Hidup Tenang di Hari Tua Bersama Asuransi

Asuransi hari tua seharusnya menjadi program pokok yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga, namun sayangnya minat masyarakat Indonesia terhadap produk-produk asuransi masih tergolong rendah.

Hal ini disebabkan oleh minimnya informasi yang dapat diakses masyarakat terkait lembaga penyedia asuransi dalam upayanya meningkatkan kualitas hidup di hari tua.


Informasi mengenai beragam manfaat asuransi bagi pemegang polis juga seringkali bias dengan pandangan negatif sebagian calon nasabah yang menyamakan asuransi dengan investasi murni.

Manfaat memiliki asuransi

Asuransi sering diidentikkan dengan masyarakat kelas atas karena mereka dianggap memiliki asset yang perlu dilindungi dan dana lebih. Padahal sebenarnya manfaat asuransi bisa juga dinikmati oleh semua lapisan masyarakat terlepas dari status sosial dan ekonomi masing-masing.

Hidup Tenang di Hari Tua Bersama Asuransi

Pada dasarnya, manfaat asuransi terbagi menjadi dua jenis yakni manfaat umum dan manfaat khusus.

Manfaat umum asuransi adalah kemampuannya untuk menyediakan dana dalam jumlah tertentu jika ada kejadian tidak terduga dan bersifat mendesak. Seperti misalnya sakit dan kecelakaan. Asuransi bisa memberi penggunanya ketenangan karena selalu ada dana yang tersedia ketika dibutuhkan.

Dalam kapasitas tertentu pengguna juga bisa memanfaatkan asuransi sebagai salah satu bentuk investasi dan tabungan yang memiliki kelonggaran dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan. Tapi ingat, ini bukan investasi murni.



Manfaat selanjutnya yaitu membantu para pemegang polis untuk meminimalisir kerugian dari kejadian tidak terduga seperti biaya kerugian akibat kebakaran, membantu mengelola keuangan karena harus menyisihkan sebagian uangnya untuk membayar premi.

Sementara manfaat khusus asuransi dapat dibedakan berdasarkan jenis pertanggungan yang bisa dicover. Pengguna bisa memilih jenis asuransi ini menurut kebutuhan masing-masing.

 

Jenis-jenis asuransi

Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat bagi pemegang polis dalam bentuk jaminan biaya kesehatan dan perawatan saat mengalami kecelakaan atau sakit.

Asuransi jiwa, manfaat asuransi jiwa ditujukan bagi orang yang harus menanggung risiko finansial yang diakibatkan oleh kematian atau hidup terlalu lama.

Apalagi asuransi hari tua memberikan manfaat bagi pemegang polis dalam rangka menjalani pensiun atau bagi keluarganya jika yang bersangkutan meninggal dunia. Asuransi ini dapat mewujudkan impian untuk hidup tenang di masa tua.

Asuransi pendidikan yang memberikan manfaat berupa tabungan selama menempuh pendidikan, asuransi ini dibagi ke dalam dua jenis yakni proteksi dan investasi.

Asuransi properti yang menjamin rumah ataupun sub bisnis dari asuransi properti, asuransi perjalanan yang memberikan manfaat pemegang polis selama dalam perjalanan seperti kehilangan barang di bagasi.

Yang terakhir adalah asuransi kendaraan bermotor yang memberikan perlindungan yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan kendaraan bermotor milik pemegang polis.

Asuransi memberikan banyak manfaat bagi seluruh kelas ekonomi masyarakat, setidaknya jika dana yang dimiliki terbatas agar kehidupan di hari tua lebih tenang perlu untuk memiliki asuransi untuk masa tua.

By | Oktober 24, 2020
Bukan artikel ini yang Anda cari? Cari di sini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.