Mengapa Kuota Internet Cepat Habis di Android?

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Ingin tahu aktivitas apa saja yang menjadi alasan mengapa kuota internet cepat habis di Android? Kian hari harga paket internet memang kian murah. Demikian juga dengan kecepatan akses internet rata-rata di Indonesia juga semakin bagus. Terlebih dengan mulai munculnya jaringan 4G LTE yang sampai sekarang masih untup-untup itu. Demikian pula dengan jumlah konten internet yang bisa kita lihat via smartphone Android juga semakin banyak. Jadilah semakin banyak saja alasan yang membuat kuota internet lebih cepat habis.

Sebenarnya ini bukan hanya terjadi di smartphone Android. Baik jika anda mengakses internet via laptop, atau smartphone ber-OS lain, hal yang sama juga terjadi.

Saat ini, sebuah smartphone, semahal apapun harganya, jika tanpa pulsa dan kuota internet, jadilah dia tidak lebih dari kamera, radio saku, pemutar video, walkman, atau bahkan nilainya tidak lebih dari sebuah kalkulator, haha….

Ketika kuota internet habis, maka hampir 90% fungsi smartphone akan mati. Jadi sebenarnya mengapa kuota internet cepat habis di Android?

Mengapa Kuota Internet Cepat Habis di Android

Inilah alasan mengapa kuota internet cepat habis di Android …

Jadi jangan lakukan aktivitas berikut ini sering-sering kalau mau kuota internet kamu awet, ok?

  • Streaming video
    Terserah anda mau nonton konten video via browser yang mendukung flash atau HTML 5 macam Chrome atau Firefox untuk Android, atau streaming video melalui aplikasi khusus, anda sedang menghamburkan kuota internet anda sampai sekitar 50 MB per menit. Akan semakin besar ketika video tersebut berkualitas HD. Terus bagaimana dunk? Ya tahan diri sampai anda mendapatkan sambungan jaringan WiFi yang gratis. Atau kalau memang terpaksa sekali, sebaiknya konten video tadi di download, sehingga anda bisa melihatnya lagi di kemudian waktu. Jika video tadi penting banget, bukan sekadar hiburan, meski banyak kuota terbuang, setidaknya sepadan dengan manfaatnya.
  • Streaming musik/radio
    Ini sebenarnya sama saja dengan streaming video di atas, bedanya cuman yang kita streaming adalah audio. Jangan salah, meski banyaknya kuota yang habis lebih sedikit, tapi kalau anda melakukannya sampai lama ya sama saja jatuhnya, kuota cepat habis. Jadi, kecuali anda sedang mendapat jaringan internet gratis, tidak usahlah. Dengarkan lagu dari koleksi mp3 yang sudah tersimpan di Android anda saja. Puas-puaslah dengan itu. Hehe….
  • main game online
    Ini yang jarang disadari orang. Memang tidak semua game online itu boros bandwidth, tapi game online jenis real-time action, seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout itu bisa sangat rakus kuota. Rata-rata game sejenis itu bisa butuh sampai 1 MB data per menit. Kalau urusan game, saya biasanya akan cederung untuk merelakan berapapun kuota internet yang dibutuhkan, haha… Jadi untuk yang satu ini, terserah anda deh…. Asal tahu konsekuensinya saja, kalau main game online itu ya butuh kuota.
  • video chatting
    Video chatting itu memang asik, tapi artinya akan banyak banget kuota internet yang terpakai. Ingat bahwa yang dikirim dan diterima adalah data berupa video, yang artinya ada gambar dan suara yang secara simultan dikirim dan diterima. Maka ini juga bisa besar banget, apalagi biasanya tidak pernah cukup sebentar untuk video chatting kan? Jadi bijak-bijak sajalah. Rata-rata dalam 1 menit video chat, anda akan butuh sekitar 3 MB data.
  • upload video (ke Youtube atau yang lain)
    Buat para mastah Youtube yang memang mendulang dollar dari video yang mereka unggah ke Youtube pasti tahu yang satu ini. Upload video ke Youtube (dan atau situs video hosting yang lain) itu jauh lebih boros kuota dibanding dengan streaming videonya itu sendiri. Untuk video beresolusi HD berdurasi 1 menit, kira-kira akan butuh kuota internet sampai 200an MB. Bisa lebih. Jadi? Kalau anda cuman daftar paket internet dengan kuota 1 GB, ya sabar saja cari koneksi internet gratis dulu, daripada berat di ongkos. Nanti setelah video yang anda upload ke youtube itu sudah mulai menghasilkan uang, beli paket internet yang lebih besar kuotanya, atau yang unlimited sekalian, dan anda bisa upload video lebih banyak lagi. Jadi, bisa dikatakan kalau upload video terutama ke Youtube itu alasan mengapa kuota internet cepat habis di Android yang paling masuk akan dan bisa diterima. hehe….

Jadi bagaimana? Sabar ya….

Jangan lupa untuk membaca juga Cara Menghemat Kuota Internet Ketika Memakai Thetering Dari HP

.

Dan mari kita doakan saja, semoga provider kita tidak cuman saingan iklan jaringan 4G LTE saja, tapi juga segera memperluas coverage area-nya.

Loading...