Hasil Kamera Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy J1 2016 Bagus Mana?

Kamera Xiaomi Redmi 5a dan Samsung Galaxy J1 2016 berbeda dari banyak sisi. Spesifikasinya juga beda jauh. Tetapi karena harga kedua smartphone Android murah ini bisa dibilang setara di kisaran 1.3 jutaan, maka banyak yang kemudian penasaran dengan bagaimana hasil kamera Xiaomi Redmi 5A lawan Galaxy J1 2016.

Kebetulan, dee-nesia memang membeli Xiaomi Redmi 5A dengan pertimbangan utama untuk menggantikan Samsung Galaxy J1 2016 yang waktu itu terasa sudah sangat tidak mumpuni untuk kebutuhan saya yang sebenarnya tidak berat-berat banget.

Sebelum kita bandingkan hasil jepretan kamera keduanya, mari kita lihat dulu perbandingan spesifikasi kamera mereka berdua.

Spesifikasi kamera Xiaomi Redmi 5a

Kalau kita hanya fokus pada besaran sensor, kamera Xiaomi Redmi 5A jelas menang telak dengan sensor kamera belakangnya yang 13 megapiksel itu. Urusan fitur juga lebih unggul dibandingkan kamera Samsung Galaxy J1 2016. Ada fitur PDAF, HDR, burst mode, face recognition, dan panorama, dengan nilai f.2.2. Demikian juga untuk perekaman video yang bisa sampai resolusi 1080p pada 30fps.

Untuk kamera depan, Redmi 5A memakai modul bersensor 5 megapiksel, dengan nilai f/2.0 sehingga untuk keadaan kurang cahaya bisa menangkap gambar lebih baik dibanding kamera belakangnya. Fitur face recognition juga ada. Dan untuk membantu kamu berselfie-ria, ada fitur selfie countdown. Kalau untuk merekam video, kamera depan Redmi 5a terbatas di 720p pada 30fps.

Spesifikasi kamera Samsung Galaxy J1 2016

Ya, mau bagaimana lagi, kalau cuman dilihat spesifikasi di atas kertas, kamera Samsung Galaxy J1 2016 memang kalah telak. Kamera belakangnya cuman punya sensor CMOS berkapasitas 5 megapiksel saja. Untungnya masih ada autofocus, dan beberapa mode yang tersedia. Tapi secara fitur, jauh-lah dibanding punya 5A. Sementara kamera depannya, tampak sangat ala kadarnya dengan sensor CMOS berkapasitas 2 megapiksel saja.

Demikian juga dengan kemampuan merekam video-nya, hanya terbatas di resolusi HD 1280 x 720 piksel saja pada 30fps.

Merekam video dengan Galaxy J1 2016 itu butuh usaha ekstra. Baik dari yang merekam maupun yang direkam.

Bagi yang merekam video, harus benar-benar diam dan super tenang sehingga tidak membuat si Galaxy J1 2016 berubah posisi terlalu cepat. Kalau menggeser tempat, ya harus dengan halus dan pelan-pelan.

Sementara bagi yang direkam, juga harus tenang, bergerak yang pelan-pelan saja. Kalau cuman gerakan bibir ketika berbicara sih masih bisa direkam dengan baik. Tapi kalau sampai menggelengkan kepala atau melambaikan tangan ya sudah, pasti akan blur tidak karuan hasil rekamannya.

Perbandingan Kamera Xiaomi Redmi 5a dan Samsung Galaxy J1 2016 Bagus Mana

Kamera Xiaomi Redmi 5a dan Samsung Galaxy J1 2016 – Bagus Mana?


Harga Xiaomi Redmi 5A vs Samsung Galaxy J1 2016

Meskipun kedua smartphone ini dirilis dengan selisih waktu sekitar satu tahun, dan Xioami Redmi 5A memang murah sejak awal, si Samsung Galaxy J1 2016 tidak juga goyah harganya. Kalau pasarnya pasti goyah-lah. Tapi tidak dengan harganya, masih di kisaran 1,399 jutaan. Sementara harga Xiaomi Redmi 5A versi 2GB/16GB lebih murah seratus ribuan.

Saya sih jelas pilih Redmi 5A. Galaxy J1 2016 leletnya minta ampun karena RAM 1GB-nya itu….

Untuk update harga terbaru mereka, silahkan lihat di sini:

Xiomi Redmi 5A:

Bukalapak

Tokopedia

BliBli

Samsung Galaxy J1 2016:

Bukalapak

Tokopedia

BliBli

Hasil kamera Xiaomi Redmi 5a dan Samsung Galaxy J1 2016 bagus mana?

Semua foto hasil kamera Xioami Redmi 5A dan Samsung Galaxy J1 2016 ini saya ambil dengan setting auto, dan beberapa foto kamera Redmi 5A dengan HDR aktif. Semua foto tidak ada yang mengalami editing, jadi murni hasil dari kamera masing-masing. Hanya saja, supaya tidak membebani server, semua foto ini diupload ke Google Photos, kemudian di embed. Jadi ada kemungkinan kualitas-nya sedikit menurun. Tapi masih bisa dibedakan dengan jelas kog.

Untuk tampilan desktop, semua saya atur memiliki lebar 500 piksel, yang kalau dilihat di smartphone akan disesuaikan dengan lebar bidang layar terlihat.

Dan supaya anda mudah mengenalinya, foto pertama adalah dari kamera Xiaomi Redmi 5A kemudian diikuti dengan foto dari kamera Samsung Galaxy J1 2016.

Foto Bunga Kuping Gajah Xiaomi Redmi 5A

Foto Bunga Kuping Gajah Xiaomi Redmi 5A

Foto Bunga Kuping Gajah Samsung Galaxy J1 2016

Foto Bunga Kuping Gajah Samsung Galaxy J1 2016

Foto Bunga Bougenvile Ungu Xiaomi Redmi 5A

Foto Bunga Bougenvile Ungu Xiaomi Redmi 5A

Foto Bunga Bougenvile Ungu Samsung Galaxy J1 2016

Foto Bunga Bougenvile Ungu Samsung Galaxy J1 2016

Foto Pohon Tin Xiaomi Redmi 5A

Foto Pohon Tin Xiaomi Redmi 5A

Foto Pohon Tin Samsung Galaxy J1 2016

Foto Pohon Tin Samsung Galaxy J1 2016

Foto Matahari di Pojok Xiaomi Redmi 5A

Foto Matahari di Pojok Xiaomi Redmi 5A

Foto Matahari di Pojok Samsung Galaxy J1 2016

Foto Matahari di Pojok Samsung Galaxy J1 2016

Foto Outdoor Siang Hari Xiaomi Redmi 5A

Foto Outdoor Siang Hari Xiaomi Redmi 5A

Foto Outdoor Siang Hari Samsung J1 2016

Foto Outdoor Siang Hari Samsung J1 2016

Foto Malam Hari Terang Xiaomi Redmi 5A

Foto Malam Hari Terang Xiaomi Redmi 5A

Foto Malam Hari Samsung Galaxy J1 2016

Foto Malam Hari Samsung Galaxy J1 2016

Bagaimana? Saya kira cukup jelas perbedaan hasil kamera Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy J1 2016 ya…. Meskipun harga kedua smartphone Android murah ini setara (lebih mahal Galaxy J1 2016 malahan), tetapi soal kualitas kamera sangat jauh berbeda. Jelas menang kamera Xiaomi Redmi 5A.

Kamera Xiaomi Redmi 5A bisa menghadirkan detail yang lebih baik. Tentu saja ini karena sensor yang lebih besar kapasitasnya, terlebih dengan kehadiran fitur HDR yang sangat membantu memperbaiki foto dimana ada cahaya yang sangat kuat di belakang objek.

Soal warna, kamera Xiaomi Redmi 5A condong lebih warm – seperti menggunakan referensi warna punya kamera iPhone yang cenderung memunculkan warna menyolok dan kekuningan. Sementara kamera Samsung Galaxy J1 2016 cenderung memilih warna lebih adem ke arah biru.

Loading...

Ketika bicara soal detail, kedua smartphone Android murah ini sebenarnya sama-sama cukup bagus menghadirkan detail pada foto, asalkan objek mendapatkan cahaya yang cukup terang. Kalau untuk foto low-light, keduanya sama-sama buruk, meski Redmi 5A masih tertolong dengan sensor lebih besar. Dan karena kamera belakang keduanya memiliki nilai f/2.2 jadinya ya gitu…. Susah banget menghasilkan foto yang bagus dalam keadaan low-light.

Hasil Kamera Xiaomi Redmi 5A dan Samsung Galaxy J1 2016 Bagus Mana?
5 (100%) 1 vote

(Visited 54 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.