Intel Pentium Silver N6000

Intel Pentium Silver N6000 adalah prosesor quad core dari generasi Jasper Lake yang utamanya dibuat untuk laptop murah yang diumumkan pada awal 2021. Ada 4 buah inti CPU Tremont yang bekerja pada frekuensi antara 1,1 sampai dengan 3,3 GHz. Intel Pentium silver 6000 ini menggunakan 1,5 MB L2 dan 4 MB cache. Proses manufaktur yang digunakan sama dengan yang digunakan pada generasi Ice Lake, yaitu 10 nm generasi pertama.

Arsitektur Jasper Lake

Intel menyebut arsitektur yang digunakan pada Jasper Lake sebagai Tremont. Rupanya Intel melakukan perubahan desain arsitekturnya secara total jika dibandingkan dengan arsitektur Golmont Plus yang digunakan pendahulunya.

Intel menyatakan bahwa arsitektur baru sanggup meningkatkan kinerja thread tunggal dari masing-masing intinya sampai rata-rata 30%. Hasil keseluruhan tes SPECint dan SPECfp menunjukkan peningkatan antara 10 sampai 80%.

baca juga: Review dan Spesifikasi Teknis Intel Pentium Gold 6405U

Intel Pentium Silver N6000

Fitur-fitur Intel Pentium Silver N6000

Untuk melengkapi kinerjanya, Pentium Silver N6000 membawa GPU berupa Intel UHD Graphics dengan 32 execution unit yang bekerja dari frekuensi 350 sampai 850 MHz.

Unit pengolah grafis ini kinerjanya sudah mencukupi untuk kegiatan sehari-hari, seperti streaming video Full HD atau bahkan 4K dengan lancar. Tetapi tidak disarankan untuk bermain game kompetitif.

Game DOTA 2 Reborn rilisan 2015 masih bisa dimainkan dengan lancar dengan setting grafis rata kiri. Tomb Raider 2013 juga masih bisa cukup lancar. Untuk judul-judul game versi terbaru, GPU Intel UHD Graphics Jasper Lake 32 EU ini sudah sangat keteteran.

Selain GPU yang kinerjanya cukup baik untuk harian tadi, Intel Pentium Silver N6000 mendukung penggunaan modul RAM dual-channel DDR4 atau quad-channel LPDDR4x, sehingga secara teori bisa menghandle RAM sampai 16GB pada 2933 MHz.

Di dalam chip Pentium Silver N6000 ini juga sudah tertanam modul WiFi 6 (Gig+), 8 jalur PCIe 3.0, 12 port USB 2.0/3.2, dan dua port SATA 6.0.

Dimensinya sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya menjadi 32 x 24 mm (N5030 berukuran 25 x 24 mm). Biasanya, vendor laptop secara langsung menyolder Pentium Silver N6000 ini pada motherboard (BGA) sehingga relatif tidak mudah untuk melakukan penggantian.

baca juga: Intel Core i3-1115G4 Dual Core Processor Irit – Bisa Diajak Main Game?

Performa

Dengan arsitekturnya yang baru, N6000 Jasper Lake memiliki kinerja yang lebih baik dari Pentium N5030. Tetapi tentu saja, masih dibawah processor Intel seri Core dari generasi Tiger Lake. Kurang lebih, Intel Pentium Silver 6000 setara dengan AMD Athlon Gold 3150U atau AMD Ryzen 3 3200U.

Jika sekarang Anda menggunakan laptop dengan processor jadul macam Intel Core i3-5005U seperti saya, tetapi anggaran masih terbatas, maka upgrade ke laptop yang menggunakan Intel Pentium Silver N6000 ini akan cukup terasa efeknya. N6000 16% lebih cepat dan stabil dibanding i3-5005U.

Dengan kinerja seperti ini, maka Intel Pentium Silver N6000 lebih cocok digunakan pada laptop yang penggunaannya lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan harian, seperti mengedit dokumen di aplikasi Office, browsing internet, dengan multitasking ringan.

Aplikasi desain grafis dan video editing masih bisa dijalankan, selama pengguna tidak menggunakan versi terbaru. Premiere, Illustrator dan Photoshop CS 6 masih bisa dijalankan dan diajak bekerja dengan lancar – selama layer dan efek yang digunakan masih tidak terlalu kompleks. Mengedit dan render video resolusi Full HD masih cukup lancar). Kalau untuk edit dan render video 4K – ya janganlah…., berat pakai banget.

Sekiranya mungkin, pastikan laptop Anda menggunakan RAM minimal 8GB dual-channel, dan SSD yang kecepatan baca-tulisnya jauh lebih cepat dari hard disk konvensional.

baca juga: Intel Core i5-1135G7 Intel Generasi Tiger Lake UP3 Sanggup Gaming dan Content Creation

Power Consumption

Tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, Intel Pentium Silver N6000 ini juga dibuat dengan mengutamakan efisiensi daya yang bagus. Dengan TDP hanya 6 Watt, processor quad-core ini bisa digunakan dengan hanya mengandalkan pendingin pasif tanpa kipas. Meskipun tidak menutup kemungkinan penggunan pendingin aktif yang akan lebih baik memperpanjang usia pakainya.

Disclaimer:

Artikel tentang Intel Pentium Silver N6000 ini adalah terjemahan dengan perubahan dari artikel asli yang bisa Anda baca di www.notebookcheck.com.

Laptop yang menggunakan Intel Pentium Silver N6000

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.