LibreOffice: Aplikasi Office Yang Bagus Pengganti Ms Office Yang Mahal Itu

Share posting ini supaya orang tahu kalau kamu tahu....

Ayo, jujur saja, berapa banyak di antara anda yang menggunakan Microsoft Office bajakan? Hssss! Jangan bilang-bilang ya… Nah, dari pada membajak, sangat lebih bijak, kalau kita memakai aplikasi open source yang gratis. Tidak khawatir dengan fitur-nya, bagus juga kog. Lagian, coba sekali lagi jujur, seberapa banyak sih fitur Ms. Office yang anda gunakan sampai mentok? Kalau hanya untuk urusan formatting paragraph dan semacamnya, aplikasi office yang gratis macam Libre Office ini tidak kalah. Sebelumnya saya terbiasa memakai Open Office, tapi sekarang mulai beralih ke Libre Office. Alasannya?

Sekarang kita ke cara install Libre Office dulu ya…

Bagi yang belum punya file installernya, silahkan Download Libre Office versi terbaru dulu.

Nah, setelah file installer-nya terdownload, silahkan klik dua kali pada file exe atau msi-nya. Silahkan lihat screenshot cara install Libre Office versi terbaru di bawah ini:

Install Libre Office 4.4.2.1-1

Supaya mudah, pilih saja yang tipikal, itu berarti anda akan menggunakan setting isntalasi yang umum, ini paling aman, jika anda tidak merasa perlu melakukan pengaturan lebih. Jika ingin mengatur sedikit, ya pilih Ubahan.

Install Libre Office 4.4.2.1-2

Jika anda pilih Ubahan, maka nanti anda boleh mengubah beberapa hal, seperti bahasa tambahan, dan sebagainya. Karena otomatis sudah berbahasa Indonesia, maka silahkan anda cermati saja pilihannya.

Install Libre Office 4.4.2.1-3

Seperti misalnya mengatur aplikasi default untuk membuka file dokumen dari Microsoft Office ke Libre Office seperti berikut:

Install Libre Office 4.4.2.1-4

Atau barangkali anda mau ada tautan Libre Office di Desktop? Saya sih lebih suka desktop yang bersih tanpa ikon. Ikuti saja seleran anda.

Install Libre Office 4.4.2.1-5

Nah, setelah klik tombol Pasang, maka kita harus menunggu beberapa saat, tidak lama, karena file installernya juga cuman 200an MB.

Install Libre Office 4.4.2.1-6

Selesai. Silahkan klik tombol Selesai. Selamat, anda baru saja selesai menginstall Libre Office di Windows anda. Mudah kan?

Install Libre Office 4.4.2.1-7Install Libre Office 4.4.2.1-8Install Libre Office 4.4.2.1-9Install Libre Office 4.4.2.1-10

File installer-nya kecil, cepat sekali dibuka, tampilan sederhana, fitur melimpah, gratis, apa lagi? Ragu akan ketersediaan template untuk mengetik dokumen-dokumen resmi? Tidak perlu. Ada banyak kog. Asal mau cari saja, haha ….

Masih merasa perlu membajak Microsoft Office? Tidak perlu kan?


(Dibaca 1,060 kali, hari ini 1 kali)
Loading...