Hard Disk Rusak: Ini Ciri-cirinya

Ingin tahu tanda ciri hard disk rusak? Sebelum hard disk rusak sama sekali tidak bisa digunakan, sebenarnya ada tanda-tanda yang bisa kita baca sehingga masih ada waktu untuk membackup data kita yang tersimpan di dalamnya.

Harga hard disk sekarang memang tidak semahal dahulu ketika pertama kali menjadi default penyimpanan data di komputer. Jenisnya mulai beragam. Tidak lagi hanya berupa tumpukan cakram seperti pada umumnya yang kita kenal sebagai hard disk. Perubahan ini juga ikut mengubah beberapa perlakukan yang biasa kita tahu pada hard disk. Ingin lebih tahu tentang pengertian hard disk?

Satu hal yang harus kita tahu, hard disk itu suatu saat pasti akan rusak gagal bekerja. Kebanyakan hard disk di jaman sekarang ini hanya mampu bertahan selama 5 hingga 10 tahun tergantung dari produsen pembuatnya. Waktu tersebut juga masih bisa berkurang lagi tergantung kepada temperatur, kelembaban, cara penggunaan, dan berbagai macam hal lainnya.

Ciri Hard Disk Rusak

Loading...

Hard disk eksternal lebih singkat lagi usia pakainya. Kurang lebih hanya 3 sampai 5 tahun saja. Mengapa? Karena sering berpindah-pindah, jadi rawan benturan. Bagian mekanis dari hard disk itu mudah sekali bergeser sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Untungnya, kerusakan hard disk itu biasanya tidak serta merta alias ada tanda-tanda sebelum benar-benar rusak sehingga sebenarnya kita masih punya waktu untuk melakukan backup data di dalamnya. sumber: Portal Paseban.

Apa saja ciri-ciri hard disk rusak?

1. Komputer menjadi lambat, sering freeze dan blue screen of death

Komputer menjadi lambat, sering freeze, dan sering terjadi BOSD (blue screen of death) memang bukanlah kejadian yang murni disebabkan oleh harddisk karena banyak hal yang bisa menimbulkannya. Namun jika ini menjadi semakin sering terjadi padahal anda sampai meng-uninstall Windows atau OS, tidak baru saja memasang perangkat baru, dan semacamnya, maka kemungkinan masalahnya ada pada hard disk anda.

2. Data corrupt

Jika suatu saat anda tidak bisa membuka sebuah file karena corrupt padahal sebelumnya anda menyimpan file tersebut tanpa masalah apapun, maka anda wajib untuk mengecek dengan segera hard disk tempat file itu tersimpan. Walaupun data corrupt tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun biasanya hal tersebut disebabkan oleh harddisk yang sedang mengalami kerusakan secara bertahap.

3. Banyaknya Bad Sectors

Salah satu hal yang menjadi pertanda nyata dari kerusakan harddisk adalah bad sector. Jika di dalam harddisk Anda terdapat banyak bad sector, maka anda harus segera menyelamatkan data Anda sebelum semuanya rusak. Anda dapat melakukan sendiri pengecekan terhadap bad sector ini melalui aplikasi bawaan yang ada di Windows. Pada Windows 7, buka Start > Computer kemudian klik kanan pada hard disk atau partisi yang ingin Anda periksa. Setelah itu pilih Properties dan masuk ke tab Tools kemudian pilih Check now. Pada window Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix file system errors.

baca juga: Bagaimana Cara Melihat dan Memperbaiki Bad Sector?

4. Suara aneh dari harddisk

Jika anda mendengar suara aneh dari seperti suara “klik” dari dalam harddisk anda, maka sudah dipastikan bahwa nyawa harddisk itu hanya tinggal menunggu waktu saja. Suara klik yang terus menerus atau yang biasa disebut click of death itu disebabkan oleh head yang mencoba untuk menulis data pada piringan. Suara gesekan ataupun suara berciut dari dalam harddisk juga menjadi tanda lain yang mengindikasikan bahwa harddisk anda kan segera rusak sehingga anda harus segera memindahkan data penting yang Anda miliki dari dalamnya.

5. S.M.A.R.T. Data

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat memprediksi kapan harddisk Anda akan rusak. Aplikasi tersebut bekerja dengan membaca data S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) yang dicatat oleh sistem operasi. Akan tetapi seperti beberapa halnya beberapa metode yang lain, metode SMART ini juga tidak selalu dapat meprediksi kerusakan harddisk dengan sempurna. Pasalnya, terkadang harddisk sudah terlebih dahulu rusak sebelum aplikasi SMART ini memberitahu atau memperingatkan Anda.

Maka dari itu, jangan terlalu terpaku pada berbagai macam software tersebut karena mungkin saja harddisk anda akan rusak sebelum aplikasi tersebut mendeteksinya. Maka dari itu, daripada menunggu harddisk Anda rusak, maka sebaiknya Anda membackup data-data penting ada dari sekarang. Ingat, sedia payung sebelum hujan.

baca juga: Bagaimana Bad Sector Bisa Terjadi dan Cara Mengatasinya?

Perbaikan pada hard disk yang rusak itu bisa dikatakan mustahil. Menyelamatkan data di dalamnya itu mungkin saja dilakukan dengan bantuan software. Tergantung dengan kerusakannya. Jika yang rusak adalah bagian sirkuit atau komponen di PCB-nya, misalnya ada yang terbakar, bisa dilakukan dengan mengganti PCB atau komponen yang rusak tersebut. Kerusakan pada cakram, bisa dilakukan dengan melepas cakram yang bermasalah. Tapi bagi kebanyakan orang itu sungguh bukan proses yang sederhana. Biaya perbaikannya terkadang jauh lebih mahal daripada membeli yang baru. Lain soal jika ternyata data di dalamnya terlalu amat sangat penting sekali sehingga anda bisa kehilangan pekerjaan atau menyangkut rahasia negara begitu, maka upaya menyelamatkan, memperbaiki, hard disk rusak jadi cukup layak untuk dilakukan. Jika anda merasa tanda-tanda hard disk rusak di atas mulai terjadi, segera lakukan backup data anda. Hard disk bukan benda yang bersifat regeneratif, mereka suatu saat pasti rusak. Jadi backup itu suatu keniscayaan. Haha….

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....