Destinasi Bekas Tambang yang Menawan di Kota Semen, Gresik

Liburan ke Gresik, yuk! Eh, santai dulu… Gresik itu bukan hanya kota industri, lho. Kalau untuk urusan pabrik, Gresik punya tempatnya sendiri, namanya Kawasan Industri Gresik (KIG). Nah, di dalam KIG ini terdapat puluhan pabrik.

Selain disebut Kota Industri, Gresik juga disebut sebagai Kota Semen, karena Gresik menjadi rumah bagi PT Semen Gresik (Persero) Tbk yang diresmikan pada tanggal 7 Agustus 1957 dan tercatat sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 8 Juli 1991.

Sebentar…, terus destinasi kecenya ada di mana???? Ada di bawah ini, nih! Semoga bisa jadi rekomendasi dan alasan kamu cek tiket pesawat ke Gresik, ya!

Bukit Kapur Gosari

Bukit Kapur Gosari Gresik Bekas Pertambangan Jadi Lokasi Instagenic

Bukit Kapur Gosari Gresik Bekas Pertambangan Jadi Lokasi Instagenic | sumber: Traveling Yuk


Bukit Kapur Gosari ini terletak di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Kamu bisa cek tiket pesawat dan selebihnya melanjutkan perjalanan dengan mobil. Di dekat Bukit Kapur Gosari, terdapat Bukit Kapur Sekapuk yang gak kalah keren. Pastikan kamu mampir ke sana juga, ya!

Bukit Kapur Gosari ini tadinya merupakan daerah pertambangan di Gresik, tapi sekarang berubah menjadi destinasi wisata kece yang Instagenic. Coba kamu cari di Instagram deh…. Dijamin kamu akan menemukan banyak banget foto dengan latar belakang pemandangan bukit kapur ini. Tiket masuknya gratis, lho! Bebas!

Bukit Jamur

Bukit Jamur di Gresik ini gak dipenuhi tanaman jamur kok, melainkan dipenuhi batu-batu yang bentuknya menyerupai jamur raksasa. Batu-batu ini mengalami abrasi yang mengakibatkan batu tersebut terkikis sedikit demi sedikit dan terbentuk seperti jamur. Nama asli dari destinasi ini sih, Bukit Dakar, tapi karena banyak “jamur”-nya, berubah jadi Bukit Jamur deh….

Jangan datang siang-siang, panas banget, coy! Usahakan datang pagi atau pada saat golden hour, sekitar pukul 2 siang ke atas, dijamin foto kamu bakal bagus. Cek tiket pesawat ke Gresik, dan langsung menuju ke Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik. Di Google Maps ada kok, gampang!

Bukit Kapur Sekapuk

Gunung Kapur Sekapuk

Gunung Kapur Sekapuk, Gresik | sumber foto: https://1.bp.blogspot.com/-yBz8D7SvoJI/VnEtvSQR2wI/AAAAAAAALlk/Et2qG7R2mXQ/s640/gunung%2Bkapur%2Bsekapuk.jpg

Kapuk? Kasur dong? Bukaaannn….. salah satu destinasi cantik bekas pertambangan di Gresik ini berlokasi tidak jauh dari Bukit Kapur Gosari, yaitu di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik. Bukit kapur ini terbentang hingga 3 km, guys, biar puas menjelajahi bukit ini, ada baiknya kalau kamu pakai topi, ya, biar gak gosong.

Terdapat gunung kapur berlubang membentuk goa dan pilar yang seakan membuat kamu berada di film Journey to the Center of the Earth. Bukit Kapur Sekapuk ini mulai ditambang sejak tahun 1950-an, lumayan bersejarah dengan pemandangan yang menakjubkan.

Gak semua penggalian tambang akan berdampak buruk. Kalau dikelola dengan baik, bekas galian tambang justru bisa menjadi destinasi apik seperti yang sudah dijabarkan di atas.

Loading...

Tapi… bagaimanapun juga, kita sebagai makhluk hidup harus memperlakukan bumi sebaik mungkin. Karena bumi sudah mau “ditumpangi” oleh kita. Kurangi penggunaan plastik dan minyak kelapa sawit, itu adalah salah satu cara menyelamatkan bumi dan satwa endemik Indonesia dari kepunahan. Jangan lupa cek tiket pesawat hanya di Mister Aladin, mau apa ke mana aja? #gampang!

Destinasi Bekas Tambang yang Menawan di Kota Semen, Gresik
5 (100%) 1 vote

(Visited 44 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.