Melihat Data Statistik Blog dan Web di Google+

Google+ Shows Traffic of your Websites

Loading...
Ini adalah fitur baru dari Google+, sekarang kamu bisa melihat data statistik Blog atau situs yang sudah terhubung dengan profile Google+ yang kamu miliki. Syaratnya, ya jelas kamu sudah menghubungkan profile Google+ yang kamu miliki dengan blog-blog atau website yang kamu miliki. Caranya? Gampang adalah dengan menambahkan authorship tags (atau dengan menambahkan rel=author).

Mau mencobanya? Silahkan pergi ke plus.google.com/authorship/analytic. Kalau kamu beruntung maka kamu akan melihat beberapa data statistik blog kamu seperti berikut ini:

  • impressions (berapa kali postinganmu muncul di halaman pencarian Google)
  • clicks  (berapa kali postinganmu di klik di halaman pencarian tersebut dalam rentang waktu 30 hari terakhir ini
  • data statistik ini juga bisa didapat di setiap halaman web yang kamu sudah buat

baca juga:

Menulis Posting Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Menjadi normor satu di halaman pencarian Google adalah pencapaian SEO yang bagus. Tapi jika jumlah klik yang didapat cuman sedikit maka posisi bagus itu menjadi tidak punya banyak arti lagi. Sekali lagi, ini membuat judul posting dan meta description yang baik menjadi sangat menentukan hasilnya. Silahkan di cek saja, jika impresi yang kamu dapat bagus, tapi angka kliknya rendah, maka sepertinya harus memperbaiki meta deskripsinya, dan memperbaiki judul untuk posting selanjutnya.

Laporan data statisitik di Google+ ini tidak sama persis dengan rangking yang sebenarnya di hasil Google Search. Tapi paling tidak jika impresi kamu bagus, selain bisa jadi agak smbong sedikit, berarti juga bahwa kamu bisa segera mulai melakukan perbaikan untuk membuat blog-mu bisa lebih berhasil lagi, dengan meningkatkan CTR-nya. (Click Through Rate)

baca juga: Membuat Judul Posting Yang Mengundang Traffic

Yang menjadi catatan adalah: bahwa laporan data statistik blog si Google+ ini tidak atau setidaknya belum bisa dinikmati semua orang. Kalau kamu mendapat halaman 404, berarti ya belum. Tunggu saja update Google selanjutnya.

Pertanyaannya, mengapa Google memunculkan data ini di halaman Google+? Bukankah datanya akan mirip atau sama saja dengan Google Web Master?

Atau memang Google mau menyatukan layanan-layanannya di satu portal saja? Bagus juga sih. Bagaimana menurut anda?

(Visited 14 times, 1 visits today)
You might also like
2 Comments
  1. Tarakanulada says

    makasih infonya salam kenal sob,,
    new satelit

  2. Ardi Santoso says

    Mksh sob. Dengan adanya google analytic, kita emang terbantu bngt untuk melihat perkembangan blog kita.
    android-magz

Leave A Reply

Your email address will not be published.