dee-nesia
mencari dan berbagi

Mengubah Resolusi Layar Lubuntu Di Virtual Box Windows 7

Bagaimana cara mengubah resolusi layar Lubuntu di Virtual Box? Benar-benar tidak nyaman ketika resolusi layar maksimal mentok di 640×480 piksel saja. Semuanya jadi terlihat sangat besar, sesak, dan kabur. Tidak mungkin banget kan browsing di Firefox dengan resolusi serendah itu? Kalau di smartphone itu masih nyaman karena dimensi layarnya kecil. hLah kalau di laptop? Ampun….!

Ok, ceritanya begini. Karena agak bosan dengan tampilan Windows, saya kepingin coba Ubuntu (lagi). Tapi karena khawatir performanya akan buruk di Asus 1215B ini, saya pilih Lubuntu 14.04.3. Itupun yang 32 bit. Pertimbangannya, ya supaya tidak berat-berat amat. Toh, hanya sebagai OS ke dua.

Awalnya, saya install Lubuntu 14.04.3 di flashdisk. Bisa sih. Tapi performanya buruk sekali. Bootingnya lama sekali. Sekalinya sudah jalan, butuh waktu terlalu lama untuk memanggil aplikasi dan menavigasinya. Jadi, sebelum beneran dual boot, saya coba dulu Lubuntu 14.04.3 ini di Virtual Box 5.14.

Masalah resolusi layar Lubuntu di Virtual Box

Kalau spesifikasi laptop atau PC yang kamu gunakan lumayan mendukung, biasanya, masalah resolusi layar yang terlalu kecil ini tidak muncul. Karena Asus 1215B ini spesifikasinya agak terbatas. Jadilah, pertama kali jalan, Lubuntu cuman berjalan di layar dengan resolusi 640×480 piksel. Hadew….

Loading...