CPC Adsense Rendah Sekali Di Bulan Tertentu

CPC Adsense rendah sekali di bulan-bulan tertentu. Saking rendahnya sampai rasanya percuma update konten blog. Menulis sampai tangan pegal-pegal tapi hasilnya tidak sepadan. Tapi, yang jelas, kita bisa berharap, CPC Adsense yang rendah ini bisa pulih dalam beberapa waktu ke depan.

Memang yang mengalami masa dimana CPC Adsense turun banget itu tidak semua. Tapi bisa dibilang, pada umumnya blog berbahasa Indonesia bisa mengalami masa buruk seperti ini. Semoga saja blog kamu tidak mengalaminya.

Selain dee-nesia, saya juga mengelola beberapa blog lain yang dipasangi iklan Adsense. Ada yang masih setia di blogspot, dan beberapa sudah pindah ke WordPress. Dan begitulah. CPC Adsense mereka beda-beda. dee-nesia inilah yang menderita paling parah akibat penurunan nilai CPC-nya.

Pada bulan apa CPC Adsense rendah sekali?

Kalau kamu aktif di forum-forum yang membahas penghasilan dari Adsense, maka bisa dipastikan, pada sekitar bulan Januari, akan banyak sekali yang mengeluh CPC Adsense di blog turun. Ada yang drastis, ada pula yang hanya membuat adminnya sakit perut mendadak karena pay out-nya akan tertunda.

Selain Januari, bulan-bulan lain sepertinya tidak banyak ada perbedaan. Misalnya pada sekitar Juni – Juli, maka CPC Adsense blog yang membahas pendidikan akan naik signifikan. Demikian juga yang membahas wisata. Nanti akan berulang di setiap ada hari raya besar, semisal sekitar Lebaran dan Natal.

Mengapa pada bulan itu CPC Adsense bisa sangat rendah?

Ok, bulan dimana CPC Adsense rendah sekali sudah kita temukan, yaitu Januari. Kira-kira kenapa ya? Bukannya itu menjelang Valentine dimana orang akan dengan sukarela memberi hadiah sebagai wujud kasih sayang? Haha…

Kemungkinannya bisa seperti ini:

Pertama, karena anggaran belanja iklan perusahaan-perusahaan besar itu belum turun atau masih dalam pembahasan. Jadi belanja iklan mereka sedikit tertunda.

Kedua, Januari itu bulan sepi dimana kebanyakan orang (dan juga perusahaan) menata ulang sistem mereka.

Mungkin itu saja sih.

CPC Adsense Blog Bahasa Indonesia Rendah

Faktor lain, seperti perubahan algoritma pencarian Google juga terkadang berpengaruh. Kalau keadaan atau pertumbuhan ekonomi baik global atau regional itu jelas berpengaruh. Kalau membaik ya belanja iklan perusahaan akan naik, kalau turun ya pasti turun juga. Dan kita, sebagai publisher, jadi ikutan turun juga pendapatannya.

Apa yang bisa dilakukan ketika CPC Adsense sedang rendah?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan CPC Adsense yang rendah. Sepanjang penurunan itu tadi bukan karena faktor-faktor pertumbuhan ekonomi tadi loh ya….

Kalau yang saya lakukan seperti ini:

Menambah posting dengan konten yang panjang

Posting yang panjang akan lebih mudah mendapat tempat di halaman pertama SERP. Dan sekalinya nangkring, posting tadi akan relatif sulit digeser. Istilahnya posting pilar. Selain bagus untuk menjaring pengunjung baru, posting yang panjang dan membahas secara mendalam suatu topik, search engine juga akan menganggap blog kita punya authority yang bagus.

Membuang iklan Adsense sementara waktu

Ini biasanya saya lakukan kalau lagi suntuk banget saking kesalnya. Mirip seperti orang mutung atau ngambek begitu, haha…. Tapi bener loh…, setelah dibuang minimal 2 hari, biasanya CPC-nya jadi naik. Masalahnya, kita berani tidak kehilangan potensi pendapatan selama iklan di copot. Kalau lagi ngambeg ya berani saja. (kalau ragu, jangan dilakukan ya…., nyesel loh)

Menulis posting berbahasa Inggris

Ini relatif jarang saya lakukan. Susah, tidak bisa seenaknya menulis. Tapi kalau lagi mood ya bisa saja. Efeknya lumayan. Biar blog-nya jadi kelihatan agak pinter, hehe…. Siapa tahu ada pengunjung bule yang datang. CPC Adsense kan juga dilihat dari negara mana pengunjung datang.

Memasang banner iklan afiliasi

Ini bisa jadi alternatif sampingan Adsense ketika CPC-nya rendah. Soal hasilnya, saya agak kurang beruntung sih. Tapi ada saja yang masuk. Jadi tidak percuma menggunakan space kosong di sidebar untuk dipasangi banner afiliasi.

Menulis posting yang memuat link afiliasi

Kalau yang ini lumayan banget. Sekali tulis, kita bisa membuka dua kemungkinan pendapatan sekaligus. Pertama dari pengunjung yang memang mencari produk yang kita tulis yang kemudian beneran membeli dari link afiliasi yang diselipkan. Kedua, dari pengunjung yang ternyata lebih tertarik dengan produk yang muncul di iklan Adsense. Lumayan kan?

Menulis konten ber-HPK tinggi

Ini mirip dengan menulis posting berbahasa Inggris tadi. Agak melelahkan karena harus melalui proses lumayan memusingkan. Terutama di saat mencari HPK yang nyambung dengan pengetahuan kita. Kalau nemu, segera tulis saja. Kalau tidak, wah, bisa lama sekali ga nemu-nemu.

Kalau nemu HPK tertentu lalu copy sana-sini, lebih sering tidak berhasil. Mungkin karena kurang orisinil jadi tidak dianggap oleh Google.

Main Game

Ini yang paling sering saya lakukan. Bener-bener distractor yang kuat saudara-saudara. Setiap kali ngintip pendapatan di Adsense dan ternyata rendah banget, ya sudah, main game dulu, haha…. Jangan ditiru ya. Tidak baik.

Loading...

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah kurang lebih sama saja dengan saya? Atau punya langkah lain yang lebih jitu? Jangan lupa baca juga Pasang PayClick Sebagai Obat Kecewa CPC Rendah Dari Adsense


. Happy blogging….

CPC Adsense Rendah Sekali Di Bulan Tertentu
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 210 times, 1 visits today)

Komentar Terakhir

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.