Lupa Password Login Windows 8/8.1, Harus Bagaimana?

Cara reset password login Windows 8 atau 8.1 tanpa software tanpa DVD installer Windows, tanpa installer Linux | Mengapa perlu disebutkan tanpa installer? Ya, karena kita juga bisa menggunakan mereka sebagai alat bantu untuk mereset password login Windows 8 atau 8.1. Jika sekarang anda memiliki installernya, baik dalam bentuk DVD atau bootable Flash Disk, ya silahkan gunakan itu saja.

Ada banyak cara memang. Dan kita bisa memilih cara paling mudah supaya bisa masuk login lagi ke dalam Windows 8 dengan aman dan mudah. Cara yang akan kita bahas kali ini memang tidak memerlukan aplikasi tambahan, harus membakar iso installer atau membuat USB bootable berisi aplikasi atau installer. Anda cukup punya koneksi internet yang stabil. Karena anda tidak bisa menggunakan laptop anda sendiri, maka mau tidak mau harus pinjam atau memakai komputer lain. Sepertinya dengan memakai smartphone berOS Android atau yang lain juga bisa, asal browser yang anda pakai bisa mengakses halaman reset password punya Microsoft dengan baik.
Cara reset password login Windows 8 atau 8.1 tanpa software tanpa DVD installer Windows, tanpa installer Linux

Loading...

Jika kamu lupa password login Windows 8 atau Windows 8.1, ini yang harus dilakukan:

Sebelum kita melangkah lebih lanjut, coba dulu tips berikut ini:

  • cek apakah capslock laptop anda dalam posisi on. Karena password login Windows itu bersifat case sensitive, tentu jika tombol capslock menyala password anda tidak akan diterima. Kalau tiap kali anda login dengan mengetikkan password maka asumsi saya adalah anda tidak benar-benar lupa, hanya meleset sedikit saja dari password yang sebenarnya, dan kemungkinan itu adalah karena tombol paling tidak penting di muka keyboard ini.
  • coba manfaatkan password Hint. Jangan langsung panik ketika Windows 8 anda menolak password yang anda ketikkan, baca dulu pesannya, itulah password Hint. Kalau ternyata tidak bisa membantu, maka, cobalah cara berikutnya…
  • Gunakan laptop atau apapun yang bisa membuka internet. Kalau bisa ya pakai browser yang agak mumpuni jangan pakai Opera Mini. Pakailah browser yang bisa membuka halaman web versi utuh, bukan yang versi mobile. Sudah?
    • kunjungi https://account.live.com/ResetPassword.aspx
    • ikuti langkah-langkahnya di situ, nanti kamu bisa melakukan reset password lama dan menggantinya dengan yang baru. Setelah itu barulah kamu bisa melakukan login menggunakan password baru pada Windows 8/8.1.mereset password Akun Microsoft Account

Apakah cara ini ada kelemahannya?

Emmm, tidak ada. Ini mudah, gratis, nyaman, dan aman. Kecuali kita harus bayar internetnya ya… haha.

Tapi begini, ada juga yang tidak bisa mereset password ini jika sedari mula anda tidak mempunyai akun Windows Live, atau anda menginstall Windows 8/ 8.1 versi bajakan, sehingga akan ada ketidak cocokan dengan yang tersimpan di data base mereka.

Kalau masalah saya sendiri, jadi curhat nih…, adalah saya juga selalu lupa dengan password akun Windows Live. Saking tidak merasa perlu dan jarang sekali memakainya. Lebih ke Google sih, haha…. Semoga anda tidak begitu jadi tips di atas ada gunanya untuk anda.

Bagaimana supaya insiden kelupaan password ini tidak terjadi?

Lewati saja prosedur mengisi password setiap kali login. Sepintas ini saran yang bagus, sederhana, dan mujarab. Tapi ini juga memastikan anda semakin lupa password anda. Haha… Tapi kan tetap bisa masuk ke Windows to? Jadi bukan masalah. Toh, anda tidak memerlukan pengamanan super ketat. Data anda di dalam laptop juga bukan jenis data yang menarik orang untuk sampai mencurinya. Jika anda merasa begitu…, hmmmm… pikirkan lagi… Ok.

Bagaimana cara melewati prosedur mengisi password ketika login Windows?

Jika mau mudah seperti itu, ikuti langkah berikut, tentu setelah anda bisa masuk login Windows loh.

  • Tekan tombol Win+X, pilih Command Prompt (Admin), ketikkan control userpasswords2 dan tekan Enter.
  • Pada jendela User Accounts, hilangkan tanda centang pada “user must enter a username and password to use this computer.” Arahkan ke username yang anda miliki dan klik OK. Akan tampil jendela yang mesti anda isi dengan username beserta password-nya. Setelah terisi dengan benar, simpan, dan selanjutnya anda bisa langsung login tanpa perlu mengisi password pada login screen.

Setelah tahu ternyata mudah sekali untuk mereset password login Windows 8 diatas, masihkah anda merasa perlu itu ada gunanya? Baca ini dech: Mengapa Password Windows Itu Percuma?

update:

Untuk menjawab beberapa pertanyaan yang muncul karena masalah yang pada umumnya terkait dengan akun Windows Live, misalnya:

  • ada banyak orang yang tidak tahu password Windows Live-nya, karena bukan dia sendiri yang menginstall Windows-nya, alias tinggal pakai, jadinya tidak bisa masuk ke akun Windows Live yang digunakan di laptop tersebut.
  • banyak juga yang memang tidak punya akun Windows Live.

Jika kasusnya seperti itu, maka cara reset password login Windows 8 di atas tidak akan bisa digunakan. Untuk mengatasinya, kita pakai cara lain yang mungkin. Kalau saya sih cenderung install ulang Windows-nya, haha…. Rata-rata setiap 6 bulan saya pasti install ulang. Caranya bagaimana?

Silahkan baca:

Jika dengan kedua cara diatas masih gagal juga, ya install ulang saja OS-nya.

Sekedar saran saja, jangan pernah menyimpan data penting anda (file pekerjaan, foto atau video dokumen pribadi, dll) di drive C. Sebaiknya simpan di partisi lain, supaya jika suatu saat OS anda bermasalah, misalnya kena virus yang bandel atau kelupaan password-nya seperti ini, anda bisa dengan cepat melakukan install ulang OS tanpa perlu takut kehilangan data penting.

(Visited 4,541 times, 73 visits today)
Loading...
4 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....