dee-nesia
mencari dan berbagi

Mengapa CPC Adsense Blog Berbahasa Indonesia Kog Rendah?

Mengapa CPC Adsense blog bahasa Indonesia rendah? Adsense memakai banyak sekali variabel untuk menentukan tinggi rendahnya harga setiap klik iklan mereka. Dan detail dari setiap variabel itu tidak pernah diumumkan. Jadi kita sebagai publisher tidak pernah benar-benar tahu mengapa kita cuman dapat $0,01 untuk satu klik, sementara di hari lain kita bisa mendapat $0,5. Padahal setelah di cek, klik itu berasal dari posting yang sama dengan keyword yang sama pula. Lebih-lebih untuk blog bahasa Indonesia. Dapat $0,5 untuk satu klik itu normal dan wajar. Mengapa kog serendah itu?

Adsense sendiri menyarankan blog bahasa Inggris untuk CPC lebih tinggi

Beberapa waktu lalu, saya sempat baca di salah satu group publisher Adsense di Facebook yang bercerita bahwa barusan ditelepon perwakilan Google Adsense yang pada intinya menyarankan untuk membuat blog berbahasa Inggris saja daripada ngenes dengan blog bahasa Indonesia yang nilai CPC-nya rendah. Saya tidak tahu apakah beneran mereka mendapat telepon atau tidak. Dari cerita-cerita mereka sih kayaknya beneran.

Kalau dari pengalaman saya sih, ada satu niche bahasa Indonesia yang CPC-nya besar, yaitu tentang pendidikan. Lengkapnya saya tulis di CPC Adsense Tinggi Dari Blog Niche Pendidikan. Silahkan anda coba sendiri membuat blog khusus tentang info pendidikan atau sekolah. Bagus banget tuh…. Di bulan-bulan musim daftar kuliah bisa dapat CPC sampai sekitar 5 sampai 7 dollar. Tapi ya itu, musiman.