dee-nesia
mencari dan berbagi

Keyword Research: Apa Dan Bagaimana Melakukannya Dengan Tool Gratis?

Keyword research itu apa? Keyword research adalah proses mencari keyword atau kata kunci yang akan kita bidik dalam setiap post dan atau blog/situs kita. Lalu apa pentingnya si keyword itu bagi blog anda? Keyword adalah kata atau frase yang dituliskan seorang yang sedang mencari informasi melalui search engine, semisal Google, Yahoo, Bing, atau search engine yang lain.

Nah, inilah pentingnya proses keyword research. Dengan melakukan keyword research secara  efektif, kita bisa mendapatkan keyword yang tepat sasaran. Yang dimaksud dengan tepat sasaran disini adalah kita menemukan keyword yang tidak hanya mendatangkan traffic, tapi juga meningkatkan nilai konversi, peningkatan penjualan, dan tentu saja uang dari blog anda.

Prinsip kerja keyword research adalah menemukan kata keyword yang memiliki HPK/High Paying Keyword bernilai besar (entah CPC atau komisi affiliatenya), tapi dengan kompetisi serendah mungkin.

Berikut adalah beberapa tool gratis untuk melakukan keyword research sebelum membuat blog untuk adsense atau affiliate. Kalau blog anda sudah jadi bagaimana? Tool gratis untuk melakukan keyword research ini tetap bisa kita gunakan kog, meski mungkin hasilnya akan sedikit berbeda. Mengingat search engine menganggap nama blog yang mengandung keyword itu lebih baik dibanding yang tidak.

Bagaimana melakukannya?

Lakukan brainstorming ‘ide’ yang kira-kira anda suka, dan pastikan dalam 6 bulan kedepan anda masih betah untuk mengelola garapan yang sama. Buat daftar 20 kata atau frase dari topik yang benar-benar anda minati saja. Kalau anda tidak berminat dengan yang anda akan bahas, walah, 1 bulan juga sudah males mengurusnya.

Keyword Research
Keyword Research

Mencari jumlah pengguna internet yang melakukan pencarian keyword anda

Kita bisa andalkan Google Keyword Tool External. Dari hasil yang anda dapat, teruskan jika:

  1. Jumlah pencarian perbulannya lebih dari 5000
  2. Pencari keyword tersebut hendak belanja sesuatu atau mencari jasa dan tidak cuma mencari informasi
  3. Ada banyak PPC (iklan pay per klik) Lihat dengan Google Ads Preview Tools. Meskipun iklan yang sedikit tidak berarti tidak profitable, bisa jadi tidak diketahui orang potensinya.

Mencari tingkat persaingan keyword anda

Untuk mengetahui tingkat persaingan dari keyword yang akan anda hadapi, kita tidak perlu tool aneh-aneh, cukup dengan Google. Masukkan kata kunci yang sudah anda dapat dari Google Keyword Tool External. Lalu amati, jumlah halaman yang muncul.

Jika hasilnya lebih dari 1 juta halaman, berarti peluangnya lumayan. Semakin sedikit semakin bagus. Syukur kalau hanya berkisar 100 ribu – 200 ribu. Kalau bisa dapat di bawah dari seratus ribu halaman kompetisi, maka kita tidak perlu bekerja terlalu berat untuk mengoptimasi blog atau halaman anda untuk katakunci tersebut lebih ringan).

Persaingan yang akan kita hadapi akan menjadi luar bisaa berat kalau lawan main kita memiliki brand besar, contohnya BMW, NOKIA, NIKE, COCA COLA dan sebagainya. Setelah itu, periksa traffic individual situs yang sekarang sudah nongkrong di Google untuk kata kunci tersebut.

SEO Research

Untuk melihat seberapa tangguh saingan kita, kita bisa mencari seberapa banyak orang yang BENAR-BENAR berebut keyword yang sama dengan keyword yang kita tembak. Ini bisa dilakukan dengan memeriksa Title Tag mereka. Caranya, kembali dengan menggunakan Google, ketik: allintitle:”keywordanda”.

Untuk efektifnya, kita cukup memperhatikan website/ blog yang muncul di halaman pertama Google saja. Periksa juga backlink, page rank, dan umur domainnya.

Tools Tambahan Melakukan Keyword Research:

  1. Google Trend: untuk mengetahui yang sedang trend di internet.
  2. Free Keyword Wordtracker: alternatif Google Keyword External yang juga canggih banget. Selain itu, tool yang satu ini mempunyai plugin yang bisa kita pakai langsung di Mozilla Firefox.

Kalau sudah selesai terus bagaimana?

Seperti penjelasan di awal tadi, keyword research adalah langkah awal sebelum kita memutuskan membuat blog atau website. Kalau blog tersebut sudah jadi, kita bisa mengoptimasi blog tadi dengan menggabungkan data yang kita peroleh tadi dengan berbagai teknik SEO demi berhasilnya blog tersebut. Sumber: Blogger Speed

Loading...
(Visited 79 times, 1 visits today)