Pengaruh Musim dan Produktivitas Blogger

Pernahkah anda mengamati – jika – anda mengaku sebagai blogger – jumlah posting setiap bulan-nya? Apakah anda melihat pola di sana? Apakah ada bulan-bulan tertentu di mana anda bisa membuat tulisan dalam jumlah yang banyak dan bulan-bulan tertentu dimana ternyata jumlah posting anda kurang dari jumlah jari tangan? Haha…. Jika ya, ingin tahukah anda apa penyebabnya? Apakah ada hubungannya dengan musim?

Musim yang saya bicarakan di sini adalah musim secara umum. Jadi kalau di Indonesia ya musim penghujan dan musim kemarau.

Apa pasalnya buat blogger sampai mempengaruhi produktivitas?

Ini memang tidak terjadi pada semua blogger. Tapi setidaknya akan sama bagi para blogger yang seperti saya, menggantungkan koneksi internet pada jaringan seluler. Bukan mereka yang memakai jaringan internet ber-kabel macam S***d* atau yang lain. Juga mereka yang tinggalnya agak di pinggiran kota sehingga kualitas jaringan internet-nya kurang bagus.

Koneksi internet yang lambat dan tidak stabil alias sering sekali putus-nyambung, sangat mengganggu mood. Sekedar untuk mem-publish posting yang ditulis di Windows Live Writer-pun seringkali butuh waktu yang lebih lama dari yang dibutuhkan untuk membuat secangkir kopi dan melihat tayangan iklan di TV. Sudah seperti itu, gagal. Itu sebabnya, saya tidak banyak menyertakan foto atau gambar ilustrasi pada posting, dengan harapan lebih sedikit dan ringan untuk di upload.

Koneksi yang jelek ini juga membuat frekuensi dan durasi untuk sekedar jalan-jalan, cari info dan ide posting baru, mengupdate berita, dan membangun backlink juga tersendat atau bahkan tidak bisa sama sekali. Haha…

Tapi apa benar jadi lebih tidak produktif? Kan jadi lebih banyak waktu senggang?

Ini bisa ya, bisa juga tidak. Ketika hujan datang, koneksi internet memburuk, aktivitas off-line juga cenderung statis, alias, semua orang cenderung untuk berada di rumah. hNah, kalau ada banyak orang di rumah, ya mosok bisa leluasa menulis? Meski itu juga ada baiknya, family time…. hehe….

Tentu ini tidak sama untuk semua orang. Tapi setidaknya itu yang saya alami.

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah juga jadi lebih tidak produktif ketika musim hujan? Atau malah jadi lebih semangat menulis posting? Saya tunggu sharing anda….

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....