dee-nesia
mencari dan berbagi

Intel Core i5-6200U Dengan HD Graphics 520 Skylake Tangguh dan Irit

Intel Core i5-6200U adalah processor ULV (ultra low voltage) dual-core SoC dengan arsitektur Skylake. Seri terbaru processor dari Intel ini dirilis pada bulan September 2015. Anda akan menemukannya menjadi otak dari ultrabook maupun laptop terbaru. Sebagai tambahan bagi dua inti CPU-nya yang punya fitur Hyper-Threading pada kecepatan 2.3 – 2.8 GHz, chip ini juga terintegrasi dengan Intel HD Graphics 520 sebagai GPU-nya dan juga memory controller dual-channel DDR4-2133/DDR3L-1600. Seperti juga seri Skylake yang lain, Intel Core i5-6200U ini dibuat dengan proses 14nm dengan FinFET transistor.

Arsitektur

Skylake dirilis untuk menggantikan seri Haswell dan Broadwell dan membawa mikroarsitektur yang sama dengan TDP mulai 4.5 sampai 45 W. Peningkatan kinerja arsitektur Skylake utamanya ada pada penambahan buffer our-of-order, optimasi prefetching dan branch prediction dan juga fitur Hyper-Threading yang lebih baik. Secara keseluruhan, didapat peningkatan kinerja 5 sampai 10 % lebih baik dari Haswell, tapi sekitar 5% dibawah Broadwell.

Kinerja

Berkat clock rate yang telah dispesifikasikan dan arsitektur yang lebih baik, Intel Core i5-6200U bisa bekerja sedikit saja dibawah Core i7-5500U (Broadwell, 15 W). Jadi, seharusnya, CPU ini punya kinerja yang sangat cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis Office dan multimedia dan juga ketika perlu untuk bekerja dengan aplikasi yang agak berat dan multitasking.

Loading...