Menghemat Baterai Smartphone Dengan Wallpaper Hitam Total, Bisakah?

Apakah kalau Android memakai wallpaper yang hitam alias gelap total akan bisa menghemat baterainya? Jika anda intens sekali memaksimalkan perangkat Android seharian, maka persoalan baterai yang boros ini pasti pernah anda rasakan. Android itu smartphone yang sangat intens menggunakan koneksi internet. Dan selain layar, sebenarnya koneksi internet – terutama ketika tidak selalu bisa terus di jaringan yang terbaik – itulah yang paling bertanggung jawab memboroskan baterai Android anda.

Sementara layarnya, karena memang harus menyala ketika anda menggunakan aplikasi di dalamnya, relatif lebih hemat baterai ketimbang kebutuhan daya ketika si Android dan aplikasi di dalamnya mengakses internet untuk mengupdate berita, cuaca, dan sinkronisasi data aplikasi yang lain. Rasanya, menghemat layar dengan menggunakan wallpaper hitam ini tidak akan berpengaruh besar untuk menghemat baterai anda. Tapi apakah benar begitu? Bukankah akan konyol, sudah beli hp Android yang mahal, spesifikasi gahar, eh, wallpaper-nya cuman hitam polos begitu saja. Ini bukan pilihan yang menarik. Kecuali anda sedang bosan dengan segala yang terlalu berwarna. Faktanya bagaimana?

Wallpaper yang gelap total memang akan menghemat baterai Android, tapi tidak untuk semua jenis layar

Beruntunglah anda yang memakai smartphone (Android, iOS, atau yang lain) yang memakai layar berjenis AMOLED. Karena menghemat baterai dengan wallpaper hitam ini hanya akan berfungsi ketika gadget anda berlayar jenis AMOLED ini. Mengapa begitu? Ok, kita lihat dahulu bagaimana layar bertipe AMOLED bekerja menampilkan gambar. Layar berjenis OLED, atau biasa disebut dengan Super AMOLED, tidak menggunakan backlight solid sebagai sumber cahaya. Setiap piksel pada layar OLED adalah sebuah ‘organic light emitting diode.’ Artinya masing-masing piksel tersebut memroduksi sendiri cahayanya. Maka ketika piksel itu berwarna hitam, itu berarti piksel tersebut sama sekali tidak memancarkan cahaya. menghemat baterai Android dengan wallpaper hitam

Loading...

Nah, ketika ada warna yang muncul, berarti dia memancarkan cahaya berwarna yang bersangkutan. Sederhanaya, jika anda memakai wallpaper berwarna hitam total pada layar bertipe AMOLED, layar anda hanya akan memroduksi cahaya yang lebih sedikit. Tentu saja ini akan menghemat daya baterai smartphone anda cukup signifikan. Layar tipe lain tidak begitu cara kerjanya. Warna apapun yang ditampilkan, piksel dari layar akan tetap mengeluarkan cahaya. Contoh yang paling kelihatan adalah layar LCD pada PC, TV, atau laptop anda. Coba saja menampilkan wallpaper yang anda set pada warna hitam solid. Amati dengan cermat, bahwa warna layar-nya tetap akan berbeda dibandingkan ketika layar tersebut kita matikan. Layar OLED tidak begitu.

Ada keuntungan lain dari penggunaan wallpaper berwarna hitam total?

Terlepas dari soal seberapa dinamis kepribadian yang ingin anda refleksikan pada layar gadget kesayangan anda itu, layar yang berlatar hitam akan membuat teks lebih mudah terbaca. Ikon-ikon aplikasi juga akan lebih mudah terlihat tanpa harus tercampur baur secara visual dengan latar belakang wallpaper yang penuh warna. Sejujurnya ini juga salah satu penyebab mengapa saya ‘agak’ kurang suka dengan UI-nya Android punya Lenovo. Yang secara default menampilkan ikon yang aneh-aneh. Dengan tambahan aksen ribet yang membuat layar jadi kotor. Jika anda suka memakai launcher pihak ketiga untuk mempermanis tampilan Android anda, saya jadi pingin tahu, apakah anda mempertimbangkan juga sisi fungsionalitas dari tampilan ikon aplikasi yang ribet dan berwarna-warni itu? Ya, memang selera itu salah satu hal di dunia ini yang tidak bisa diperdebatkan. Terserah anda juga sih, haha….

Pilihan smartphone berlayar AMOLED terbaik

Teknologi layar AMOLED ini diadopsi banyak vendor. Yang paling banyak tentu Samsung. Yang paling baru ada Samsung Galaxy A3 A300H layar 4,5 inchi Super AMOLED berjaringan LTE. Ini jagoan baru Samsung di kelas menengah. Jika anda fans Windows Phone, anda bisa pilih Nokia Lumia 900. Di versi lanjutannya, Lumia 920, layarnya ganti jadi bertipe IPS. Kalau anda fans Samsung, maka anda juga pasti tahu kalau semua tipe Samsung Galaxy S dan Note itu pakai AMOLED. Ada banyak juga yang lain sih. Tapi mereka yang sudah saya sebutkan tadi adalah yang paling laris dan ramai dibicarakan. Cukup mewakili-lah. Jika anda ingin menggunakan wallpaper yang total gelap, silahkan klik lalu simpan dan gunakan sebagai gambar latar Android anda foto hitam total dibawah ini. Wallpaper Android Hitam Di layar Android, saya lebih senang foto pemandangan yang adem. Sementara di desktop, saya lebih sering memakai warna hitam solid untuk menutupi layar. Bukan karena saya ingin menghemat baterai, tapi sekedar mendinginkan mata saja. Hehe….

(Visited 1,694 times, 4 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....