dee-nesia
mencari dan berbagi

Kawasaki Ninja H2R Mencapai 400 km/jam di Jalanan Umum [Video]

Kawasaki Ninja H2R memang didesain untuk melaju pada kecepatan tinggi. Untuk ukuran sepeda motor balap, Ninja H2R memang berbeda. Ketika kebanyakan motor balap berkekuatan sekitar 200an hp, Kawasaki Ninja H2R seharga 675 jutaan ini punya tenaga 300 hp untuk berlari kencang. Untuk track lurus, motor balap satu ini sanggup dipacu sampai sekitar 400 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 30 detik.

Ok, Kawasaki Ninja H2R memang cepat. Pertanyaannya, siapa yang berani melaju secepat itu di atas sepeda motor?

Adalah pembalap Kenan Sofuoğlu yang membuktikan dengan mengendarai H2R sampai 249 mil per jam atau 400an km/jam (tepatnya 398,4 km/jam). Dia melakukannya di atas jembatan Ozman Gazi atau juga dikenal sebagai Izmit Bay Bridge di Turki.

Dengan tenaga dan kecepatan seperti itu, tidak heran kalau Kawasaki H2R ini tidak boleh dikendarai di jalanan umum. Kalau mau, silahkan beli versi Ninja H2 saja, yang tenaganya sekitar 200 hp. Kalau tidak percaya, silahkan baca di Official Website Kawasaki Ninja H2R.

Siapa sih Kenan Sofuoğlu?

Kebanyakan orang memang tidak pernah mendengar nama pembalap satu ini. Tapi buat teman-teman yang hobi balap, atau minimal sering mengikuti berita di dunia balap motor pasti tahu.

Kenan Sofuoğlu adalah seorang pembalap yang sering memenangi balapan World Supersport Series. Saat ini dia memegang rekor kecepatan H2R di jalanan tertutup. Dalam 26 detik, dia membawa Kawasaki Ninja H2R melaju sampai 249 mph.

Kawasaki Ninja H2R

Dalam sebuah wawancara dengan WorldSBK, kecepatan maksimal Kawasaki H2R adalah 236 mph (380 km/jam), dan menjadi mimpi dari Kawasaki untuk melihat ada seseorang yang bisa membawanya sampai 249 mph. Dan Sofuoğlu membuat mimpi itu menjadi nyata. Dan bahwa Sofuoğlu melakukannya di jalanan umum (yang ditutup), bukan di lintasan balap, membuat rekor kecepatan ini semakin berkesan.) sumber: http://www.autoblog.com/

Kalau videonya tidak muncul, silahkan lihat di https://www.facebook.com/sofuoglu/videos/10153669077399599/

Seberapa sulit sih menyetir motor secepat itu?

Mungkin ada dari teman-teman yang bertanya, apa sulitnya menyetir Kawasaki Ninja H2R sampai 400 km/jam diatas jembatan yang sengaja ditutup dan lintasan yang lurus tanpa halangan?

Bisa dipastikan Kenan Sofuoğlu beserta tim telah memastikan lintasan, dalam hal ini jembatan Ozman Gazi, berada dalam keadaan steril, baik dari kendaraan lain, orang, dan sampah yang mungkin mengganggu. Bahkan pasti sudah memperhitungkan angin yang mungkin membuat laju H2R tidak stabil, utamanya angin dari samping. Apa sulitnya?

Dengan kemampuan mesin dan desain aerodinamis Kawasaki Ninja H2R yang sepert itu, dengan jalanan yang hampir sempurna, dengan lingkungan yang terkontrol. Tinggal tarik gas sampai mentok saja kan?

Ternyata tidak semudah itu saudara-saudara.

Mudahnya begini, setiap kali ada dua kali kecepatan bertambah, maka hambatan angin akan berlipat empat kali.

Jadi, buat yang pernah melaju di sepeda motor dengan kecepatan 100 km/jam, maka pada kecepatan setinggi yang dicapai Kenan, hambatan anginnya 16 kalinya. Bisa bayangin angin yang akan menghantam muka dan badan kan?

Loading...

Sudahlah, kalau membayangkan saja sudah bikin merinding – selain karena harganya yang bikin geleng kepala – mending cari yang aman saja. Sepeda motor bebek untuk keluarga nan irit, hehe…. Maksud saya Honda Supra GTR 150. Pasti aman dari resiko dimarahi istri, hehe….

(Visited 77 times, 1 visits today)