Mengapa CPC Adsense Blog Berbahasa Indonesia Kog Rendah?

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Mengapa CPC Adsense blog bahasa Indonesia rendah? Adsense memakai banyak sekali variabel untuk menentukan tinggi rendahnya harga setiap klik iklan mereka. Dan detail dari setiap variabel itu tidak pernah diumumkan. Jadi kita sebagai publisher tidak pernah benar-benar tahu mengapa kita cuman dapat $0,01 untuk satu klik, sementara di hari lain kita bisa mendapat $0,5. Padahal setelah di cek, klik itu berasal dari posting yang sama dengan keyword yang sama pula. Lebih-lebih untuk blog bahasa Indonesia. Dapat $0,5 untuk satu klik itu normal dan wajar. Mengapa kog serendah itu?

Adsense sendiri menyarankan blog bahasa Inggris untuk CPC lebih tinggi

Beberapa waktu lalu, saya sempat baca di salah satu group publisher Adsense di Facebook yang bercerita bahwa barusan ditelepon perwakilan Google Adsense yang pada intinya menyarankan untuk membuat blog berbahasa Inggris saja daripada ngenes dengan blog bahasa Indonesia yang nilai CPC-nya rendah. Saya tidak tahu apakah beneran mereka mendapat telepon atau tidak. Dari cerita-cerita mereka sih kayaknya beneran.

Kalau dari pengalaman saya sih, ada satu niche bahasa Indonesia yang CPC-nya besar, yaitu tentang pendidikan. Lengkapnya saya tulis di CPC Adsense Tinggi Dari Blog Niche Pendidikan. Silahkan anda coba sendiri membuat blog khusus tentang info pendidikan atau sekolah. Bagus banget tuh…. Di bulan-bulan musim daftar kuliah bisa dapat CPC sampai sekitar 5 sampai 7 dollar. Tapi ya itu, musiman.

CPC Adsense Blog Bahasa Indonesia Rendah

Sebenarnya, mengapa CPC Adsense blog bahasa Indonesia rendah?

Saya kira untuk menjawabnya, kita perlu merunut ke belakang prosesnya terlebih dahulu.

Kita sebagai publisher Adsense punya peran sebagai pihak yang semacam menyewakan slot untuk dipasangi iklan. Lalu pihak Adsense adalah pihak yang menengahi atau menghubungkan pemasang iklan atau advertiser dengan kita.

Adsense memakai sistem lelang untuk menentukan biaya pemasangan iklannya. Semakin banyak yang pasang iklan, maka harganya akan semakin tinggi. Begitu pula sebaliknya, semakin banyak publisher, jadi semakin rendah harganya. Kog begitu? Kan jadi ada banyak pilihan tempat memasang iklan, jadi advertiser bisa memilih yang biaya bid iklannya paling rendah. Itu dari sisi sistem bidding iklannya.

Kemudian, advertiser juga menentukan harga bidding slot iklan. Contohnya seperti blog bahasa Indonesia niche pendidikan tadi. Pada musim pendaftaran sekolah CPC Adsense-nya naik tinggi sekali, karena rata-rata yang beriklan adalah kampus-kampus dari luar negeri. Jelas mereka lebih mungkin berani membayar lebih tinggi. Sementara untuk niche umum, ya gitu dech, berani bayar $0,01 saja. Ampun sudah. Contoh paling tidak mengenakkan yang sempat saya tahu adalah iklan dari situs berita tertentu. Jelasnya silahkan baca: Iklan Situs Berita Liputan 6 Ini Kecil Banget CPC-nya!!!

Jadi?

Jadi kesimpulannya, mengapa CPC Adsense blog bahasa Indonesia rendah adalah karena memang pasar kita ya segitu itu. Antara daya beli konsumen, kekuatan advertiser untuk belanja iklan, dan juga pengaruh trend di Indonesia, semua memang masih berada di level ini.

Agak ada perubahan akhir-akhir ini setelah kelahiran beberapa toko online besar dengan modal asing macam Lazada, OLX, dan teman-temannya yang lumayan memengaruhi pendapatan kita sebagai publisher Adsense. Persaingan yang ketat diantara Advertiser menguntungkan kita. Emmm…, rasanya agak lama tidak lihat iklan Bhinneka, haha….

Beberapa tahun lagi, kalau keadaan perekonomian negara kita lebih baik, yakin deh, belanja iklan perusahaan juga akan lebih besar, dan CPC blog bahasa Indonesia akan lebih tinggi.

Terus bagaimana dunk?

Ada beberapa pilihan yang mungkin bisa kita lakukan sebagai publisher, misalnya:

  • pindah haluan dengan membuat blog berbahasa Inggris
  • tetap bertahan di blog bahasa Indonesia, dengan lebih banyak mengincar keyword yang nilainya relatif tinggi. Biasa, mulai dari hosting, investasi, forex, dan semacamnya
  • tetap bertahan di blog bahasa Indonesia dan mulai mengisinya dengan posting berbahasa Inggris

Bagaimana? Mau bagaimana? Jangan lupa baca juga Apa Yang Menentukan CPC Adsense?

Loading...