Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Intel Core i5-7200U Peningkatan di Fitur Hemat Baterai Pada 4K Video

Intel Core i5-7200U adalah bagian dari keluarga processor generasi ke tujuh dari Intel yang lebih dikenal dengan sebutan “Kaby Lake.” i5-7200U sendiri adalah processor kelas menengah bareng dengan kelas bawahnya Intel Core i3-7100U dan kelas yang lebih tinggi Intel Core i7-7500U.

Secara umum, Intel tidak membawa perubahan atau upgrade yang terlalu signifikan pada Kaby Lake dibandingkang generasi ke enam Skylake. Baik dari sisi peningkatan clock speed maupun GPU bawaan. Skylake membawa Intel HD Graphics 520, sementara Kaby Lake membawa Intel HD Graphics 620.

Yang terlihat lumayan signifikan adalah perbaikan pada kinerja keseluruhan pada saat memainkan video Ultra HD (4K) yang beresolusi tinggi, dengan baterai yang jauh lebih bisa dihemat.

Ini cukup masuk akal, melihat trend penggunaan perangkat laptop saat ini lebih banyak digunakan untuk menikmati konten video dengan resolusi tinggi 4K. Mulai dari streaming video 4K di youtube yang semakin jamak, berkembangnya perangkat smartphone dengan kamera berkemampuan merekam video sampai 4K, dan juga beragam format video yang mendukung resolusi sebesar itu.

Intel Core i5-7200U vs i5-6200U

Clock speed dasar Intel Core i5-7200U adalah 2.5 GHz dengan kemungkinan bisa ditingkatkan sampai 3.1GHZ dengan mengaktikan fitur TurboBoost. Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Intel Core i5-6200U misalnya, memiliki kecepatan kerja dasar 2.3 GHz. Kalau TurboBoost diaktifkan bisa mencapai 2.8 GHz.

Secara teknis, kedua processor ini (i5-7200U dan i5-6200U) memang dibangun dengan basis yang sama. Mereka sama-sama masih menggunakan 14nm FinFET punya Intel. Dengan optimasi yang dilakukan, Intel berhasil meningkatkan clock speed-nya 300 MHz lebih tinggi.

Spesifikasi Intel Core i5 Generasi ke Tujuh
Intel Core i5 Generasi ke Tujuh

Dengan perbedaan setipis ini, pengguna normal tidak akan merasakan perbedaan kinerja yang besar dari kedua seri processor ini. Jadi, bisa dibilang, untuk pengguna rumahan, belum terlalu penting untuk melakukan upgrade laptop atau merasa laptop Skylake anda yang sekarang itu ketinggalan jaman.

Jika anda menginginkan kinerja yang lebih baik, pertimbangkan saja untuk melakukan upgrade hard disk ke SSD yang jauh lebih cepat akses datanya. Demikian juga dengan modul RAM, silahkan cek bila laptop anda sudah mendukung modul RAM DDR4 untuk melakukan upgrade. Untuk saat ini, rasanya laptop dengan RAM 8GB itu sudah bukan sesuatu yang bisa membuat anda berdecak dan bilang ‘wow.’ Kan?

Selain storage dan RAM, memang ada faktor lain yang bisa membantu processor bekerja dengan lebih maksimal, seperti tambahan GPU diskrit dan desain pendingin yang bagus. Tapi itu semua tidak sangat besar pengaruhnya dibandingkan dengan tipe storage yang digunakan.

Untuk kinerja komputasi yang agak berat, seperti transcoding video dan mengaplikasikan filter pada aplikasi editor foto, perbedaan i5-6200U dan i5-7200U juga tidak terlalu besar. Ada beda sih, tapi tidak signifikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga Intel Core i5-6200U, Benarkah Lebih Hemat Tapi Tetap Tangguh?.

Bagi pengguna normal yang lebih banyak menggunakan laptop untuk web browsing, streaming online video dengan resolusi full HD, atau mengerjakan tugas kantoran dengan Microsoft Office, Intel Core i5-7200U ini benar-benar pilihan bagus.

Bukan karena dia bisa membantu anda mengetik lebih cepat dan bebas typo, wkwkwk…, tetapi lebih karena i5-7200U bisa melakukan manajemen daya dengan sangat efisien ketika anda bekerja serius seperti itu.

Ketika digunakan untuk menjalankan file video 4K Ultra HD, Intel tidak bohong bahwa mereka memang telah berhasil melakukan optimasi sehingga penghematan daya baterai bisa sangat efisien.

Ini terjadi bukan hanya ketika digunakan untuk memutar file video 4K Ultra HD yang sudah disimpan lokal di laptop, tapi juga ketika streaming video 4K dari internet melalui browser.

Streaming UHD video dari Youtube melalui browser Microsoft Edge dan juga Google Chrome bisa berjalan dengan sangat mulus pada i5-7200U ini, dengan CPU load hanya sekitar 2 persen saja. Dan ini juga terjadi sama, ketika video diputar dengan Windows Media Player yang bisa memutar dengan sempurna video pada kecepatan 25, 30, dan 60 fps.

Masalah baru terjadi ketika video diputar dengan menggunakan Gom Player dan VLC Media Player yang ternyata gagal memutar dengan lancar video 4K dengan 60 fps. Sepertinya mereka yang bermasalah, bukan i5-7200U-nya. Karena nyatanya video 4K 60 fps bisa diputar sempurna oleh Windows Media Player.

Bagaimana kalau Intel Core i5-7200U untuk bermain game?

Lebih tergantung dengan game macam apa yang hendak anda mainkan dengan Intel Core i5-7200U ini. Jika anda berniat main game rilisan terbaru yang menuntut GPU yang benar-benar tangguh, maka adalah bijak jika i5-7200U ini didukung dengan dedicated video card yang benar-benar bagus.

Intel HD Graphics 620 yang bawaan standar pengolah grafis processor seri Kaby Lake sebenarnya tidak jelek-jelek amat. Tapi memang dia tidak dirancang untuk main game berat. Titik fokusnya bukan disitu. GPU ini dibuat lebih untuk memaksimalkan penggunaan laptop yang normal sembari menjaga efisiensi penggunaan daya baterai.


Namun, buat anda yang tetap pingin main game dengan hanya mengandalkan i5-7200U dengan Intel HD Graphics 620, jangan terlalu berkecil hati, karena banyak sekali game populer sekarang yang bisa dimainkannya dengan lancar. Semisal League of Legends, Minecraft, atau Counter Strike. Buat pecinta game simulasi sepak bola juga bisa memainkan game FIFA atau dengan lancar pada setting maksimal. Jangan lupa share dan like-nya ya….

Laptop baru dengan Intel Core i5-7200U

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 162 kali, hari ini 1 kali)
Loading...