Mengatasi File FTF Tidak Terdeteksi di Flashtool

0
16

Ini pertama kalinya dee-nesia mengalami masalah file ftf tidak terdeteksi di flashtool. Sejak jaman masih pakai Xperia Ray, M Dual, M2 Dual, M5 Dual, Z5 Dual, X Compact, dan sekarang XZ, baru sekarang ini mau flash ulang, tapi device selector flashtool kosong tidak ada tanda-tanda si flashtool mengenali file ftf yang saya yakin banget berada di dalam folder tersebut.

Ceritanya, saya mau downgrade Xperia X Compact ke Nougat dari Oreo. Biasa, supaya lebih adem dan sedikit awet baterainya. Sebelumnya, saya pernah melakukannya seperti pada artikel Cara Downgrade Xperia X Compact Docomo Dari Oreo ke Nougat.

Awalnya yakin saja, ini akan menjadi proses yang mudah. Karena toh sudah pernah, installer flashtool yang saya pakai juga masih sama, file ftf Android Nougat versi 34.2.B.0.290 juga masih berada di folder yang sama. Jadi pasti bisa.

Yang mungkin membuat berbeda adalah flashtool sebelumnya pernah saya uninstall, Windows 10 sekarang pakai versi 1903 – sebelumnya masih 1803, emmmm…., itu saja sih….

Dan begitulah, setelah install flashtool versi 0.9.22.0, ternyata file ftf Xperia X Compact Docomo Nougat 34.2.B.0.290 tidak terdeteksi.

Ketika saya cek di device selector juga tidak ada. Xperia X dan X Performance masih terlihat, tapi si X Compact Docomo tidak ada.

Mengatasi File FTF Tidak Terdeteksi di Flashtool Dengan Sinkron Manual [1# gagal]

Dan begitulah, seperti biasa, saya coba tanya-tanya dulu, googling tidak karuan, dan rata-rata yang disarankan adalah melakukan langkah seperti ini:

  1. jalankan Flashtool dengan terhubung internet
  2. lakukan sinkronisasi manual dengan repositori perangkat di GitHub, caranya klik menu Devices > Device Sync > Manual Sync
  3. ketika proses sinkronisasi selesai, tutup FlashTool, lalu jalankan lagi
  4. seharusnya, FlashTool akan me-load sekitar 90an device
  5. jika benar, maka seharusnya file firmware anda akan dikenali

Sayangnya, ini tidak terjadi dengan FlashTool yang saya gunakan. Proses sinkronisasi manual tadi cuman menghasilkan sekitar 62 devices. Dan tetap tidak ada si Xperia X Compact ini di daftar device yang dikenali FlashTool.

Kemudian, dee-nesia juga mengikuti saran untuk menggunakan FlashTool versi yang lebih lama, seperti 0.9.18.6. Ok, saya turuti, tetapi hasilnya masih nihil – firmware Nougat Xperia X Compact Docomo yang tersimpan tetap tidak dikenali.

Bagi anda yang membutuhkan FlashTool versi ini, silahkan download di https://www.androidfilehost.com/?fid=24562946973630873

Mengatasi File FTF Tidak Terdeteksi di Flashtool Dengan Menghubungkan Xperia X Compact Docomo Dalam Keadaan Mati [#2 gagal]

Cara ini saya ikuti dari postingnya Evilica Cell.

Jadi intinya adalah dengan memaksa FlashTool mendeteksi sendiri si X Compact atau apapun itu Android Sony Xperia kita.

Caranya, setelah install FlashTool (Evilica Cell menggunakan 0.9.18.2), install flashtool-drivers dengan lengkap dan benar, lalu menghubungkan HP Sony Xperia dalam keadaan mati sambil menekan tombol volume down.

Saya coba beberapa kali, sepertinya Xperia X Compact Docomo saya terdeteksi sebagai SOMC Flash Device, tetapi tetap saja file ftf tidak terdeteksi di FlashTool. Saya juga sampai uninstall FlashTool sebelumnya, dan install lagi versi 0.9.18.2 sesuai sara Evilica Cell.

Entah kenapa, masih gagal juga.

Kenapa firmware Sony tidak terbaca di FlashTool?

Setelah cara pertama dan kedua tadi masih gagal juga, saya mulai mabuk – alias mencoba cara ngawur.

FlashTool 0.9.18.2 di uninstall, dan install ulang versi 0.9.22.0 sampai selesai.

Kemudian saya coba lihat di folder C:\Users\www.dee-nesia.com.flashTool\devices.

Setelah saya lihat-lihat, ada folder F53XX – ini nama Sony Xperia X Compact. Di dalamnya cuman ada file bernama 34.fsc.

Kalau dibandingkan dengan folder yang lain, yang device-nya dikenali FlashTool – saya asumsikan file ftf-nya juga bakalan dikenali, di dalam folder F53XX ini tidak ada file berekstensi *.properties.

Hmmm, jadi ini rupanya penyebab file ftf tidak terdeteksi FlashTool.

Kemungkinannya, di repositori device FlashTool yang ada di GitHub itu – ntah kenapa – tidak ada properties yang bener dari device yang kita punya, dalam hal ini properti-nya si Xperia X Compact.

Itu sebabnya, meskipun kita lakukan sinkronisasi manual-pun, FlashTool tetap tidak mendapatkan data device yang ftf-nya tidak terbaca itu.

Disclaimer:

dee-nesia tidak menjamin cara berikut ini pasti akan membuat FlashTool anda mengenali firmware Xperia anda. dee-nesia juga tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi atas unit Xperia ataupun komputer anda. Lakukan dengan sadar akan resiko.

Mengatasi File FTF Tidak Terdeteksi di Flashtool

Cara (dee-nesia) Mengatasi File FTF Tidak Terdeteksi di Flashtool [#3 berhasil]

Dan pengawuran saya dimulai….

Saya coba cari file F53XX.properties lewat googling, copy isinya, buat file baru pakai Notepad, paste di situ, simpan file tadi dengan nama F53XX.properties, lalu meletakkan file ini di dalam folder F53XX tadi.

Saya menemukan file ini di sini: https://github.com/

Dan, syukur-lah, setelah itu si FlashTool mau mengenali file firmware Sony Xperia X Compact Docomo yang sudah tersimpan.

Buat yang membutuhkan, silahk di copy isi file F53XX.properties ini:

#Mon Sep 19 09:51:12 CEST 2016
internalname=F53XX
canfastboot=true
busyboxhelper=1.20.2
recognition=F5321,SO-02J
variant=F5321,SO-02J
cankernel=false
busyboxinstallpath=/system/xbin
loader_unlocked=
realname=Sony Xperia X Compact
loader=
canrecovery=false
buildprop=ro.product.device
canflash=true
fscmandatory=true

Bagaimana? Semoga tidak bikin bingung ya, karena saya menuliskannya mirip orang curhat begini. Maklum, lagi rapuh, wkwkwk….

Jangan protes kalau saya menuliskan juga dua cara yang gagal. Apa gunanya coba?

Alasan saya adalah karena tidak selalu satu cara berhasil lalu bisa dipastikan akan berhasil juga dilakukan di laptop atau PC yang lain. Bisa jadi karena ada perbedaan versi OS, file ftf corrupt, atau cuman sekadar karena kurang beruntung. Hehe….

LEAVE A REPLY

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.