Pendaftaran CPNS 2012

Kepingin jadi PNS tahun 2012 ini? Baca informasi pendaftaran CPNS 2012 berikut ini. Meski beberapa waktu yang lalu ramai diwacanakan di berbagai media bahwasanya jumlah PNS di Indonesia ini sudah terlalu banyak dan perlu dikurangi, namun tampaknya Pemerintah Indonesia masih merasa perlu melakukan penambahan.

Tahun 2012 ini, Pemerintah membuka lowongan CPNS sebanyak 13.873 kursi. Lumayan banyak ya… Pembagiannya kurang lebih seperti ini:

1.904 kursi untuk instansi daerah dan 11.733 kursi untuk instansi pusat. Selain itu juga ada kuota CPNS baru untuk seleksi ulangan di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, sebanyak 236 kursi. Jadi, total ada 13.873 kuota. Demikian yang disampaikan oleh Eko Prasojo – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB). Ijin prinsip kuota formasi CPNS 2012 telah ditetapkan untuk 17 instansi pemkab/pemkot, 3 instansi pemprov, dan 22 instansi pusat.
Nah, buat anda yang masih tergiur atau menganggap pekerjaan sebagai pegawai negeri itu baik-bagus-berprospek cerah di masa depan, tentunya bertanya-tanya, pendaftaran CPNS 2012 ini mulai kapan dilaksanakan? Tepatnya pada bulan Juli nanti akan dibuka. Sementara Tes CPNS 2012 sendiri akan dilaksanakan pada bulan Agustus. Jadi buat yang berminat silahkan segera mengurus surat-surat yang diperlukan untuk mendaftar tes CPNS 2012 ini. Seperti misalnya SKCK, Surat Keterangan Sehat, Pas foto, KTP, dan surat-surat lainnya.

Apa yang berbeda dari Tes CPNS sebelumnya?
Sudah menjadi rahasia umum kalau untuk menjadi PNS, tidak jarang peserta tes harus sikut sana-sini supaya bisa masuk. Kalau perlu membayar sejumlah uang yang tidak sedikit – artinya kalau uang yang dipakai untuk menyuap itu dipakai modal kerja sudah lebih dari cukup. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak baik seperti itu, Kemen PAN-RB menggandeng konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri untuk proses pendaftaran, pembuatan soal ujian, pengadaan soal, pengawasan, pelaksanaan tes, pemantauan, pemeriksaan naskah jawaban, sampai pengumuman. Inilah yang berbeda, pengumuman hasil Tes CPNS 2012 ini akan dipegang sendiri oleh Panitia CPNS pusat. Jadi nantinya pengumuman hasil tes CPNS tidak lagi diserahkan pada instansi daerah. Selama ini sangat rawan terjadi manipulasi ketetapan hasil ujian CPNS di tingkat daerah. Yakin bisa? sumber+credit foto: jpnn.com

Saya sih sudah lama tidak tertarik menjadi PNS, bukan apa-apa, lebih karena kemungkinan harus sogok sana sogok sini itu yang membuat miris. Mau jadi apa…?

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....