Intel Celeron N4020 Processor Laptop Yang Bagus? Ini Spesifikasinya

Processor Intel Celeron N4020 adalah sebuah SoC dual-core yang dibuat untuk laptop murah kelas entry. Intel mengumumkannya pada akhir 2019. Dibuat berdasarkan pada arsitektur Gemini Lake (refresh) dan bekerja pada kecepatan 1,1 sampai 2,8 GHz (single core burst). Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Celeron N4000, N4020 menawarkan kecepatan lebih tinggi 200 MHz.

Di kelasnya, Celeron N4020 bisa dikategorikan sebagai processor laptop yang bagus, meski agak sulit untuk disebut sebagai yang terbaik. Irit daya dan bisa digunakan cukup dengan pendingin pasif alias tanpa kipas, menjadikannya sebagai processor Intel yang sangat populer untuk laptop kelas entry 3-5 jutaan.

Hampir sama dengan generasi Apollo Lake, proses manufakturnya masih mengandalkan proses 14nm dengan FinFET, dengan perbaikan pada masing-masing intinya, menggandakan kapasitas L2 cache, bentuk fisik yang lebih ringkas, mendukung generasi baru monitor output (Gen 10) dan chip WiFi terintegrasi.

Selain dua intinya, processor Intel hemat daya ini juga membawa IGP dengan kemampuan DirectX 12, dan kontroler memory DDR4/LPDDR4 dual-channel sampai 2400 MHz.

Untuk penggunaannya, SoC ini secara langsung di solder pada mainboard laptop alias tanpa socket. Sehingga, memerlukan perlakuan khusus untuk melepasnya.

baca juga: Intel Celeron N4500 Processor dual-core Irit Daya Untuk Laptop Merah Putih

Arsitektur Goldmont Plus Intel Celeron N4020

Intel masih menggunakan arsitektur Goldmont yang sekarang diberi tambahan label Plus, untuk menandakan sedikit perubahan yang diberikan Intel. Dibandingkan dengan versi Goldmont yang digunakan pada Apollo Lake, Intel menambahkan kapasitas L2 cache-nya menjadi 4GB. Efeknya cukup bagus, meski tidak secara signifikan, tidak sampai bisa mendekati kinerja dari seri Core, seperti Kaby Lake Y.

Kinerja Intel Celeron N4020

Kinerja Celeron N4020 sedikit lebih baik dibanding pendahulunya, Celeron N4000, berkat clock boost yang lebih tinggi 200 MHz – setidaknya untuk single core. Sementara saudaranya, N4120 menawarkan inti yang lebih banyak (quad-core), sehingga lebih baik untuk penggunaan multithreaded. Jika dibandingkan dengan processor dari seri Y, kinerja Gemini Lake masih tetap lebih rendah.

Begitupun jika Anda membandingkannya dengan Intel Celeron 4205U yang juga sangat populer itu, N4020 ini masih berada di bawahnya. Meskipun kecepatan burst-nya lebih tinggi, tapi performanya masih tetap dibawah Intel Celeron N4205U yang sudah mendukung render video resolusi 4K pada clock 900 MHz dan dukungan memori video sampai 32 GB.

Meskipun begitu, N4020 ini adalah processor laptop yang bagus dan masih sangat mampu untuk kegiatan komputasi harian – dan yang jelas, Celeron N4020 lebih irit baterai.

Kinerja IGP Intel UHD Graphics 600

Intel Celeron N4020 menggunakan UHD Graphics 600 (Gemini Lake) berbasis pada arsitektur Intel Gen9, sudah mendukung DirectX 12. UHD Graphics 600 ini juga dipakai pada IGP pada Kaby Lake / Skylake / Apollo Lake, seperti HD Graphics 520.

Dilengkapi dengan 12 EU dan bekerja pada kecepatan 650 MHz, kinerja grafisnya kurang lebih sama dengan HD Graphics 500 dari generasi Apollo Lake. Dukungan pada advanced video engine dan dukungan hardware untuk memainkan format video VP9 dan H.265 pada 8bit cukup menjanjikan Anda bisa menikmati konten video resolusi tinggi dengan lancar.

TDP Intel Celeron N4020

Sama dengan generasi sebelumnya, Intel menetapkan TDP Celeron N4020 setinggi 6 watt. Dengan kebutuhan daya serendah ini, maka sangat dimungkinkan untuk memakai Intel Celeron N4020 tanpa kipas alias berpendingin pasif.

Disclaimer:

Artikel ini adalah terjemahan dengan penyesuaian berdasarkan artikel asli yang bisa Anda baca di NotebookCheck.

Kesimpulan

Intel Celeron N4020 adalah salah satu processor laptop yang bagus, murah, dan hemat tenaga. Dengan TDP sebesar 6 watt, kinerjanya tentu saja tidak sebagus processor dengan TDP yang lebih tinggi, seperti misalnya Intel seri Core U ataupun AMD Ryzen seri U.

Meskipun begitu, processor ini menjadi solusi terbaik untuk pengguna yang lebih membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai yang awet dan laptop murah untuk WFH, laptop untuk anak sekolah, atau laptop terbaik untuk nonton drakor.

Akan sangat menyiksa laptop dengan Intel N4020, jika Anda menggunakannya untuk komputasi yang berat, seperti mengedit video atau bermain game AAA.

Kinerjanya sudah sangat cukup untuk komputasi harian, seperti mengedit dokumen di Word, Excel, Power Point, Google Docs, atau aktif mengikuti webinar dan sekolah online via Zoom atau Google Meet.

Jika Anda ngeyel ingin main game, silahkan dicoba saja, memainkan game yang ringan atau versi jadul-nya saja.

Daftar laptop dengan Intel Celeron N4020

Asus E210MA

Harga Rp 3,8 jutaan
BELI DI SHOPEE Baca Review

Spesifikasi Asus E210MA ini mirip banget dengan Asus E410MA, kecuali layarnya yang lebih kecil di 11,6 inci. Dengan form factor lebih mungil dan ringkas, Asus E210MA ini sangat cocok digunakan untuk pelajar SMP sampai SMA. Baterainya relatif awet – bisa bertahan antara 6 sampai 8 jam untuk penggunaan normal.

Dengan RAM bawaan 4GB yang masih bisa diupgrade dan SSD 256GB yang cepat, laptop Asus E210MA ini masih menjadi laptop untuk anak sekolah terbaik tahun ini.

Dan sama dengan E410MA, si kecil ini juga punya numpad yang ditempatkan pada touchpad-nya, fitur yang biasanya hanya hadir di laptop Asus kelas menengah ke atas.

Asus A409MA BV411T

Harga Rp 5,4 jutaan
BELI DI SHOPEE Baca Review

Laptop Asus A409MA dengan N4020 ini punya beberapa varian yang dibedakan dari RAM (4GB atau 8GB), dan storagenya (SSD 256GB atau HDD 1TB). Biasanya yang versi RAM 4GB pakai HDD 1TB, sementara yang versi RAM 8GB, storagenya pakai SSD 256GB.

Sementara spesifikasi lainnya mirip-mirip: backlit keyboard, layar 14 inci resolusi HD, fingerprint sensor, port USB Type-C, HDMI, dan gratis Windows 10 Home x64 yang bisa diupgrade ke Windows 11, serta Office Home and Student 2019 yang sudah terinstall di dalamnya – tinggal diaktifkan saja.

Saran dari dee-nesia sih, mending ambil yang versi RAM 8GB dengan SSD 256GB, kinerjanya akan terasa lebih gegas. Windows 10 dengan RAM 4GB itu terbatas, terlebih kalau sudah dapat upgrade ke Windows 11. SSD juga sangat membantu kinerjanya secara keseluruhan. Paling tidak, RAM 8GB dan SSD-nya tidak akan menguras emosi ketika perlu membuka banyak aplikasi atau tab di browser.

Asus E410MA

Harga Rp 5,2 jutaan
BELI DI SHOPEE Baca Review

Sampai sekarang, laptop Asus E410MA masih menjadi laptop entry Asus yang paling laris. Variannya juga lumayan banyak yang dibedakan dari resolusi layar, storage, dan RAM bawaan. Untuk versi terakhirnya malah ada upgrade processor yang diupgrade ke Celeron N6000 yang lebih gegas dengan nama Asus E410KAO.

Ini membuktikan bahwa desain Asus E410MA disukai oleh konsumen laptop consumer di Indonesia. Desainnya memang cakep banget. Bezel layar tipis, motif khas di cover layar belakang, baterai awet, bisa dipakai di atas kasur, audio speaker yang relatif mantap di kelasnya, dan harga yang 5 jutaan saja itu terasa pas banget dengan ekspektasi pasar laptop entry: murah, cakep, unik, punya backlit keyboard.

Dengan RAM bawaan 4GB dan SSD 512GB, Asus E410MA ini sudah mencukupi untuk kebutuhan komputasi harian dengan lancar. Port yang dibawa juga lengkap, ada HDMI, sebuah port USB Type-C, dua buah port USB Type-A, dan tentu saja combo audi jack.

Jadilah Asus E410MA pilihan tepat sebagai laptop untuk pelajar SMA atau kuliah yang kebutuhan komputasinya lebih banyak menggunakan aplikasi Office dan internet. Mana Windows 11 dan Office Home & Student 2021-nya gratis sudah terinstall dalam paket pembeliannya pula.

0 Shares
tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.