Intel Core i3-7020U

0
2

Intel Core i3-7020U adalah prosesor dual-core 64-bit dari generasi Kaby Lake yang dibuat untuk laptop kelas entry. Intel mengumumkan kehadiran versi Kaby Lake ekonomis ini pada kwartal kedua 2018 lalu.

Intel Core i3-7020U memiliki dua inti CPU yang bekerja pada kecepatan 2.3 GHz tanpa fitur Turbo Boost, tetapi masih membawa teknologi HyperThreading untuk bisa bekerja sampai dengan maksimal 4 thread dalam satu waktu berbarengan.

Intel tidak membuat perubahan atau peningkatan yang terlalu jauh dibandingkan dengan generasi Sky Lake yang digantikannya, terutama pada prosesor kelas entry, sehingga, kalau mau dibandingkan, sebenarnya kinerja Kaby Lake dan Sky Lake sangat mirip untuk setiap MHz-nya.

Intel Core i3-7020U
Intel Core i3-7020U

SoC Intel Core i3-7020U ini mendukung dual channel DDR4 memory controller, dan juga kartu grafis terintegrasi (IGP) berupa Intel HD Graphics 620 yang menjadi IGP standar untuk semua lini prosesor Kaby Lake.

Intel HD Graphics 620 sendiri bekerja pada kecepatan antara 300 sampai 1000 MHz. Secara kinerja, IGP ini cukup tangguh untuk menangani grafis ringan sampai sedang dengan baik. Pengguna masih bisa bermain banyak judul game dengan setting rata kiri atau maksimal tengah.

Untuk detailnya, silahkan baca di Intel HD Graphics 620, Sekadar Ganti Nama atau Memang Ada Peningkatan Kinerja?

Intel Core i3-7020U dibangun dengan manufaktur 14nm FinFET yang telah ditingkatkan dengan perhatian utama pada peningkatan efisiensi daya untuk setiap proses yang dilakukan.

Jika dibandingkan dengan i3-7200U, maka i3-7020 memiliki kecepatan 100MHZ lebih rendah, sehingga kinerjanya hanya sesuai dikelompokkan sebagai anggota seri Core 3 yang paling bawah.

Ini keputusan yang bagus, karena dengan begitu, TDP Intel Core i3-7020U bisa lumayan jauh ditekan – menjadikannya sangat pas digunakan pada laptop entry yang lebih mementingkan efisiensi untuk komputasi lebih lama daripada kecepatan kerja yang tinggi.

Pada dasarnya, Intel lebih memprioritaskan pada efisiensi tenaga. Teknologi Speed Shift yang digunakan Intel cukup berhasil membuat i3-7020U ini bisa menyesuaikan kebutuhan voltase dengan kecepatan proses, sesuai dengan kebutuhan. Manufaktur 14nm membuatnya bisa bekerja lebih cepat pada kebutuhan daya yang sama dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk detail spesifikasi teknis Intel Core i3-7020U, silahkan baca di sini: https://ark.intel.com/

Seberapa bermanfaat artikel ini bagi kamu?

Klik bintangnya ya....

Rating rata-rata / 5. Vote count:

Jadilah yang pertama memberi bintang artikel ini!!!

Wadew... maaf ya kalau artikel ini kurang bermanfaat buat kamu

Kalau ada yang perlu diperbaiki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.