Peringatan Hari Ibu di Indonesia dan Berbagai Negara

Pada setiap tanggal 22 Desember, kita memeringati hari ibu. Peringatan hari ibu di Indonesia secara umum dirayakan dengan memberikan ucapan selamat, hadiah, penghormatan, dan juga membebaskan ibu dari tugas sehari-hari mereka di rumah.

Pada tanggal 22 Desember ini, beranda media sosial dibanjiri dengan beragam ucapan selamat hari ibu. Mulai dari yang bentuknya kartu atau video berisi quote tentang betapa berjasanya ibu bagi anak-anak dan keluarganya.

Dan pasti juga ada postingan yang mengingatkan bahwa semua ucapan itu akan kehilangan arti, kalau tidak sesuai dengan tindakan dan ucapan kita sehari-hari terhadap ibu.

Mengapa hari ibu di Indonesia diperingati pada 22 Desember?

Jika kita merujuk pada peristiwa sejarah, alasan mengapa tanggal 22 Desember dipilih menjadi hari ibu adalah karena pada tanggal tersebut, tepatnya pada 22 Desember 1928, menjadi hari pertama digelarnya Konggres Perempuan Indonesia di Yogyakarta – sekarang menjadi gedung Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto.

Tetapi gagasan dan penetapan untuk menggunakan tanggal 22 Desember sebagai hari ibu baru muncul pada Konggres Perempuan III, pada tahun 1938. Ada rentang masa 10 tahun sampai bisa muncul gagasan untuk memeringati hari ibu secara khusus.

Tujuan dari peringatan hari ibu ini pada awalnya lebih untuk memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki keadaan perempuan Indonesia yang pada waktu itu masih belum mendapatkan tempat yang semestinya.

Masalah kesejahteraan ibu dan anak, pernikahan dini, dan juga perdagangan perempuan dan anak masih belum mendapat perhatian yang cukup. Masalah kesetaraan gender masih belum banyak disinggung.

Untuk resminya, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu pada tahun 1959, melalui Dekrit Presiden nomor 316 oleh Presiden Sukarno.

Kita bisa melihat bahwa Hari Ibu diperingati secara relatif berbeda, antara pada saat pertama kali digagas dengan pada saat ini.

Jika pada awalnya peringatan Hari Ibu ditujukan lebih untuk memicu dan memacu kemajuan perempuan secara umum, maka pada saat sekarang sedikit bergeser pada ungkapan penghormatan dan kecintaan kita pada sosok ibu di dalam kehidupan keluarga.

Peringatan Hari Ibu di Indonesia dan Berbagai Negara

Bagamana dengan peringatan Hari Ibu di negara-negara lain?

Dunia

Peringatan Hari Ibu sedunia dirayakan pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Patokannya adalah pada hari Minggu kedua bulan Mei setiap tahunnya. Untuk tahun 2021 ini berarti jatuh pada tanggal 10 Mei.



Pada awalnya peringatan Hari Ibu sedunia ini digagas oleh Ann Revers Jarvis, seorang wanita dari Amerika Serikat. Pada saat itu, Hari Ibu adalah ungkapan rasa berkabung dan bela sungkawa bagi para istri yang suaminya meninggal karena perang.

Vietnam

Masyarakat Vietnam memiliki istilah khusus “Mua Vu Lan” sebagai saat khusus untuk memberikan penghormatan dan rasa terimakasih kepada ibu.

Perayaan Mua Vu Lan dilakukan pada hari ke 15 bulan ke 7 menurut penanggalan lunar yang mereka gunakan.

Perayaan Mothers Day in Vietnam dilakukan bukan hanya bagi ibu dan orang tua yang masih hidup, tetapi juga untuk mengenang leluhur yang telah meninggal.

Pada hari itu, Pagoda Phuc Khanh di Hanoi akan dikunjungi banyak orang. Selain berziarah ke tempat-tempat suci dan memberi persembahan pada para biksu, orang-orang juga melakukan hal-hal yang mencerminkan rasa kasih sayang, seperti melepaskan burung atau ikan ke habitatnya, dan tidak lupa memberi hadiah serta bunga untuk orang tua.

Perancis

Berbeda sedikit dengan rata-rata negara Eropa lainnya, warga Perancis merayakan Hari Ibu pada hari Minggu keempat pada bulan Mei.

Jika kebetulan berbarengan dengan perayaan Pentakosta, maka perayaannya akan diundur seminggu kemudian.

Hampir sama dengan perayaan hari ibu di negara lain, warga Perancis merayakannya dengan memberikan bunga, kartu ucapan, dan memastikan untuk bisa makan malam bersama keluarga.

Thailand

Peringatan Hari Ibu di Thailand digelar pada tanggal 12 Agustus setiap tahunnya. Ini adalah juga hari ulang tahun Ratu Sirikit yang sangat dihormati di Thailand.

Perayaan Hari Ibu bisa berlangsung sangat meriah disertai dengan upacara dan parade. Bunga melati menjadi salah satu jenis bunga favorit yang digunakan sebagai hiasan maupun hadiah.

Polandia

Di Polandia, Hari Ibu juga disebut sebagai Dzien Matki. Mereka merayakannya pada setiap tanggal 26 Mei.

Mereka merayakannya dengan memberi hadiah berupa bunga atau kartu ucapan yang disertai dengan kue dan rangkaian bunga.

India

India memperingati Hari Ibu pada hari Minggu kedua pada bulan Mei – sama dengan peringatan Hari Ibu sedunia.

Untuk merayakannya, banyak toko dan restoran di India yang menawarkan promo dengan harga spesial.

Restoran juga biasanya memberikan promo karena banyak orang yang mengajak ibu mereka makan bersama di restoran.

Malawi

Rakyat negara Malawi merayakan Hari Ibu pada setiap tanggal 15 Oktober. Secara resmi, Malawi menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Malawi memilih tanggal 15 Oktober sebagai perayaan Hari Ibu karena bersamaan dengan peringatan International Day of Rural Women.

Qatar

Di negara Qatar dan beberapa negara Arab lainnya, Hari Ibu diperingati pada setiap tanggal 21 Maret.

Ide perlunya ada hari khusus untuk menghormati ibu di wilayah tersebut diperkenalkan oleh jurnalis Mustafa dan Ali Amin yang berasal dari Mesir.

Alasan mengapa peringatan Hari Ibu jatuh pada tanggal 21 Maret adalah karena itu adalah awal musim semi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.