Intel Celeron N4000 Processor Dual Core Irit Untuk Laptop Entry Level Murah

Intel Celeron N4000 adalah processor SoC dual-core yang dirancang untuk laptop murah dan diumumkan pada akhir 2017 lalu. Bekerja pada kecepatan 1.1 sampai 2.6 GHz (Single Core Burst, Multi Core Burst maksimal sampai 2.5 GHz), processor ini dibangun dengan dasar platform Gemini Lake.

Hampir sama dengan pendahulunya – Apollo Lake – chip ini dibuat dengan proses manufaktur 14 nm dengan FinFET, dengan sedikit perbaikan pada kedua intinya, penambahan sampai dua kali lipat kapasitas cache L2, ukuran fisik yang lebih kecil, dan generasi baru monitor output (Gen 10) dan chip WiFi terintegrasi.

Selain ada 4 inti CPU, chip ini juga membawa dukungan DirectX 12 pada GPU bawaannya, DDR4/LPDDR4 memory controller (dual channel, sampai kecepatan 2400 MHz).

Biasanya, SoC Intel Celeron N4000 ini terpatri langsung pada motherboard laptop, sehingga menutup kemungkinan untuk diganti dengan mudah apabila mengalami kerusakan.

Intel Celeron N4000

Intel Celeron N4000


Arsitektur

Intel mengerjakan ulang arsitektur processor ini dan sekarang diberi sebutan Goldmont Plus dan membawa peningkatan level 2 cache sampai 4GB. Yang artinya ada peningkatan per clock-performance, meskipun tidak bisa setara dengan inti CPU seri Kaby Lake.

Kinerja

Untuk urusan kinerja, Intel Celeron N4000 berhasil membuat peningkatan meskipun tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya – Intel Celeron N3350 (dual-core, 1.1 – 2,4 GHz, 2MB L2, Apollo Lake), berkat perbaikan pada arsitektur CPU. Setidaknya ada kenaikan frekuensi kerja sebanyak 200MHz.

Jika dibandingkan dengan seri Intel Core Y yang lebih mahal, kinerjanya relatif jauh tertinggal, terutama untuk single thread.

Meskipun begitu, performanya masih mencukupi untuk komputasi dasar seperti menjalankan aplikasi Office, browsing, dan juga multitasking ringan.

Kinerja Grafis IGP Intel UHD Graphics 600

UHD Graphics 600 ini dibangun berdasarkan arsitektur Intel’s Gen9, yang mendukung DirectX 12 dan juga digunakan sebagai graphic adapter untuk seri Kaby Lake, Skylake, dan Apollo Lake (seperti Intel HD Graphics 520).

Berbekal 12 EUs dan kecepatan kerja sampai 650 MHz, kinerja grafisnya kurang lebih setara dengan seri HD Graphics 500 (Apollo Lake).

Untungnya, dia juga membawa dukungan video engine yang lebih baik dengan hardware support untuk memutar video P9 dan H265 dengan kedalaman warna 8-bit.

Kebutuhan Daya

Serupa dengan pendahulunya, Intel Celeron N4000 bekerja dengan TDP cukup rendah, sebesar 6 Watt. Sementara SDP (Scenario Design Power) berada di 4.8 Watt. Kebutuhan daya yang rendah ini memungkinkan suhu kerja yang juga lebih dingin. Yang mana secara teori, Intel Celeron N4000 digunakan pada laptop dengan pendingin pasif tanpa kipas.

disclaimer:

Artikel mengenai Intel Celeron N4000 ini adalah terjemahan dengan perubahan dari artikel asli yang diterbitkan oleh Notebook Check.

Laptop yang menggunakan Intel Celeron N4000

Sementara ini, memang belum banyak yang menggunakannya. Tapi pasti dalam beberapa bulan kedepan, akan semakin banyak pilihan laptop murah yang menggunakan Intel Celeron N4000 ini.

Ada kemungkinan juga, laptop murah entry level yang sekarang beredar akan disusul dengan versi baru yang menggunakannya menggantikan N3550 yang laris manis itu.

Loading...

Sementara ini, dee-nesia masih melihat Asus VivoBook A407MA yang harganya cuman 3 jutaan tapi punya sensor sidik jari. Sehingga pas banget untuk hadiah anak sekolah. Hehe….

Intel Celeron N4000 Processor Dual Core Irit Untuk Laptop Entry Level Murah
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 3,227 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.