dee-nesia
mencari dan berbagi

RAM DDR3 vs DDR4 Apa Sih Perbedaannya?

Apa perbedaan RAM DDR3 vs DDR4? Apakah ada peningkatan kinerja yang dramatis? Apakah DDR4 lebih bagus dari DDR3 untuk main game? Apakah sudah saatnya upgrade ke DDR4? Jangan-jangan hanya harganya saja yang lebih tinggi.

Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas itulah posting ini ditulis. dee-nesia tidak menjamin semua pertanyaan kamu seputar RAM jenis baru DDR4 ini akan terjawab dan pasti akurat sih. Tapi dee-nesia bisa pastikan, bahwa yang akan kamu baca seputar DDR3 vs DDR4 di bawah ini diupayakan sedekat mungkin dengan faktanya. Kalau ada yang salah, ya mohon koreksinya.

Sekadar informasi, tanpa sadar, kita sudah menggunakan standar RAM berjenis DDR3 selama delapan tahunan. DDR3 sendiri sebenarnya juga punya banyak versi dengan tambahan atau pengurangan fitur satu dibanding yang lain. Masing-masing pabrikan, terkadang juga membuat optimasi sendiri untuk produk modul RAM yang diproduksinya.

Butuh waktu cukup lama, sampai akhirnya sekarang produsen RAM mulai merilis RAM dengan standar DDR4. Beda banget dengan processor yang hampir setiap setengah tahun, atau setidaknya setahun sudah muncul versi baru yang lebih cepat, lebih tangguh memroses lebih banyak tugas, dan lebih ramah lingkungan alias irit tenaga listriknya.

Ok, kita coba mulai bahas pertanyaan pertama.

Loading...