8 Cara Pintar Memaksimalkan Kamera HP Supaya Lebih Berguna

Kita bisa memaksimalkan kamera HP supaya bisa mengambil sebanyak mungkin manfaat dari kamera Android atau iPhone yang kita miliki. Sayang kan, kamera smartphone yang bagus itu hanya digunakan untuk hal-hal standar yang biasa saja?

Hnah, kali ini kita akan melihat hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimallkan penggunaan kamera HP yang mungkin belum kamu tahu.

Bukan apa-apa sih, banyak dari kamu, saya yakin sekarang ini menggunakan hp kamera terbaik di dunia – setidaknya menurut kamu sendiri, hehe… – tapi merasa selama ini ternyata belum secara maksimal menggunakannya.

Lagi pula, sekarang ini teknologi kamera pada HP semakin canggih dengan penambahan kemampuan yang signifikan, sehingga membuat pasar kamera pada umumnya – kamera compact, DSLR, maupun mirror less harus bekerja lebih keras untuk memberi nilai lebih mereka dibanding kamera HP.

Itu dari sisi HP atau hardware kamera smartphone. Dari sisi software, kamera HP Android maupun iPhone juga semakin bagus. Sehingga saat ini, dengan bantuan aplikasi editor video, kamera smartphone bisa digunakan untuk membuat foto dan video yang kualitasnya bisa sangat bagus.

Tapi, saat ini kita tidak akan membahas perkembangan hardware dan software kamera pada smartphone, melainkan cara memaksimalkan penggunaan kamera HP secara umum.


yang juga layak kamu baca:


Tidak peduli merk dan tipe smartphone kamu, asal kameranya tidak jelek-jelek amat dan kamu rajin mengupdate aplikasi dan sebisa mungkin mendapat update Android terbaru, dee-nesia jamin, kamu juga pasti bisa melakukan sebagian atau semua cara dan penggunaan kamera HP kamu berikut ini.

8 cara pintar memaksimalkan penggunaan kamera HP

Ini 8 Cara Pintar Memaksimalkan Kamera HP Supaya lebih berguna
8 Cara Pintar Memaksimalkan Kamera HP
Loading...

1. Mendekorasi ruangan secara virtual dengan augmented reality

Sudah sejak beberapa tahun yang lalu, IKEA, sebuah perusahaan furniture terkenal, mengembangkan fitur baru untuk para pelanggannya. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk melihat bagaimana perabot dan furnitur baru yang akan dibelinya akan tampak pada ruangan dimana dia berada secara virtual.

Jika kamu adalah pelanggan IKEA (bebeberapa perusahaan furnitur lain juga mengembangkan hal yang sama), maka kamu cukup berada di ruangan yang ingin ditambahi perabot atau furnitur tertentu, kemudian dengan menggunakan smartphone atau tablet bisa melihat perabot yang sedianya kamu beli itu tertampil menyatu dengan ruangan kamu sendiri, seperti mereka sudah ada dan terpasang di situ.

Pelanggan bahkan bisa menyesuaikan letak dan warna perabot tersebut. Setelah dirasa pas, pelanggan bisa melakukan pemesanan sesuai dengan yang saat itu tampil di layar HP atau tabletnya.

Teknologi Augmented Reality seperti ini bisa membantu pelanggan membayangkan akan tampak seperti apa barang yang akan dibelinya.

2. Menggunaan kamera HP untuk menggantikan fungsi scanner

Cukup dengan menggunakan kamera HP, kita sudah bisa menggantikan fungsi scanner yang harganya lumayan mahal itu. Untuk sekadar scan dokumen menjadi pdf sudah bukan masalah buat kamera HP kamu.

Memang, kita akan memerlukan aplikasi untuk scan dokumen di Android atau iPhone. Dan untungnya, ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa melakukannya dengan hasil sangat maksimal.

Pilihan dee-nesia adalah Office Lens buatan Microsoft dan PhotoScans by Google Photos.

Untuk dokumen, Office Lens itu lebih mudah digunakan. Sementara, PhotoScan menawarkan kemampuan lebih untuk scan foto yang dicetak dengan beragam fitur untuk memastikan hasil scan kamu tetap sempurna.

Kedua aplikasi ini juga memungkinkan untuk menyatukan beberapa hasil scan menjadi sebuah file pdf mandiri. Jadi jika kamu ingin membuat versi pdf dari buku cetak, itu bisa mudah dilakukan.

Jika kamu merasa format jpg pada pdf membuat ukuran file terlalu besar, kamu bisa juga mengaktifkan fitur OCR atau Optical Character Recognition yang akan mengkonversi teks dalam foto menjadi teks beneran. Sudah bukan jamannya mengetik ulang dokumen tercetak.

Jika kedua aplikasi di atas dirasa terlalu berat untuk Android kamu yang RAM dan internal memory-nya terbatas, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Drive yang pasti ada di semua Android standar. Google Drive juga bisa melakukan scanning dokumen dan menyimpannya secara langsung di Google Drive, jadi tidak membuat memory kamu cepat penuh.

3. Berbelanja virtual dalam tiga dimensi

Ini memang belum bisa kita lakukan dengan mudah. Bukan karena kamera HP kamu belum bisa, tetapi karena belum banyak toko online yang berinvestasi membuat platform toko online mereka secara 3 dimensi. Yang dee-nesia tahu adalah seksi tertentu dari Alibaba.

Untuk aplikasinya, ada ROAR. Untuk memakainya, kamu bisa mulai dengan memotret objek tertentu, misalnya sebungkus biskuit, dan dalam hitungan detik – tergantung data base dan koneksi internet kamu sih – di layar kamu akan muncul informasi detail tentang produk itu dalam gambar 3D yang apik. Informasi seperti ingredients dan harga barang di beberapa toko sekaligus bisa kamu ketahui. Jadi bisa pilih-pilih untuk beli di toko mana yang memberi harga lebih murah.

Kalau di Indonesia, memang sepertinya layanan seperti ini masih akan butuh waktu. Sekali lagi, bukan kamera dan HP kamu tidak bisa, tetapi penyedia layanannya yang belum memanfaatkan secara maksimal.

4. Menerjemahkan bahasa

Menerjemahkan bahasa dengan kamera HP? Iya, beneran bisa. Bahkan kamu bisa melihat kata dan huruf di kamera kamu itu secara otomatis berubah bahasanya sesuai dengan pengaturan yang kamu buat.

Jika sebelumnya kamu harus mengetik kata untuk diterjemahkan, dengan aplikasi Google Translate di Android, kamu bisa menggunakan kamera untuk menerjemahkan teks apapun yang di depannya.

Teknologi ini awalnya dimiliki aplikasi Word Lens yang kemudian dibeli oleh Google dan menjadi bagian terintegrasi dalam aplikasi Google Translate.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa menggunakan kamera, kamu juga bisa menggunakan cara biasa – mengetikkan kata – dan juga menggunakan jari tangan seperti stylus. Buat yang belum pernah, silahkan coba.

5. Tahu lebih banyak tentang wine favorit kamu

Mirip-mirip dengan aplikasi ROAR di atas yang fungsinya lebih untuk berbelanja, sekarang kita akan bahas salah satu aplikasi Android yang bagus untuk pecinta wine.

Nama aplikasinya Vivino. Dengan aplikasi ini kamu akan mendapatkan informasi tentang wine yang kamu inginkan, mulai dari tahun pembuatan, vintner, dan vintage.

Jika sebelumnya kamu harus benar-benar menghafalkan semua pengetahuan itu, maka sekarang cukup arahkan kamera HP kamu pada label wine di botolnya, dan Vivino akan memunculkan informasi yang kamu butuhkan. Asyiknya, Vivino bahkan akan memberikan rekomendasi berdasarkan pilihan-pilihan kamu yang sebelumnya.

Aplikasi Vivino ini menyimpan database lebih dari tiga juta wine.

6. Bermain game Augmented Reality

Yang satu ini pasti disukai kamu para gamer. Kamu pasti pernah mendengar atau bahkan mungkin sekarang masih memainkan Pokemon Go.

Masih ingat betapa Pokemon Go membuat para pemainnya keluar rumah dan berburu monster? hNah, seperti itulah kira-kira game yang memanfaatkan teknologi augmented reality ini.

Dan bukan hanya Pokemon Go, ada banyak game augmented reality yang bisa kamu mainkan. Dan semuanya memanfaatkan kamera HP kamu untuk membuat game terasa lebih nyata dan memungkinkan kamu berinteraksi dengan karakter dalam game dengan lebih realistis.

Silahkan cek judul-judul game AR berikut: ARBasketball, Bowmaster, Zombies Everywhere, dan juga TableZombies.

7. Menggunakan kamera HP Android sebagai CCTV

Jangan buru-buru menjual Android kamu jika sudah membeli yang baru. Karena kamu masih bisa menggunakannya sebagai CCTV.

Dengan memanfaatkan aplikasi CCTV gratisan, kamu bisa menggunakannya sebagai kamera CCTV yang bisa diaktifkan dengan motion sensor.

Jadi, kamu bisa memonitor keadaan rumah, kamar, binatang piaraan, atau apapun yang butuh pengawasan.

Nama aplikasinya adalah Manything. Tidak terlalu bagus ya namanya? Tapi jangan salah, fitur-fiturnya luar biasa untuk sebuah aplikasi yang bisa mengubah kamera HP Android menjadi CCTV.

Fitur bagus Manything antara lain adalah pengaturan zona deteksi gerakan, pernyimpanan berbasis cloud, time-lapse, dan live streaming.

Cara menggunakannya juga mudah sekali. Install Manything di HP Android lawas kamu, lalu set sebagai sumber. Install juga di HP Android utama kamu, lalu set sebagai remote viewer dan kontroler. Lalu hubungkan keduanya. Sudah.

8. Menggunakan kamera HP sebagai kaca pembesar

Ini khusus untuk kamu yang berkacamata atau sarankan ini kepada bapak – ibu – kakek – nenek yang suka kelupaan kacamata.

Ketika mereka kesulitan membaca karena huruf yang terlalu kecil seperti pada buku menu di restoran, atau jalur transportasi di terminal, stasiun, atau bandara, anjurkan mereka untuk memotretnya lalu bisa dilihat lebih jelas fotonya dengan di zoom. Tentu bukan memotret dengan zoom, tetapi melihat hasil foto lalu di zoom viewer-nya.

>> baca juga: Samsung Galaxy A series 2017 Kameranya Bagus!!!

Bagaimana?

Apakah kamu sebelumnya sudah sering memaksimalkan kamera HP Android kamu dengan menggunakannya seperti 8 cara diatas? Mana yang paling sering kamu gunakan? Jangan lupa share dan like-nya ya….

Loading...