Performa yang Handal

Bagi teman-teman yang meragukan kemampuan kinerja Realme C12 untuk bermain game, karena memakai processor Mediatek, jangan skeptis dulu. C12 ini memakai Helio G25. SoC yang relatif masih baru, dirilis Mediatek pada Juni lalu.

Mediatek Helio G25 adalah processor mobile yang dirancang khusus untuk memberi pengalaman bermain game minim lag dan fotografi yang optimal.

Mediatek menambahkan fitur HyperEngine technology, yang mampu memberikan kinerja lancar, lebih hemat daya sehingga bisa menghemat baterai HP, handal, dan membantu mengurangi masalah latency pada koneksi internet yang kurang bagus.

Jika Anda mencari padanannya, maka Mediatek Helio G25 ini setara dengan Snapdragon 665.

Helio G25 memang masih berada di kelas entry, tapi fitur-fiturnya khusus dioptimalkan untuk mobile gaming dan mobile photography, sehingga Realme C12 ini cukup bisa diandalkan untuk bermain game dan juga foto-foto.

RAM 3GB dan memory internal 32GB yang dibawanya juga masih cukup lega untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, baik untuk gaming maupun multitasking.

Anda masih bisa menambahkan kartu microSD sampai kapasitas 256GB jika dirasa kurang.

Demikian juga dari sisi fisiknya, Realme C12 ini dirancang memiliki ketahanan yang baik.

Smartphone Android Realme terbaru ini tahan percikan air dan telah menjalani serangkaian pengujian untuk memastikan ketahanan fisiknya.

Realme memastikan setiap smartphone yang dirilis mampu menjalani uji 200.000 x tes tombol power, 100.000 x tes tombol volume, 56.000 x tes jatuh dari ketinggian 10cm, 10.000 x tes colok dan cabut konektor, 10.000 x tes colok dan cabut Headphone jack, serta 10.000 x tes kestabilan konektor.

Standar yang lumayan tinggi untuk sebuah produk sehari-hari. Anda bisa cukup yakin, HP Realme C12 ini akan awet. Tentu saja jika Anda menggunakannya secara normal.

Desain yang Futuristik

Penampilan Realme C12 ini cukup cantik. Pilihan warnanya juga menarik, Coral Red dan Marine Blue.

Coral Red cocok bagi Anda yang berkepribadian terbuka dan tidak ragu menjadi pusat perhatian. Sementara yang Marine Blue lebih pas bagi Anda yang kalem, tenang, dan lembut.

Desain casing belakangnya juga menarik. Realme menyebutnya dengan desain geometric gradient. Membuatnya sedikit berbeda dengan trend casing belakang yang menurut saya cenderung norak akhir-akhir ini.

Tahukan? Itu loh, casing belakang gonjreng mengkilap dengan warna pelangi yang sebenarnya hampir tidak ada gunanya. Toh, Anda akan segera menutupinya dengan softcase. Iya kan?

Casing belakang Realme C12 ini cukup kesat, tidak terlalu licin, nyaman di genggaman, dan yang lebih penting lagi, tidak gampang kotor dengan bekas jari-jari kita.

Ketiga kamera belakangnya ditempatkan dalam sebuah frame di sisi kiri atas punggungnya. Supaya lebih terlihat estetis, lampu flash juga diletakkan dalam frame tersebut.

Layar 6.5” 20:9

Ini agak tidak umum. Anda mungkin lebih familiar dengan rasio 16:9 seperti layar HP 3-4 tahun yang lalu, 18:9 atau 19:9. Tidak banyak yang memakai rasio 20:9 seperti layar Realme C12 ini.

Dengan rasio layar 20:9 ini, diagonal 6.5 inci-nya masih sangat nyaman digunakan. Yang jelas tidak terlalu tinggi seperti Sony Xperia 1 II yang punya rasio layar 21:9 itu.

Bezel disekeliling layarnya cukup tipis, kecuali dibagian dagunya. Layar leganya bisa memberi pengalaman yang menyenangkan, baik ketika digunakan untuk bermain game, bersosial media, browsing internet, ataupun menikmati konten video di Youtube atau Netflix.

Yang mungkin terasa kurang adalah resolusi layarnya yang terbatas pada 1600 x 720 piksel.

Sekilas tetap enak dilihat kog. Dengan tingkat kecerahan maksimal sampai 420cd/m2, layarnya tetap terlihat jelas digunakan di luar ruangan. Dan supaya Anda lebih tenang, ada lapisan Corning Gorilla Glass untuk melindunginya dari goresan.

Kamera depannya disematkan di tengah atas layarnya. Desain yang katanya kekinian. Realme menyebutnya sebagai desain Mini drop Fullscreen.

Anda bisa menemukan sensor sidik jari di punggungnya. Fingerprint sensornya juga cepat dan mudah digunakan. Pilihan untuk menggunakan Face Unlock juga bisa Anda gunakan.

Harga Realme C12

Resminya, Anda bisa membeli Realme C12 ini dengan harga 1.899.000,-

Dan saat ini sudah banyak dijual di berbagai marketplace besar di Indonesia.


Anda bisa membelinya di:

shopee (Rp. 1.799.000,-)

lazada (Rp. 1.899.000,-)

jd.id (Rp. 1.899.000,-)


Dengan harga 1,8 jutaan, Realme C12 ini bisa menjadi pilihan bagus jika Anda suka main game, suka lupa bawa charger, suka foto-foto, atau berprofesi sebagai driver ojol atau grab/go car.

Bagaimana kalau digunakan sebagai HP belajar daring?

Tidak ada masalah. Baterai awet dan dukungan processor mengatasi latency koneksi internet itu akan sangat berguna menjamin Anda tetap terhubung meskipun sinyal kurang bagus. Kalau koneksi internet terputus karena kuota habis itu bukan salah HP-nya ya…, hehe….

Spesifikasi Realme C12

  • Layar: 6,5 inci IPS (720 x 1560 piksel), rasio 20:9
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • CPU: Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Internal Storage: 32 GB
  • SIM dan MicroSD: Dual SIM (Nano) + MicroSD (hingga 256 GB)
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Kamera Belakang: Kamera utama 13 MP (f/2.2)
  • Kamera makro: 2 MP (f/2.4)
  • Kamera B&W: 2 MP (f/2.2)
  • Sistem Operasi: Android 10, Realme UI 1.0
  • Baterai: 6.000 mAh, charging 10W
  • Sensor: Light Sensor, Proximity Sensor, Magnetic induction Sensor, Acceleration Sensor, Fingerprint
  • Fitur Lainnya: Micro USB, jack 3.5 mm, Bluetooth 5.0, fingerprint scanner
  • Dimensi: 164,5 x 75,9 x 9,8mm
  • Berat: ±209g gram
  • Warna: Marine Blue dan Coral Red
  • Harga: Rp 1,8 juta
By | Agustus 22, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.