Cara Upgrade Samsung Galaxy Y GT-S5360 ke Kitkat

Cara Upgrade Samsung Galaxy Y GT-S5360 ke Kitkat | Jumlah pengguna smartphone Android merk Samsung di Indonesia sangatlah besar. Salah satu Android Samsung yang lumayan laris di sini adalah Samsung Young GT-S5360. Tipe yang satu ini terhitung luar biasa. Mengingat usianya yang sudah terhitung uzur, tapi harga jualnya sampai sekarang masih relatif mahal. Meskipun spesifikasi Samsung Y GT-S5360 ini pas-pasan saja, terlebih untuk ukuran sekarang, tapi tetap banyak penikmatnya.

Sebagai salah satu Android Samsung yang sangat populer, tidak mengherankan kalau banyak developer yang membuat beragam perbaikan untuknya. Salah satunya adalah kemungkinan untuk mengupgrade Samsung Galaxy Y GT-S5360 ke Kitkat. Tentu saja ini bukan ROM Kitkat resmi dari Samsung. Yang akan kita gunakan di sini adalah custom ROM. Sudah tidak sabar ingin segera upgrade Galaxy Y GT-S5360 ke Kitkat?

Sabar bro… Ini harus dilakukan dengan cermat. Tidak boleh panas hati dan panas otak. Pertama, persiapkan dahulu Samsung Galaxy Y GT-S5360 anda seperti ini:

  1. Pastikan smartphone anda adalah Samsung Galaxy Y GT S5360, bukan tipe lain (jangan tanya ini bisa untuk Samsung Galaxy tipe lain atau tidak. Prosedur bisa sama, tapi kalau ROM-nya beda, ya beda. Tidak bisa disamakan)
  2. Pastikan baterainya minimal 80% keatas.
  3. Pastikan Galaxy Y anda sudah di root dan terinstall Custom Recovery seperti ClockWorkMod. Kalau belum baca ini dulu: Cara Root Samsung Galaxy Y GT-S5360
  4. Aktifkan USB Debugging pada perangkat anda. Perlu anda ketahui semua proses ini akan menghapus semua data anda, jadi pastikan anda sudah membackup data penting anda.

Ok, kalau sudah siap. Sekarang siapkan file-file yang akan kita perlukan untuk mengubah Samsung Galaxy Y GT-S5360 ke Kitkat. Download semua file dibawah ini, tempatkan di satu folder yang sama supaya mudah nyarinya:

    1. CWM RECOVERY
    2. CM Kernel
    3. Android 4.4 Kitkat rom.

Sudah selesai downloadnya? Ok, sekarang kita mulai langkah untuk upgrade Samsung Galaxy Y GT-S5360 ke Android 4.4 KitKat ini….

  1. Copy semua file yang sudah anda download tadi ke Memory SD Card anda.
  2. Matikan Samsung Galaxy Y GT-S5360, lalu tekan tombol Volume Atas + Home + Power bersamaan.
  3. Samsung Galaxy Y GT-S5360 akan menyala dan masuk ke Recovery Mode.
  4. Pilih “Update from SD Card” dan Pilih “CWM”
  5. Sekarang anda pada posisi CWM Recovery. Kemudian pilih “Install from SD Card”.
  6. Cari dan pilih “CyanogenMod.zip” dari daftar file di SD Card. Tunggu prosesnya. Setelah selesai, pilih “reboot recovery”
  7. Sekarang saatnya format system, Cache & Dalvik Cache
  8. Setelah itu pilih “Install from SD Card” dan pilih file ROM “Android 4.4 Kitkat” tadi. Ini akan agak lama.
  9. Setelah selesai proses instalasinya, masuk lagi ke recovery mode dan lakukan “Factory Reset”
  10. Jika berhasil maka Samsung Galaxy Y GT-S5360 anda telah terinstal Android Kitkat 4.4.
  11. Pastikan anda melakukan Factory Reset setelah terinstall semua, karena banyak pasien yang mengeluh dan itu dikarenakan belum di “Factory Reset”

Disclaimer:

1. Prosedur ini beresiko, mulai dari yang sederhana bootloop, sampai nge-brick total. Jadi sadarilah resikonya. 2. Kalau tidak yakin, mending cari teman atau siapapun yang sekiranya lebih paham dari anda. 3. Jika anda yakin, ya lakukan saja. Tapi lakukan dengan cermat, jangan ada langkah yang keliru atau terlewat 4. Saya tidak bertanggung jawab jika karena langkah-langkah dia atas Samsung Galaxy Y GT-S5360 mengalami masalah apapun. 5. Ya berani ya…

Loading...
15 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....