Intel Core i7-8550U Processor Laptop dan Ultrabook Irit Tetap Gegas Kaby Lake Refresh

0
16

Intel Core i7-8550U adalah processor quad-core untuk laptop dan ultrabook dari generasi Kaby Lake Refresh. Processor hemat daya ini diumumkan pada bulan Agustus 2017. Saat ini, anda bisa menemukan i7-8550U terpasang di seri laptop dan ultrabook kelas menengah.

Dibandingkan dengan pendahulunya, seperti Intel Core i7-7500U dan i5-7260U – yang masih dual-core, Intel i7-8550U ini menggunakan empat inti (quad-core) tetapi bekerja pada frekuensi kerja yang lebih rendah, yaitu 1.8 GHz. Belum ada keterangan apakah ada fitur Turbo Boost, tetapi bisa sampai setidaknya antara 3.7 – 4 GHz, sehingga masih bisa memberikan kecepatan kerja yang tinggi untuk waktu terbatas pada single-core.

Untuk IGP yang menyertainya, sekarang diberi nama Intel UHD Graphics 620 – meskipun terlihat sama persis dengan Intel HD Graphics 620.

Memory controller terintegrasinya mendukung DDR4-2400 / LPDDR3-2133 dan dual channel memory.

Intel Core i7-8550U
Intel Core i7-8550U adalah processor quad-core untuk laptop dan ultrabook dari generasi Kaby Lake Refresh.

Arsitektur

Pada dasarnya, Intel masih menggunakan micro architecture yang sama dengan Skylake, sehingga hampir tidak ada perbedaan kinerja yang signifikan pada tingkat kecepatan yang sama. Yang dilakukan Intel hanyalah perbaikan pada teknologi Speed Shift supaya penyesuaian antara voltase daya dan kecepatan kerja bisa lebih cepat secara dinamis dilakukan. Selain itu, proses 14nm yang telah ditingkatkan juga mengijinkan pencapaian kecepatan kerja yang lebih tinggi dengan efisiensi yang lebih baik dari sebelumnya.

Kinerja

Seperti juga yang terjadi pada processor lain, kinerja Intel Core i7-8550U juga sangat bergantung pada desain dan efisiensi sistem pendingin pada unit laptop dan juga pembatasan TDP untuk jangka tertentu. Sehingga, kemungkinan pengguna harus bersiap mengantisipasi ada penurunan kecepatan dan kinerja setelah unit digunakan untuk bekerja relatif berat dalam waktu lama.

Kurang lebih, Intel Core i7-8550U bekerja secepat Intel Core i5-7440HQ. Untuk kinerja single-thread, Turbo Boost sejatinya bisa sangat membantu untuk mendapatkan skor yang tinggi.

Grafis

IGP terintegrasi yang berupa Intel UHD Graphics 620 (Intel Gen 9.5) sepertinya adalah versi lain dari chip grafis processor Intel generasi ke delapan Kaby Lake dengan sedikit atau tanpa perubahan apapun. Kinerjanya cukup bagus. Dengan dukungan memory dual-channel yang cepat, dia bisa disandingkan dengan GPU diskrit NVIDIA GeForce 920M.

Intel UHD Graphics 620 juga telah mendukung H.265/HEVC Main 10 dengan kedalaman warna 10-bit dan juga codec VP9 dari Google. HDCP 2.2 juga didukung.

baca juga: Intel UHD Graphics 620 Benar-benar Ada Perubahan atau Cuman Ganti Nama

Kebutuhan Daya

Intel Core i7-8550U dibangun dengan menggunakan proses 14nm dengan FinFET transistors (14nm+), sama dengan processor Intel generasi ke-7 Kaby Lake. Intel masih menggunakan batasan TDP 15 Watt seperti pada processor ULV-nya yang lain. Processor ini bisa menyesuaikan kebutuhan dayanya dengan cepat sesuai dengan kebutuhan tugas yang dijalankan untuk penghematan daya. Sehingga TDP-nya bisa sampai serendah 7.5 Watt dan paling tinggi sampai 25 Watt.

baca juga: Intel Core i5-8250U Processor Intel Generasi 8 Semakin Irit Daya

disclaimer:

Artikel ini adalah terjemahan dengan banyak perubahan dari artikel asli yang bisa anda baca di sini: https://www.notebookcheck.net/

Loading...

BERI BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.