Halodoc Konsultasi Dokter Teman Terbaik Di Kala Sakit dan Sendirian

Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter bisa menjadi teman terbaik ketika kamu sedang penasaran dengan apa yang terjadi pada kesehatan badan kamu. Kan tidak jarang tuh, kita merasa ada yang salah dengan tubuh kita, tapi enggan pergi ke dokter. Belum lagi ketika kita memang sedang tidak bisa pergi-pergi karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggal.

Inilah waktunya kamu pakai aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ini.

Halodoc? Aplikasi apa’an sih?

Halodoc adalah aplikasi yang menyediakan berbagai layanan kesehatan untuk penggunanya. Layanan yang disediakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ini lumayan lengkap. Mulai dari chat dengan dokter, beli obat, booking Rumah Sakit, booking laboratorium untuk melakukan tes lab, sampai janjian konsultasi dengan dokter yang kita inginkan juga bisa.

Bisa dibilang, aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ini adalah terobosan di bidang kesehatan yang semakin memudahkan kita mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, cepat, terpercaya, dan mudah digunakan karena sifatnya yang online.

Halodoc Konsultasi Dokter

Sesuai dengan tagline-nya – Doctors, Medicine & Appointments, Halodoc ini adalah aplikasi yang berhubungan dengan dokter, obat, dan juga janjian. Jadi, kalau mau konsultasi dengan dokter secara online bisa banget pakai aplikasi ini. Mau beli obat tapi males keluar? Bisa dianterin obatnya langsung ke tempat kamu. Mau booking buat janji dokter atau cek lab? Bisa juga lho….

Tampaknya, setelah belanja online sudah lumrah, aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ini akan menjadi bentuk disrupsi di bidang kesehatan yang juga akan semakin jamak digunakan orang.

Kalau belanja online bisa, mengapa dokter online tidak?

Buat kamu yang enggan banget pergi ke dokter, males antri panjang di Rumah Sakit, tidak suka pergi ke apotek, atau malu konsultasi dengan dokter secara langsung, aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ini akan menjadi teman terbaik.

Kurang apa coba? Apalagi buat anak kos yang sakit, sendirian, nggak ada yang ngerawat, aplikasi ini cocok banget buat kalian.

Cara menggunakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

Lalu gimana cara pakainya? Kayak apa sih aplikasinya?

Pertama-tama, tentu saja kamu musti download dulu aplikasi Halodoc di Play Store bagi pengguna Android dan Apple Store untuk pengguna iPhone. Sesuaikan saja dengan perangkat mobile yang kamu gunakan.

Sudah bisa install aplikasi Android langsung dari Google Play Store kan?

Setelah terinstal, maka kamu bisa mengambil langkah pertama – login.

Pada waktu login, kamu akan diminta memasukkan nomor handphone untuk verifikasi akun. Bisa juga melalui email sih. Nanti kamu akan mendapatkan kode verifikasi.

Kalau sudah berhasil login, nanti akan muncul halaman beranda seperti di bawah ini,

Laman Beranda aplikasi Halodoc

Layanan utama aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

Terdapat 4 pilihan pelayanan yang tersedia. Ada chatting dengan dokter, membeli obat, mengunjungi rumah sakit, dan tes laboratorium.

1. Tanya Dokter

Layanan ini adalah layanan awal yang kita perlukan untuk mengenali apa penyakit kita. Jadi, kalau badan kamu udah kerasa nggak enak, atau merasa ada yang aneh, silahkan konsultasikan atau Tanya Dokter yang sesuai.

Chat dengan dokter

Saat memilih menu ini, akan muncul berbagai nama dokter berikut informasi tentangnya, seperti spesialis di bidang apa, berapa tahun pengalaman, dan tanggapan konsumen atas pelayanan mereka.

Kualitas pelayanan dokter tersebut nampak pada jumlah persentase yang terletak di bawah foto dokter tersebut.

Kalau masih kurang percaya dengan kompetensi mereka, kita bisa klik foto mereka, dan akan muncul record lainnya, seperti lulusan mana, praktik dimana, dan nomor STR.

STR adalah Surat Tanda Registrasi bagi tenaga kesehatan. Surat ini dikeluarkan oleh pemerintah bagi tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi di bidangnya.

Record Dokter yang ada di Halodoc

Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter juga memberikan diskon dengan menyediakan chat gratis untuk dokter tertentu. Dokter yang menerima konsultasi gratis, terdapat label DOKTERGRATIS berwarna hijau. Kurang enak apa? Hehee.

Meskipun layanan #tanyadokterasli di Halodoc ini maksimal 30 menit, tetapi itu sudah sangat cukup untuk kita bisa konsultasi masalah kesehatan.

Saat masuk ke menu ini, yang muncul adalah jajaran dokter umum. Namun kalau kita sudah tahu masalah kita ada di spesialis tertentu, kita tinggal pilih saja yang sesuai, misalnya dokter gigi, dokter anak, internis, dokter mata, bahkan juga psikiater.

Halodoc Konsultasi Dokter - Pilihan Spesialisasi Dokter

2. Beli Obat

Setelah konsultasi, biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk dibeli apabila diperlukan. Kita bisa memilih menu kedua, yaitu Buy Medicine atau Membeli Obat.

Kita hanya perlu memasukkan jajaran nama obat yang ingin dibeli, dan Halodoc akan memberikan estimasi harga, dan lokasi apotek terdekat. Bahkan nih, kalau kita males keluar, ada jasa pengirimannya lho.

Gimana kalau misal kita udah punya resep sendiri dari dokter lain? Bisa. Tinggal foto itu resep, Halodoc akan men-scan dan otomatis menginput data. Tapi pastikan tulisannya jelas ya.. hehehe….

Ada berbagai macam jenis obat yang bisa kita temukan. Untuk menemukannya juga mudah karena sudah disortir berdasarkan kategori.

Kategori Obat Yang Bisa Dibeli

3. Mengunjungi Rumah Sakit

Sudah konsultasi ke dokter dan minum obat namun kondisi masih belum membaik? Masih ada pilihan Visit a Hospital atau Mengunjungi Rumah Sakit.

Awal menggunakan aplikasi ini, kita akan diminta untuk mengaktifkan GPS untuk mengetahui lokasi kita. Selain untuk membantu kita mendapat info apotek terdekat, namun juga info rumah sakit terdekat.

Memang belum semua Rumah Sakit terintegrasi atau bekerjasama dengan Halodoc. Namun pilihan RS yang ditawarkan sudah cukup baik.

Halodoc Konsultasi Dokter - Rumah Sakit Yang Bisa Dipilih

Untuk rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan Halodoc, kita bisa langsung Book Appointment atau janjian dengan dokter yang ada disana untuk bisa langsung bertemu dan melakukan pemeriksaan secara real time.

Kalau untuk rumah sakit yang belum, kita tinggal mengetikkan nama rumah sakitnya, maka akan muncul informasi kontaknya agar kita bisa berkomunikasi langsung dengan petugas rumah sakitnya.

4. Booking Laboratorium untuk Tes

Halodoc juga menyediakan pelayanan booking tes laboratorium. Biasanya, untuk penyakit tertentu, diperlukan pengecekan lebih jauh untuk menjamin akurasi diagnosa, yaitu dengan melakukan cek lab.

Booking Lab Test

Untuk layanan ini, sementara masih tersedia di Prodia. Pada kotak Search, kita hanya perlu memasukkan kata kunci nama tes, atau nama penyakit. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan tes, baik paketan atau tidak. Estimasi harga juga tertera. Bila sesuai, bisa kita Request untuk kemudian ditindaklanjuti.

5. Biaya dan Diskon

Semua layanan ini pastinya berbayar. Nah, untuk itu ada pengisian saldo (wallet). Sementara ini untuk via transfer bank, hanya bisa melalui bank Mandiri dan bank BCA. Selain itu, kita bisa mendaftarkan kartu, seperti VISA dan MasterCard.

Tapi jangan khawatir, aplikasi dokter online ini juga menawarkan banyak diskon untuk layanan-layanan tertentu, tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku, dan saya rasa itu fair dan cukup menguntungkan.

Banyak Diskon di Halodoc

6. Artikel Kesehatan

Selain pelayanan kesehatan, Halodoc juga memberikan berbagai informasi kesehatan yang berguna dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tips mengatasi stres, cara mengobati sakit gigi, dan lain sebagainya.

Artikel Kesehatan

Aplikasi ini menawarkan layanan lengkap dan kemudahan penggunaan. Saya pribadi merasa terbantu dengan adanya aplikasi seperti ini, apalagi pas saya di kos, sakit, nggak ada yang ngerawat, sedih kan? Huhuu. Untung ada aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter.

By | Desember 24, 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.