CPC Adsense Blog Bahasa Indonesia Rendah

CPC Adsense blog Bahasa Indonesia rendah | Sejak Adsense bisa dipasang di blog berbahasa Indonesia, saya tidak lagi mengurusi blog berbahasa Inggris. Tidak sepenuhnya saya tinggal sih, cuman frekuensi update postingnya jadi jarang banget. Jangan tanya keadaan mereka sekarang seperti apa. Hancur-lah. Dari sekian puluh postingan, hanya beberapa saja yang masih ada pengunjungnya.

Waktu itu saya pikir lebih baik memaksimalkan blog berbahasa Indonesia dengan mengupdate posting sesering dan sebanyak mungkin. Juga dengan memecah blog menjadi beberapa niche yang lebih spesifik. Bagaimanapun menulis dengan bahasa sendiri itu jauh lebih mudah. Ide bisa dituangkan lebih cepat tanpa perlu memeras otak terlalu berat.

Masalahnya, CPC Adsense blog bahasa Indonesia itu rendah. Jadi meskipun ada banyak klik, tetap saja hasilnya seperti tidak sebanding dengan usaha kita.

Baca juga:

Sebenarnya ada banyak keyword bahasa Indonesia yang harga per klik-nya alias CPC-nya tinggi. Seperti yang banyak sudah di share teman-teman blogger mengenai HPK bahasa Indonesia. Hnah, HPK itu empuk, jadi banyak yang suka, dengan begitu tingkat persaingannya di SERP juga relatif tinggi. Butuh berjuang keras untuk setiap keyword yang kita kejar.

CPC Adsense Blog Bahasa Indonesia Rendah

Loading...
Dan kalau tidak beruntung, sekadar muncul di halaman pertama saja sudah sulit. Apalagi bisa muncul di urutan tiga besar. Sekalinya muncul, pengunjung datang, ada iklan Adsense yang laku, eh… CPC-nya rendah.

Asal tahu saja, keyword itu bukan satu-satunya variabel yang digunakan Adsense untuk menentukan tinggi rendahnya CPC. Untuk detailnya, silahkan baca juga: Apa Yang Menentukan CPC Adsense?

Kalau soal sudah banyak yang menggarap niche tertentu itu agak sudah dibantah. Memang begitu. Jadi harus bermain dengan cantik supaya pembaca tetap datang tapi juga harus memerhatikan bagaimana search engine akan meranking posting kita tadi.

Dari situ, saya menyimpulkan kalau main Adsense dengan mengandalkan blog berbahasa Indonesia itu kurang menguntungkan dari sisi CPC.

Barusan saya membuat satu lagi blog bermesin WordPress. Rencananya mau saya buat gado-gado saja seperti dee-nesia.com ini. Tidak ada rencana untuk menembak keyword tertentu atau mengejar HPK bahasa Inggris terbaru. Tidak-lah. Kapok. Haha…

Bukan apa-apa, persaingannya terlalu tinggi. Sementara saya belum juga berani keluar dari pekerjaan offline dan menjadi full time blogger seperti yang sudah dilakukan banyak teman-teman blogger. Seandainya punya waktu untuk melakukan keyword research dengan baik, mungkin saja untuk membuat blog berniche khusus begitu. Semantara ini cuman mau membuat blog berbahasa Inggris. Itu saja. Tidak muluk-muluk. Pada saatnya nanti, berharap juga bisa mendapatkan CPC yang lumayan. Jadi lebih imbang antara usaha dengan hasilnya. Baca juga Aplikasi Android Terbaik Untuk Mendapat Uang.

(Visited 20 times, 1 visits today)
Loading...
2 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....