Ciri Aplikasi Pinjam Uang Online Uang Langsung Cair Tapi Jahat

Sekarang ini banyak sekali aplikasi pinjam uang online dan uangnya bisa langsung cair dengan syarat yang sangat mudah, tidak berbelit, cepat sekali prosesnya, dan uang yang bisa dipinjam juga sangat fleksibel.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan aplikasi pinjam uang online ini, banyak orang yang jadi korban. Pada awalnya, peminjam bisa saja memang sedang butuh uang untuk modal usaha, membayar uang kuliah, melunasi biaya berobat, atau kebutuhan lain yang memang sifatnya mendesak, urgen, dan sulit ditunda.

Meski banyak juga mereka yang memanfaatkan pinjaman uang dari aplikasi pinjam uang online ini untuk tujuan yang tidak perlu-perlu banget, seperti membeli make-up, smartphone, dan berlibur yang sifatnya konsumtif.

Yang tidak banyak disadari pengguna aplikasi pinjam uang online adalah kenyataan bahwa tidak semua aplikasi dewa penolong di saat krisis uang ini tidak semuanya bekerja dengan benar, etis, dan berterima.

Sangat banyak – untuk tidak mengatakan hampir semua – aplikasi pinjam uang online ini abal-abal, tidak jelas, bekerja dengan cara yang jahat, dan tidak resmi alias tidak terdaftar di OJK, sehingga tidak ada yang mengawasi dan melindungi pengguna jika terjadi masalah.

Apa sih jahatnya aplikasi pinjam uang online abal-abal?

  • bunga tinggi
  • menggunakan kontak di smartphone anda untuk menagih
  • menggunakan cara dan kompensasi yang tidak masuk akal untuk memaksa nasabah melunasi pinjaman

hNah, bagaimana caranya supaya kita tidak sampai menggunakan, terjerumus, dan pada akhirnya nanti cuman bisa membuat cerita pengalaman menggunakan aplikasi pinjam uang online yang menyedihkan tanpa bisa berbuat lebih nyata?

Supaya lebih mudah, sebaiknya kita tahu dulu hal-hal yang bisa kita gunakan untuk mengenali ciri aplikasi pinjam uang online yang jahat ini….

Aplikasi Pinjam Uang Online


Ciri Aplikasi Pinjam Uang Online Yang Jahat Meski Uang Langsung Cair

  • tidak terdaftar di OJK
  • keterangan palsu pada alamat kantor, nomor telepon, dan pengelolanya
  • proses pencairan pinjaman sangat cepat
  • syarat pengajuan pinjaman ‘terlalu’ mudah

Tidak sembarang pihak boleh menghimpun dana masyarakat, mengelola, dan mendistribusikannya. Hanya mereka yang telah mendapatkan ijin dari OJK saja yang boleh. Itu sebabnya aplikasi pinjam uang online ini juga perlu terdaftar di OJK selaku perwakilan pemerintah untuk mengawasi dan menjaga supaya operasionalnya baik, menguntungkan pihak-pihak yang terlibat, dan juga melindungi nasabah.

hNah, ini juga gampang-gampang susah. Kita harus benar-benar hati-hati dan cermat dalam memilih aplikasi pinjam uang online. Memastikan bahwa aplikasi fintech terbaik pilihan anda itu memang benar-benar terdaftar di OJK, bukan cuman ngaku-ngaku saja.

Hal berikutnya adalah keterangan tentang alamat kantor, nomor telepon, email, dan identitas lainnya, termasuk siapa pengelolanya.

Logisnya adalah ketika sebuah aplikasi pemberi pinjaman online jelas siapa pengelolanya, maka pengguna juga akan lebih percaya menggunakan layanan tersebut. Kalau tidak jelas, maka calon nasabah bisa jadi merasa tidak nyaman menggunakannya.

Biasanya, layanan pinjam uang online ini hanyalah salah satu saja jenis layanan keuangan disamping banyak layanan lainnya. Sehingga perusahaan pengelolanya membutuhkan kepercayaan dari pengguna.

Beda dengan yang abal-abal, yang dibutuhkan cuman sebanyak mungkin pengguna baru – yang masih pemula, lugu, dan bisanya iya-iya saja sebelum menyerah dan pasrah ketika mengembalikan pinjaman online ini membuatnya jadi sama seperti sapi perah.

Aplikasi pinjam uang online yang uangnya langsung cair dengan cepat juga patut dicurigai jika sebenarnya ini adalah aplikasi fintech yang jahat.

Mengapa?

Kan baik banget tuh, tidak perlu nunggu lama, uang pinjaman sudah bisa langsung cair?

Untuk pinjaman kedua dan seterusnya cukup masuk akal jika waktu pencairan pinjaman bisa cepat, karena latar belakang nasabah sudah diketahui sebelumnya. Tetapi untuk pengguna baru, dalam hitungan menit uang sudah masuk ke rekening sejak menekan tombol pinjam di aplikasi itu seram.

Bisa diartikan aplikasi ini sama sekali tidak memeriksa layar belakang pengguna. Kenapa tidak perlu cek? Karena tujuan awal mereka memang tidak untuk mendapatkan nasabah yang loyal dan lancar, tetapi justru mengincar mereka yang bermasalah dan minim pengalaman dengan urusan kredit – pinjaman seperti ini.

Demikian juga dengan syarat daftarnya juga cuman dengan menyertakan copy KTP tanpa berkas apapun yang lain yang seharusnya digunakan sebagai data tambahan untuk background check nasabah. Tidak ada. Berarti?

Mereka memang mencari peminjam yang peluang bermasalahnya besar. Ketika nasabah bermasalah dengan pelunasan hutangnya, maka akan ada semacam denda – penalti – dan bunga yang tidak masuk akal dan tidak dijelaskan di perjanjian awal.

Sementara ketika dapat pengguna yang ‘sehat’ dan bisa mengembalikan hutang mereka tepat waktu tanpa denda dan penalti, aplikasi utang uang online ini juga sudah untung besar, karena bunga mereka yang sangat tinggi dibanding bunga utang di bank atau koperasi yang ‘normal.’

Loading...

Kalau tidak berhenti berhutang ketika pinjaman sebelumnya lunas, maka nasabah ‘sehat’ ini juga tidak lama lagi pasti akan bermasalah dengan pengembalian uangnya. Dan begitu terus, sampai tidak ada lagi orang yang bisa dijadikan korban.

Ciri Aplikasi Pinjam Uang Online Uang Langsung Cair Tapi Jahat
5 (100%) 1 vote

(Visited 55 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.