GPU-Z Terbaru Sekarang Bisa Mendeteksi Kartu NVIDIA Palsu

Banyak penjual kartu grafis yang memodifikasi kartu GPU NVIDIA dan menjualnya sebagai seri yang lebih tinggi, tentu dengan harga jauh lebih mahal. Biasanya mereka menjual kartu NVIDIA palsu ini secara online, dimana pembeli tidak bisa secara langsung memeriksa keaslian kartu grafis yang mereka beli.

Pada versi GPU-Z terbaru, TechPowerUp telah menambahkan fitur baru untuk memeriksa jika anda menggunakan kartu grafis NVIDIA palsu.

Fitur baru ini membuat pengguna bisa mendeteksi jika kartu grafis NVIDIA mereka sebenarnya adalah NVIDIA G84, G86, G92, G94, G96, GT215, GT216, GT218, GF108, GF106, GF114, GF116, GF119, or GK106.

GPU-Z versi terbaru kan memunculkan lambang tanda seru di tempat di mana biasanya logo NVIDIA muncul dan juga memberinya tambahan string “[FAKE]” sebelum nama kartu grafis pengguna.

Untuk daftar lengkap kartu NVIDIA yang bisa dideteksi, TechPowerUp merilisnya dalam release note ini.

GPU-Z Sekarang Bisa Mendeteksi Kartu NVIDIA Palsu

GPU-Z Sekarang Bisa Mendeteksi Kartu NVIDIA Palsu


Contohnya seperti kemampuan GPU-Z untuk mendeteksi kartu NVIDIA RTX 2060 palsu, yang dalam kenyataannya menggunakan GPU GK106.

GPU-Z akan menampilkan informasi yang berbeda ketika dia mendeteksi kartu NVIDIA asli atau yang palsu, seperti contoh di bawah ini….

GPU-Z mendeteksi kartu NVIDIA asli atau palsu

TechPowerUp tidak mau mengumumkan metode yang mereka gunakan untuk mendeteksi kartu grafis NVIDIA tersebut asli atau palsu. Tetapi mereka menyatakan bahwa banyak penjual kartu grafis yang telah memodifikasi BIOS sehingga menampakkan informasi bahwa mereka menggunakan kartu grafis kelas atas.

Sayangnya, TechPowerUp juga memberitahukan bahwa sampai saat ini mereka belum bisa mendeteksi keaslian kartu grafis dari AMD.

Rata-rata kartu grafis NVIDIA palsu ini dijual di China, tetapi bisa saja menyebar ke seluruh dunia melalui penjual yang memasarkannya melalui eBay atau toko online lainnya.

Loading...

Meskipun fitur baru ini tidak akan melindungi pembeli dari kemungkinan membeli GPU palsu, tetapi minimal dia bisa membantu pengguna untuk mengetahui jika kartu grafis NVIDIA yang mereka gunakan asli atau palsu. Dengan informasi ini, mereka bisa mengambil tindakan lebih cepat untuk meminta retur atau membatalkan pembelian. via: https://www.bleepingcomputer.com/

GPU-Z Terbaru Sekarang Bisa Mendeteksi Kartu NVIDIA Palsu
5 (100%) 1 vote

(Visited 37 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.