Bingung Cari Kado Wisuda Terbaik Untuk Sahabat – Bagaimana Memilihnya?

Sahabat kamu lulus dan diwisuda. Pencapaian besar setelah perjuangan dan usaha sungguh-sungguh dan luar biasa telah membuahkan hasil. Sudah sepantasnya ucapan selamat yang tulus kamu ucapkan. Dan tentu saja, kamu tidak perlu alasan untuk memberikan kado wisuda terbaik untuk sahabat karibmu itu.

Ada banyak sekali pilihan graduation gift terbaik yang bisa kamu pilih. Dari yang harganya puluhan ribu sampai tidak terbatas. Jenisnya juga macam-macam. Banyaknya pilihan ini mungkin membuat kamu memilih kado wisuda terbaik. Tenang saja, ini jauh lebih mudah dari memilih judul skripsi.

Pastinya, kamu tidak ingin kado wisuda terbaik yang kamu berikan untuk sahabatmu itu pada akhirnya malah menjadi beban – dibuang – tidak enak hati dengan kamu yang memberi, disimpan kog malah menuh-menuhin kamar.

Itu sebabnya, kamu perlu mempertimbangkan hadiah wisuda terbaik yang bukan hanya diterima dengan bahagia dan digunakan dengan senang – bukan malah disembuyikan dipojokan atau tetap di dalam kardusnya sampai kadaluwarsa.

 

Kado Wisuda Terbaik Untuk Sahabat - Bagaimana Memilihnya?

Tips Memilih Kado Wisuda Terbaik Untuk Sahabat

Sesuaikan dengan rencana yang mereka punya

Sebagai sahabat, tentu sedikit banyak kamu tentu tahu fase yang akan mereka tempuh setelah wisuda. Jika ternyata perkiraan kamu masih terlalu abstrak, tidak ada salahnya jika kamu menanyakan pada sahabat kamu itu jauh-jauh hari sebelum wisuda dilaksanakan.

Setelah mengetahuinya, maka kamu bisa menyempitkan pilihan kado wisuda terbaik untuk sahabat kamu itu. Setidaknya, ada beberapa kemungkinan seperti berikut ini….

Melanjutkan Pendidikan

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi biasanya juga diikuti oleh perubahan kebutuhan. Penyebabnya bisa karena mereka harus berpindah tempat tinggal, atau perubahan tuntutan tugas dari jenjang pendidikan yang baru.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih hadiah wisuda yang bisa membantu mereka di tempat yang baru.

Untuk membantu mereka di tempat yang baru, kamu bisa memilih:

  • Organizer: laundry bag lucu, rak keren di atas meja, pegboard atau skadis, pin board, tempat sampah keren
  • Hiburan: speaker portable, headphones atau TWS, power bank, langganan layanan streaming seperti Netflix atau Spotify.
  • Appliance: kulkas mini, toaster, microwave, mini-blender, tableware
  • Perlengkapan ruangan: lampu baca, bantal – guling, selimut, bed cover, karpet kecil.

Bekerja

Lulus dan mendapatkan pekerjaan pertama yang bagus adalah impian sebagian besar orang. Jika sahabat kamu sampai pada tahap ini, maka mereka akan sangat berterima kasih mendapatkan hadiah wisuda yang bisa memudahkan mereka mendapatkan atau menjalankan pekerjaan.

Tentu saja sudah bukan jamannya kamu membelikan mereka setumpuk amplop A4 lengkap dengan perangko – sudah bukan jamannya lagi!

Coba berikan tas kerja yang keren, pulpen klasik yang bagus – jika kamu cukup dekat atau tidak khawatir menjadi terlalu personal, baju kerja yang proper akan sangat bagus. Ini semua tetap sesuai baik jika sahabat kamu itu masih mencari kerja ataupun sudah pasti mendapatkan pekerjaan pertamanya.

Pilihlah kado yang punya fungsi

Saya sendiri bukan orang yang mudah menerima kado. Saya sering merasa terjebak menyimpan kado yang sebenarnya tidak saya butuhkan – yang ujung-ujungnya merasa bersalah mendiamkan kado yang harganya lumayan itu teronggok berdebu di sudut ruangan paling jauh.

Maka tips yang ini sederhana saja: utamakan fungsi dan gunanya untuk sahabat kamu itu daripada harga dan keunyuan kado pilihan kamu.

Supaya mudah, kamu bisa merujuk pada hobi atau pekerjaan yang akan ditekuninya.

Kalau dia suka nonton film maka traktiran nonton bioskop plus jajan di food court akan sangat dia sukai. Bagi sahabatmu yang suka memasak – satu set pisau dapur yang bagus adalah pilihan yang sangat baik.

Kalau sahabatmu itu suka utak-atik motor atau mobil, toolbox bisa menjadi pilihan kado wisuda terbaik.

Sahabatmu suka makan? Traktir makan di cafe atau restaurant yang dia sering bicarakan akan sangat dia sukai. Jangan malah minta traktir.

Jika kamu masih bingung juga, tidak ada salahnya langsung ditanyakan saja – jangan sampai kamu memberikan hadiah wisuda yang ternyata dia sudah punya atau berencana beli sendiri tapi dari merk yang lebih bagus dari yang kamu berikan.

Berikan kado wisuda yang bermakna

Jika pilihan kado wisuda terbaik di atas masih kurang sreg, maka opsi selanjutnya adalah hadiah wisuda yang mampu memberi makna bagi kalian berdua – atau setidaknya untuk membantu mereka memahami bahwa kamu akan senantiasa ada dan mendukung mereka.

Beberapa pilihan berikut ini mungkin akan terasa sedikit sentimental alias menye-menye, jadi sebelum memutuskan untuk memberikannya, pastikan bahwa sahabat kamu itu bukan tipe orang yang pragmatis sehingga sulit menghargai hadiah yang terasa banget sisi personalnya.

Anda bisa memilih jam tangan, pen, cincin, kalung, atau gelang dengan gravir bertuliskan nama dia (dan atau) nama kamu juga. Kalau itu terlalu “berat” – gravirnya pakai tulisan quote tertentu juga bisa.

Kalau sempat, kamu bisa menyiapkan kolase foto tercetak berisi foto-fotonya semasa menempuh pendidikan. Tempatkan dalam frame yang bagus. Kalau kamu rada nyeni, bolehlah coba pilih, tata, dan hias sendiri – ini akan membuat kesan personal lebih terasa.

Supaya lebih kekinian, kamu juga bisa membuatnya dalam versi digital – berbentuk video atau slide dengan animasi yang bagus.

Hadiah semacam ini akan lebih bagus jika disampaikan ketika ada banyak orang – di depan anggota keluarga misalnya.

Beri saja “amplop”

Sepintas ini sepertinya tidak pantas dijadikan sebagai kado wisuda untuk sahabat. Terlebih jika kamu memberikannya benar-benar hanya dengan dimasukkan ke dalam amplop polos begitu saja macam orang kondangan di kampung.

Supaya lebih berkesan, kamu bisa memberikannya dalam bentuk gift card, voucher belanja, kartu member gym, spa, restoran, atau top-up game. “Uang” yang kamu berikan akan lebih mudah meninggalkan kesan.

Kalau tabungan kamu relatif lega dan memungkinkan, bisa juga “amplop”nya dirupakan reksadana atau saham.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.