dee-nesia
mencari dan berbagi

Menghemat Baterai Smartphone Dengan Wallpaper Hitam Total, Bisakah?

Apakah kalau Android memakai wallpaper yang hitam alias gelap total akan bisa menghemat baterainya? Jika anda intens sekali memaksimalkan perangkat Android seharian, maka persoalan baterai yang boros ini pasti pernah anda rasakan. Android itu smartphone yang sangat intens menggunakan koneksi internet. Dan selain layar, sebenarnya koneksi internet – terutama ketika tidak selalu bisa terus di jaringan yang terbaik – itulah yang paling bertanggung jawab memboroskan baterai Android anda.

Sementara layarnya, karena memang harus menyala ketika anda menggunakan aplikasi di dalamnya, relatif lebih hemat baterai ketimbang kebutuhan daya ketika si Android dan aplikasi di dalamnya mengakses internet untuk mengupdate berita, cuaca, dan sinkronisasi data aplikasi yang lain. Rasanya, menghemat layar dengan menggunakan wallpaper hitam ini tidak akan berpengaruh besar untuk menghemat baterai anda. Tapi apakah benar begitu? Bukankah akan konyol, sudah beli hp Android yang mahal, spesifikasi gahar, eh, wallpaper-nya cuman hitam polos begitu saja. Ini bukan pilihan yang menarik. Kecuali anda sedang bosan dengan segala yang terlalu berwarna. Faktanya bagaimana?

Wallpaper yang gelap total memang akan menghemat baterai Android, tapi tidak untuk semua jenis layar

Beruntunglah anda yang memakai smartphone (Android, iOS, atau yang lain) yang memakai layar berjenis AMOLED. Karena menghemat baterai dengan wallpaper hitam ini hanya akan berfungsi ketika gadget anda berlayar jenis AMOLED ini. Mengapa begitu? Ok, kita lihat dahulu bagaimana layar bertipe AMOLED bekerja menampilkan gambar. Layar berjenis OLED, atau biasa disebut dengan Super AMOLED, tidak menggunakan backlight solid sebagai sumber cahaya. Setiap piksel pada layar OLED adalah sebuah ‘organic light emitting diode.’ Artinya masing-masing piksel tersebut memroduksi sendiri cahayanya. Maka ketika piksel itu berwarna hitam, itu berarti piksel tersebut sama seka