CPC Adsense Kecil? Blokir Saja Iklan Yang Bayar Murah

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Cara mengatasi CPC Adsense kecil ada beberapa. Tergantung dari penyebabnya. Kalau untuk posting yang sudah jadi dan mendapat tempat di SERP, tidak banyak yang bisa kita lakukan. Akan lebih baik kita fokus ke posting baru yang kiranya menarik iklan ber-CPC lumayan besar mau masuk. Caranya bagaimana? Ya, seperti yang sering anda baca di blog yang banyak mengulas Adsense, semua berawal dari keyword. Jadi mulailah dari Google Planner pengganti Google Keyword Tool dulu itu. Emmm, sebagai rujukan, silahkan baca dulu Optimasi Konten Lama Untuk CPC Adsense Lebih Tinggi. Efeknya tidak signifikan sih. Tapi jika pas dengan yang dibutuhkan juga bisa optimal.

Selain membuat posting berisi keyword mahal atau HPK, mengatasi CPC Adsense kecil juga bisa diatasi dengan mengurangi jumlah unit iklan yang tayang di halaman blog kita. Terlebih jika posting kita banyak yang panjangnya kurang dari 500 kata, 2 unit iklan itu terkadang sudah kebanyakan. Untuk mereset cookie Adsense, ada yang menyarankan untuk mencopot semua iklan Adsense sedikitnya 3 hari. Jadi nanti begitu kita pasang lagi unit iklannya, semua bid akan lebih fair dan kita bisa menaikkan CPC-nya. Yang berikutnya, adalah dengan memblokir iklan yang memang hanya membayar kecil.

Pernah lihat iklan seperti ini:

CPC Adsense Kecil? Blokir Saja Iklan Yang Bayar Murah
Tajuk Iklan Yang Menantang Tapi CPC-nya Rendah

Pertama kali lihat iklan ini, yang muncul dipikiran saya adalah ini yang bikin iklan kalau gak pemilik blog berisi berita-berita heboh. Tapi kog segitunya juga ya sampai beriklan. Kalau memang blogger, rasanya dia akan lebih suka bertarung dari sisi optimasi SEO daripada memasang iklan hanya untuk mengejar trafik. Beda kalau yang ditawarkan itu produk. Cukup layaknya untuk sampai dibelani pasang iklan di Adword begini.

Ternyata perkiraan saya meleset. Yang pasang bukan sekedar blogger, tapi situs berita liputan6.com. Pantesan berani pasang iklan. Sayangnya, CPC-nya rendah banget. Cuman di kisaran 0,01 saja. Hadew…. Saya tahunya tadi pagi. Kebetulan sekarang sedang mencoba lebih bagus mana iklan Adsense responsive dengan yang fixed size. Jadi semua iklan yang saya pasang di sini tipenya responsive. Rencananya sampai 3 hari ke depan. Dan itulah. Iklan yang muncul adalah iklan diatas itu dan teman-teman setipenya. Yang jelas iklannya selalu menggunakan tajuk yang menantang, menggoda orang untuk pingin tahu, sensasional-lah. CPC-nya juga sensasional: 0,01!

Ketika saya review iklannya di Ads Review Center, wow, memang dia pasang iklan banyak banget, di semua ukuran dia buat, lead title-nya juga macam-macam dan semuanya berita terkini yang heboh. Ampun dah. Dan mohon maaf, begitu tekan tombol ‘a’, terblokirlah semua.

Punya Liputan 6 ini kecil banget CPC-nya
Punya Liputan 6 ini kecil banget CPC-nya

Sekarang tinggal tunggu waktu saja, apakah dengan memblokir iklan dari liputan6.com ini akan memperbaiki CPC secara keseluruhan apa tidak. Meski pengukurannya juga susah sih. Kalau cuman satu faktor begini rasanya tidak akan cukup valid. Ok-lah. Kita tunggu saja setidaknya tiga hari kedepan. Harusnya kan dilihat juga konsistensi update, jumlah unit iklan dan letaknya. Keyword yang masuk dari search engine. Ampun. Kalau harus ngitung itu semua, saya tidak sanggup. Sementara ya cukup ini dulu. Langkah selanjutnya tunggu 3 hari lagi.

Loading...
  • Pingback: Mengapa CPC Adsense Blog Berbahasa Indonesia Kog Rendah? • dee-nesia()

  • jan

    Thanks gan atas infonya

  • toni

    gemana cara ngeblocknya tu,,keren

  • Mas, berapa lama mengetahui efek dari pencekalan iklan?

  • masuk akal sekali penjelasannya, iklan indo mana ada mahal-mahal, apa lagi si rido roma

  • superperikanan

    makasih infonya, sangat bermanfaat sekali bagi saya,,,emang kalau banyak iklan yang murah merugikan pemilik blog

  • Bagimana cara melihat iklan yang cpcnya rendah? Apa harus mengunjungi blog sendiri dan periksa iklan yang sering muncul gitu aja ya?

  • Saya gugling dan mendarat di artikel ini, saya hitung agan pasang 2 ads unit dan semuanya iklan fesbuk. Browser saya posisinya clear cache. Kenapa iklan fesbuk ga di blokir ? apa pertimbangan nya?

    • karena banyak juga pengiklan yang membuat landing page di halaman mereka di Facebook, begitu….

  • pengunjung blog saya lumayan banyak sih cuma ya itu, cpc nya rendah banget paling besar cuma di bawah 1000 di atas 500 perak, punya 4 blog jika di pengunjung di gabung kira2 tiap hari itu 5000 an pengunjung, tapi klik nya dikit banget, selain itu nilai cpc nya sangat bikin mengelus dada , apa yang harus saya lakukan mas ?

    • hiks….

      sama mas Ahmad Farodhi.

      Saya kira yang bisa kita lakukan sekarang adalah kembali mengumpulkan niat untuk menulis lebih banyak dan membuat posting yang bisa ramai dengan keyword yang agak tinggi nilai cpc-nya.

      Atau pindah haluan dari Adsense. Haha….

  • Di blog saya kadang ada iklan Facebook. CPC pasti kecil, tapi saya pikir, tidak semua orang sudah kenal Facebook, maka dari itu walaupun kecil asal lancar, mungkin untuk sementara waktu saya biarkan. Gmn menurut mas Dee nih?

  • Menarik artikelnya.. CPC ini kenapa ga bisa stabil ya.. Kalau klik lagi banyak, CPC rendah, bisa $0.01, Tapi kl klik sedikit CPC bisa tinggi sampai $0.17. Mengalami hal yang sama ga Mas?