Dedicated Server Itu Apa?

Dedicated Server adalah tipe hosting di mana penyewa layanan ini mendapatkan satu server secara utuh tanpa dibagi dengan user lain. Keuntungannya jelas, karena penyewa hosting punya satu server dedicated untuknya sendiri, dia boleh menentukan OS-nya, spesifikasi hardware, sampai layanan ekstra dari penyedianya.

Wah, kan jadi repot kalau semua diurusi sendiri? Tidak juga, karena persaingan layanan hosting yang kian ketat, perusahaan penyedianya juga memberi fasilitas lebih kepada pelanggan dedicated server ini. Bisa dikatakan semua provider web hosting menyediakan support atau dukungan penuh untuk membantu menginstall software yang dibutuhkan supaya dedicated server anda itu berjalan optimal.

Status pelanggan adalah penyewa, bukan pemilik. Sehingga hardware yang dipakai menjadi dedicated server anda itu tetap milik provider web hosting. Ada juga sih penyedia web hosting yang menjanjikan setelah berlangganan dedicated server selama beberapa tahun nantinya hardware-nya akan menjadi milik penyewa sepenuhnya. Kalau mau tahu, silahkan cari-cari sendiri ya…. Posting Dedicated Server Itu Apa? ini tidak berafiliasi dengan layanan web hosting apapun. Hehe…., ini bukan iklan.

dedicated server adalah

Loading...

Siapa yang memerlukan dedicated server?

Biaya sewa layanan dedicated server relatif mahal. Tapi tenang saja, semakin hari semakin murah kog. Kecuali ketika fluktuasi nilai tukar rupiah tidak menentu seperti sekarang. Beberapa provider menaikkan harga sewanya. Kalau memang mahal, siapa sih yang memerlukan layanan seperti itu? Toh yang gratisan saja murah dan mudah di setting. Kan?

Kalau hanya untuk kegiatan blogging biasa dengan jumlah posting yang sedikit, memang sepertinya tidak perlu. Tapi jika anda berniat membuat sebuah website super besar super komplit seperti Anne Ahira yang postingannya beraneka ragam, mulai dari soal agama sampai resep masakan dalam satu tempat bagiamana? Atau jika anda diserahi membuatkan website perusahaan yang menuntut kinerja dan privasi keamanan data tinggi bagaimana? Apa anda masih bersandar pada layanan hosting gratisan? Atau anda berniat membuat sebuah forum online yang user-nya sampai ribuan begitu berani pakai hosting gratisan? Bisa macet di tengah jalan tuh. Kecepatan akses adalah fitur utama yang dikejar pengguna.

Dedicated Server adalah layanan web hosting yang sesuai untuk website yang membutuhkan performance dan data security tinggi dimana situs dan layanan emailnya akan ditempatkan di server khusus.

Fitur minimal apa yang harus ada di dedicated server?

Biasanya, provider web hosting akan memberi fitur-fitur berikut ini untuk layanan dedicated server yang mereka tawarkan:

  • Pelanggan boleh memilih data center di Indonesia atau USA
  • Pelanggan diberi pilihan spesifikasi hardware server, tentu saja disesuikan dengan harga sewanya
  • Provider akan mengganti hardware yang rusak
  • Penggunaan WHM/Cpanel sebagai control panel manajemen server dan klien
  • Pelanggan diberi minimum 3 Public IP Address
  • Ketersediaan sambungan ke berbagai backbone Internet: IIX, AboveNet, dll
  • Ada dukungan teknis dan maintenance melalui helpdesk, telepon, email dan layanan lain.

Jika anda berniat memakai layanan dedicated server, jangan lupa biasanya akan ada biaya setup dan biaya sewa bulanannya. Biasanya sih anda akan mendapat discount sewa dedicated server jika berlangganan per tahun. Para provider itu juga mensyaratkan sewa layanan minimal 3 bulan untuk layanan tipe tertentu.

Harga layanan dedicated server di Indonesia

Untuk rentang harga langganan dedicated server di Indonesia, rata-rata mulai dari 500 ribu per bulan sampai 2 jutaan per bulan, di tambah biaya setup antara 500 ribu sampai satu jutaan.

Mahal? Pertimbangkan apa yang anda akan dapatkan dengan menyewa layanan dedicated server ini dibanding pakai yang gratisan. Sumpah! Jauh…. Hehe….

(Visited 31 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....